Tuesday, March 5, 2024
BerandaReviewReview Redmi 13C : Baterai Badak, Tahan Seharian!

Review Redmi 13C : Baterai Badak, Tahan Seharian!

Techdaily.id – Xiaomi belum lama ini meluncurkan varian Redmi 13C ke pasar Indonesia. Tim Redaksi Techdaily sendiri akhirnya berkesempatan untuk melakukan review Redmi 13C selama beberapa waktu.

Smartphone ini sendiri hadir ke pasar Indonesia pada awal Desember lalu, di mana pihak Xiaomi mengklaim bahwa smartphone ini akan menjadi standar baru di kalangan smartphone kelas entry level.

Penasaran dengan review lengkapnya? Berikut ini ulasan lengkap Redmi 13C versi Techdaily.id.

Review Redmi 13C

Desain & Layar

Redmi 13C hadir dengan dimensi 168 x 78 x 8,1mm, menurut kami dimensi yang ditawarkan oleh smartphone ini tergolong bongsor dan mungkin sedikit menyulitkan pengguna bertangan mungil untuk menavigasikan ponsel ini dengan satu tangan.

Akan tetapi, saat menguji ponsel ini kami masih cukup nyaman, apalagi saat mengambil foto pada angle-angle yang cukup ekstrem.

Hadir dengan tiga pilihan warna yakni yaitu Glacier White, Clover Green, dan Midnight Black,Redmi 13C menampilkan sebuah desain anggun khas smartphone kelas menengah. Apalagi jika melihat desainnya yang cukup ramping yakni hanya 8.1 mm dan punya bobot 192 gram, menjadikan smartphone ini memiliki value yang melebihi harga jual retail nya.

BACA JUGA
Review realme GT 2 Pro, Performa Gahar dan Ramah Lingkungan!

Beralih ke bagian layar, Redmi 13C menggunakan layar IPS LCD berukuran 6.74 inch dengan resolusi HD+ (720 x 1600 piksel) dan refresh rate 90Hz. HP ini punya sertifikasi TÜV Low Blue Light/Flicker Free yang efektif mengurangi tingkat paparan cahaya biru yang dapat menyebabkan kelelahan mata dan mengganggu kualitas tidur.

Jika dilihat dari spesifikasinya, jujur kami tidak melihat adanya keistimewaan pada layarnya. Akan tetapi, ketika kamu menggunakannya untuk aktivitas luar ruangan, tampilan visual dari layar ini masih tetap terlihat dengan jelas. Padahal, tingkat pencahayaan yang ditawarkan oleh layar smartphone ini hanya mencapai 600 nits untuk maksimalnya.

Secara Desain dan layar, kami menyimpulkan kalau smartphone ini masih cukup bagus untuk jadi salah satu pilihan kamu, apalagi buat kamu yang masih duduk dibangku sekolah menengah.

Review Hasil Kamera Redmi 13C

Review Redmi 13C masuk ke bagian kamera. Disini kami disuguhkan oleh konfigurasi tiga kamera belakang yang masing-masing beresolusi 50MP sebagai lensa utama, 2MP sebagai lensa makro dan 0,08MP sebagai auxiliary lens. Kamera tersebut dapat mengambil foto dengan detail yang baik, serta mampu merekam video 1080p@30fps. Untuk kebutuhan selfie, Redmi 13c memiliki kamera depan 8MP dengan aperture f/2.0.

Saat mengulas Redmi 13C ini, kami cukup terkejut dengan pemrosesan gambar yang tergolong cepat, kami hanya memerlukan waktu sepersekian detik saja sejak menekan tombol shutter hingga foto tersebut mampu ditampilkan di layar smartphone.

BACA JUGA
NKCTD, Buku Kompilasi Cerita Inspiratif Driver Gojek

Waktu penguncian fokusnya pun juga tergolong cepat, yang memudahkan pengguna untuk mengabadikan momen-momen di jalanan.

Secara kualitas foto, kami cukup menyukainya, terutama karena Xiaomi menyediakan banyak filter pada kamera ponsel ini yang cukup meningkatkan kreatifitas kami. Hanya saja, terdapat satu catatan penting yakni kami tidak bisa menemukan mode pro pada kamera di Redmi 13C. di bawah ini merupakan beberapa hasil fotonya.

Review Performa Redmi 13C

Redmi 13C ditenagai oleh prosesor MediaTek Helio G85 yang andal dengan pilihan RAM 6GB dan 8GB. Untuk penyimpanan internal, HP ini memiliki pilihan 128GB atau 256GB yang dapat diperluas hingga 1TB menggunakan microSD.

Sistem operasi yang digunakan adalah Android 13 dengan antarmuka MIUI 14. Xiaomi menjanjikan pengguna mendapatkan update Android sebanyak dua kali dan pembaruan keamanan selama 3 tahun. Tak kalah menariknya HP ini dilengkapi sensor fingerprint dan NFC.

Untuk menguji performa smartphone ini, kami memainkan game Mobile Legends dan menggunakan aplikasi PCMark. Hasilnya, pada game populer ini Redmi 13C mampu menyuguhkan settingan grafis High dengan frame rate High.

Untuk pengalaman bermain game juga dirasa tidak ditemukan lag berlebih, apalagi adanya ghost touch. Pengujian juga dilakukan saat sedang war, di mana terdapat 10 hero disekitar secara bersamaan yang mengeluarkan efek-efek.

Sementara untuk benchmark nya, smartphone ini mampu memberikan skor 9323. Sebuah skor yang menurut kami cukup baik untuk ponsel kelas entry level. Dari segi performa, Techdaily.id menyimpulkan kalau smartphone ini mampu menyuguhkan performa yang tergolong bagus di rentang harga hp 1 jutaan.

BACA JUGA
Rekomendasi HP 5G OPPO yang Support 5G Indosat, Sudah Punya?

Durabilitas Baterai

Masuke ke bagian baterai, Redmi 13C juga memiliki baterai besar 5.000 mAh yang mendukung pengisian cepat 18W melalui port USB Type-C 2.0. Kami menggunakan smartphone ini untuk bermain game dan menjajal kemampuan fotografi sepanjang siang. Hasilnya, baterai Redmi 13C maasih tersisa lebih dari 50% ketika kami kembali kerumah di malam hari.

benchmark durabilitas baterai xiaomi redmi 13c

Untuk menguji daya tahan baterai Redmi 13C, kami juga menggunakan aplikasi PCMark. Aplikasi ini berhasil “menyiksa” perangkat ini dan baterainya mampu bertahan hingga 15 Jam 25 Menit.

Kesimpulan Ulasan Redmi 13C

Menurut hasil pengujian Redmi 13C versi Techdaily, smartphone ini sudah cukup untuk menopang kebutuhan digital pengguna sehari-hari. Berdasarkan informasi dari situs resmi, harga Redmi 13C mulai dari Rp. 1.499.000. Kami menilai ponsel ini cukup worth to buy, apalagi jika berkaca dari harga yang ditawarkan oleh Xiaomi Indonesia.

Bagi pengguna ingin melihat ulasan lengkap mengenai perangkat elektronik bisa mengunjungi kanal review gadget di Techdaily.

Kelebihan & Kekurangan Redmi 13C

Kelebihan

– Desain menarik
– Daya tahan baterai panjang
– Performa cukup powerful

Kekurangan

-Tidak ada mode Pro di kamera
-Resolusi layar masih HD+

Arie
Arie
Humoris, Humanis dan Fantastis
RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Artikel Terbaru

Rekomendasi