Tuesday, July 27, 2021
BerandaTechlifeE-commerceCara Jualan di Live Streaming Toko Online

Cara Jualan di Live Streaming Toko Online

Techdaily.id – Saat ini toko online atau e-commerce marak ditemui sehingga berdampak pada angka persaingan yang semakin ketat. Buat kamu para pebisnis online harus memutar otak untuk meningkatkan penjualan. Live streaming merupakan salah satu cara ampuh untuk berjualan. Buat kamu yang belum bagaimana cara jualan di live streaming toko online, simak artikel berikut ini ya.

BACA JUGA
Begini Cara Memindahkan Grup WhatsApp ke Signal

Salah satu tren yang lagi digandrungi oleh pemilik toko online adalah memanfaatkan fitur live streaming untuk mendongkrak penjualan. Tren ini banyak diminati karena pembeli dapat berinteraksi langsung dengan penjual dan mereka juga dapat melihat detail kualitas barang.

Saat ini sudah banyak marketplace maupun sosial media yang memiliki fitur live streaming dan dapat dimanfaatkan untuk mempromosikan jualan. Sebagai contoh, fitur Shopee Live yang dimiliki oleh marketplace Shopee atau fitur “Facebook Live” dari facebook.

Berikut ini adalah bagaimana cara jualan di live streaming toko online Shopee dan Facebook:

  1. Shopee Live 
  • Sebelum memulai pastikan kamu sudah membuka aplikasi Shopee.
  • Selanjutnya silakan klik tap “saya” kemudian cari menu “shopee live”
  • Lalu klik menu tersebut, maka Kamu akan diarahkan untuk memilih beberapa menu. Silakan klik “buat live streaming”
  • Ketika kamu meng-klik “buat live streaming” maka langkah selanjutnya adalah Kamu harus mengisi deskripsi barang yang akan dijual. Seperti judul, foto barang, deskripsi bahan dan kualitas.
  • Selanjutnya klik “tambah produk terkait”. Nah, di sini Kamu akan diarahkan pada galeri pilihan barang yang akan dijual. Ambil item/barang yang ada di daftar toko saya.
  • Untuk memulai sesi “live” maka kamu harus mengaktifkan tap menu “ beri tahu pengikut”. Sehingga pengikut setia toko online-mu mendapatkan notifikasi bahwa saat ini Kamu sedang menawarkan produk secara langsung.
  • Terakhir tap tombol “X” yang berada di kanan atas untuk mengakhiri live streaming . Jangan sampai lupa untuk mematikan fitur ini. Jika kamu lupa mematikan fitur ini, maka fitur live streaming akan terus berjalan sekalipun aplikasi Shopee sudah tertutup. Pengunjung tidak akan melihat apapun kecuali hanya tampilan layar kosong saja.

 

  1. Facebook Live
  • Bukalah akun Facebook jualan Kamu.
  • Silakan buka kolom status yang biasanya digunakan untuk memperbarui status di situs ini. Ketuk ikon live untuk memulai “live streaming”
  • Tambahkan deskripsi dan penjelasan singkat tentang produk yang akan dijual.
  • Pastikan Kamu sudah memilih audiens sebagai target pasarmu.
  • Setelah itu, kamu sudah dapat memulai “live streaming”. Besar kemungkinan fitur ini dapat membantu peningkatan penjualan.
  • Pastikan video berdurasi tidak terlalu panjang. Jika ingin promosi dilihat oleh orang-orang khusus, maka mention akun orang tersebut. Sehingga akan muncul notifikasi di ponsel mereka.

BACA JUGA
Update Firmware Galaxy A60, Dapat Android 11

Nah, itulah cara memanfaatkan fitur Live Streaming pada toko online Shopee dan sosial media Facebook. Sangat mudah bukan? Buat kamu para penjual online, wajib banget nih dicoba! Semoga berhasil ya! (ran)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Artikel Terbaru

Rekomendasi