Tuesday, July 27, 2021
BerandaGadgetRekomendasiJajal fitur Focus Mode, Biar Kamu Makin Fokus Saat Belajar

Jajal fitur Focus Mode, Biar Kamu Makin Fokus Saat Belajar

Techdaily.id – Salah satu fitur yang terdapat pada smartphone Samsung yang sangat bermanfaat untuk menjaga konsentrasi selama menjalankan SFH adalah fitur focus Mode. Fitur ini sendiri diyakini dapat membantu pengguna mencapai learning goal selama di rumah. 

BACA JUGA
Apple kini Mengizinkan ‘Push Notifications’ Terhadap Iklan Dalam Aplikasi

Menggunakan fitur ini agar tetap terfokus selama menjalankan kegiatan SFH memang menjadi pilihan yang bijak. Pasalnya, fitur Focus Mode bisa mengunci berbagai aplikasi yang tidak diperlukan saat SFH. Alhasil, sang pengguna tidak akan bisa menggunakan aplikasi di luar yang diperlukan untuk kegiatan bersangkutan.

Seperti telah disebutkan, fitur ini bisa mengunci berbagai aplikasi yang tidak diperlukan untuk kegiatan yang ingin dilakukan. Kamu hanya perlu memilih atau membuat suatu mode pada fitur ini, lalu memilih aplikasi apa saja yang diizinkan untuk digunakan. Begitu kamu menjalankan mode tersebut, hanya aplikasi yang telah dipilih tadi itu yang bisa dimanfaatkan. Setelah selesai belajar misalnya, pengguna bisa mematikan mode bersangkutan dan seluruh aplikasi akan bisa dimanfaatkan.

Dengan begitu, proses belajar kamu tidak akan terganggu oleh bunyi notifikasi dari berbagai sosial media seperti Twitter dan Instagram. Kamu juga bisa lebih fokus dalam menerima asupan pelajaran yang diberikan oleh guru ketika SFH karena fitur ini akan bertindak sebagai “gate keeper” ketika kamu mengaktifkannya.

Cara Mengaktifkan Fitur Focus Mode

fitur focus mode

Tentu saja, fitur focus mode ini hanya berlaku bagi pengguna yang memiliki smartphone Samsung Galaxy. Lebih spesifik lagi smartphone terbaru yang sudah memakai antarmuka One UI 2.0 dengan sistem operasi Android 10. Nah, buat kamu yang penasaran untuk mencoba nya, berikut tim Techdaily akan membagikan langkah-langkah untuk mengaktifkan fitur ini.

Langkah Pertama yang harus dilakukan adalah dengan masuk ke menu setting dan bagian Digital Wellbeing dan Parental Controls. Setelah itu, geser tampilan menu ke atas dan temukan icon Focus Mode.

BACA JUGA
VALORANT PACIFIC OPEN KEMBALI DI BULAN AGUSTUS

Langkah Kedua yakni dengan memilih salah satu opsi pada menu Focus Mode tadi. Dua opsi tersebut yakni Work Time atau Me Time, atau kamu juga bisa memberikan nama sendiri untuk mode yang dipilihnya misalnya “SFH”. Pilih mode yang kalian inginkan dengan memilih menu “add”, setelah itu tentukan aplikasi apa saja yang dibutuhkan untuk tetap fokus belajar. Misalnya Internet browser dan Zoom untuk membantu mencari informasi di internet maupun belajar secara online dengan guru di sekolah.

Langkah Ketiga, kamu hanya tinggal menekan tombol start dan hanya aplikasi yang diijinkan saja yang akan dapat digunakan ketika mode “SFH” dipilih sehingga bebas gangguan. Jika sudah selesai tinggal pilih akhiri Focus Mode dan semua aplikasi bisa kembali digunakan.

Setelah mengatur fitur ini, kamu hanya tinggal mengaksesnya lewat beberapa langkah mudah. Terdapat cara cepat yang bisa kamu pilih yakni dengan membuka fitur Quick Setting kemudian geser ke kiri dan cari ikon Focus Mode untuk memilih mode yang diinginkan tadi dan mulai mengaktifkannya.

Untuk lebih meningkatkan fokus selama menjalankan kegiatan SFH, smartphone Samsung juga memiliki opsi app timer yang bisa memberikan batasan pemakaian aplikasi dalam jangka waktu tertentu. 

Smartphone Samsung harga sejutaan

Fitur Focus Mode sendiri sejatinya telah hadir di berbagai smartphone Samsung selama ponsel tersebut menjalankan sistem operasi Android 10 keatas dan menggunakan One UI 2.0. Tidak hanya untuk seri flagship, fitur canggih ini juga tersedia di ponsel Samsung seri entry level seperti Samsung Galaxy A01.

Samsung Galaxy A01 sendiri merupakan salah satu ponsel Samsung dari kelas entry level, smartphone ini ditenagai oleh chipset Snapdragon 439, RAM 2Gb, memori internal 32GB dan baterai yang berkapasitas hingga 3000 mAh sehingga sangat cocok menemani aktifitas SFH kamu. Terlebih lagi, smartphone ini memiliki harga yang relatif terjangkau yakni mulai dari RP. 1,2 juta. 

 

Arie
Humoris, Humanis dan Fantastis
RELATED ARTICLES

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Artikel Terbaru

Rekomendasi