Beranda Gadget Rekomendasi Durability Test : OPPO A95 Tahan Air Hujan !

Durability Test : OPPO A95 Tahan Air Hujan !

OPPO A95 Tahan Air Hujan

Techdaily.id – Beberapa waktu lalu OPPO Indonesia menunjukan bagaimana smartphone terbaru mereka yakni OPPO A95 tahan terhadap percikan air. Kali ini, tim Redaksi Techdaily mencoba melakukan pengujian untuk mengetahui OPPO A95 tahan air hujan. 

BACA JUGA
Ini Daftar Promo di Penjualan Perdana OPPO A95

Seperti diketahui, OPPO A95 ditopang oleh sertifikat IPX4 yang mengartikan bahwa ponsel ini tahan terhadap percikan air. Tim Redaksi Techdaily sendiri sebelumnya telah memberikan informasi menarik terkait sertifikasi ini. Untuk menyegarkan ingatan kamu, berikut kami paparkan sedikit apa itu Sertifikat IPX4.

Apa Itu IPX4

IPX4 merupakan sertifikasi atau rating dalam hal daya tahan terhadap tekanan dari luar. Standar ini ditetapkan oleh IEC (International Electrotechnical Commission), yang sudah membaginya dalam beberapa kategori proteksi terhadap objek padat dan air.

Standar sertifikasi yang telah ditentukan IEC adalah huruf IP yang diikuti oleh dua angka dengan tambahan huruf yang bersifat opsional. Digit pertama pada rating ini menjelaskan terhadap benda padat, mulai dari objek cukup besar sampai partikel terkecil seperti debu. Sementara digit kedua, menjurus terhadap proteksi terhadap air. 

Nah, untuk perangkat yang tidak memiliki informasi mengenai proteksinya, maka diberikan huruf X.  Jadi singkatnya, IPX4 merupakan rating yang menjadikan smartphone yang dilabelinya mampu bertahan dari cipratan air hingga kemiringan maksimal 60° dari posisi vertikal.

OPPO A95 Tahan Air Hujan

Pengujian OPPO A95 dibawah Hujan

Pada pengujian kali ini, kami sengaja menguji ponsel ini dibawah air hujan, alih-alih melakukannya menggunakan air mineral kemasan. Smartphone ini terekspos air di sebagian besar bodi nya. 

Setelah itu, kami mencoba menggunakan smartphone ini dengan membuka akses layar dan terbukti layar ponsel ini masih cukup responsif dengan tidak adanya delay sedikitpun ketika melakukan perintah sentuhan. 

Melalui pengujian singkat ini, bisa ditarik kesimpulan jika OPPO A95 memang tahan terhadap cipratan air atau air hujan dengan intensitas ringan hingga sedang. Akan tetapi, perlu diperhatikan agar air hujan tadi tidak masuk ke bagian dalam ponsel melalui lubang dan port yang terletak di body ponsel. 

Pasalnya dalam air hujan terkandung beberapa zat yang kurang bersahabat bagi perangkat elektronik seperti asam nitrat, zat karbon hingga asam sulfat. 

OPPO Indonesia sendiri mulai melakukan penjualan perdana OPPO A95 dengan menawarkan berbagai keuntungan bagi konsumen, seperti program tukar tambah rupiah, bundling operator dan berbagai kemudahan skema pembayaran.

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini