Aplikasi
Trending

Apa Itu Aplikasi Clubhouse? Cara Kerja dan Kenapa Viral?

Techdaily.id – Aplikasi Clubhouse beberapa waktu belakangan ini menjadi perbincangan warganet. Aplikasi ini menjadi viral setelah CEO Tesla, Elon Musk mengaku telah menggunakan aplikasi tersebut pada unggahan akun Twitter pribadinya. Lalu apa itu aplikasi clubhouse dan bagaimana cara kerjanya?

BACA JUGA
Event Google I/O Ikut Batal Berlangsung Karena Wabah Coronavirus

Sejak saat itu, mulai banyak warganet yang membicarakan aplikasi ini dan bahkan sudah banyak juga yang menggunakannya. Aplikasi clubhouse adalah sebuah aplikasi media sosial yang berbasis obrolan suara dengan fokus pada konten audio untuk berinteraksi.

Aplikasi ini dapat digunakan untuk berbagai keperluan seperti wawancara, mendengarkan obrolan atau berdiskusi tentang suatu topik secara live, sehingga pengguna bisa mendengarkan atau menyaksikan secara langsung siaran yang dilakukan oleh penyelenggara.

Apa itu aplikasi Clubhouse

Saat ini, aplikasi clubhouse baru tersedia dalam versi beta dan baru bisa digunakan oleh user iOS, sehingga untuk bergabung dengan aplikasi ini, pengguna harus mendapatkan undangan dari orang yang sudah terlebih dahulu menggunakan atau memiliki akun di aplikasi Clubhouse.

Nah jika undangan sudah didapat, maka pengguna bisa memilih topik diskusi yang ingin diikuti yang sudah tersedia di aplikasi. Selain mendengarkan obrolan, pengguna clubhouse juga bisa memberikan komentar dengan cara mengklik ikon “raise hand” dan “request speaking”. Setelah diizinkan oleh admin, maka peserta diskusi bisa memberikan komentar atau berbicara. Selain itu, Admin juga berhak mem-mute seseorang dalam obrolan.

Jika merasa topik obrolan mulai membosankan, kamu juga bisa meninggalkan ruang obrolan secara bebas. Jika dilihat sekilas, aplikasi ini agak mirip dengan zoom yang sudah sering kita gunakan untuk berbagai aktivitas seperti diskusi, namun diklaim, aplikasi ini bisa menampung hingga 5000 partisipan.

BACA JUGA
Gampang! Cara Download Lagu di Spotify Lewat HP dan Laptop

Jika ingin mencari topik obrolan yang ingin diikuti dalam clubhouse, kamu bisa memfollow up dan memilihnya melalui rekomendasi yang tersedia di aplikasi. Selain itu, jika topik dirasa terlalu luas, kamu bisa sub-topik untuk menemukan topik atau obrolan yang lebih spesifik.

Nah sudah tahu kan? Apa itu aplikasi clubhouse? Tertarik untuk mencoba menggunakan aplikasi ini?Tapi bagi pengguna Android harap bersabar dulu ya, karena aplikasi ini baru tersedia untuk iOS. Semoga informasi dalam artikel ini bermanfaat. (ira)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close