Friday, September 17, 2021
BerandaReviewWearable devicesReview OPPO Enco Air, Baterai Awet Dengan Suara Bagus!

Review OPPO Enco Air, Baterai Awet Dengan Suara Bagus!

TechDaily.id – OPPO Enco Air hadir di Indonesia. True wireless earphone ini hadir dengan banyak fitur menarik di dalamnya yang tidak kalah menarik dibanding perangkat lainnya. Selain mempunyai desain unik, perangkat ini juga hadir dengan daya tahan yang baik. Dua fitur diatas membuat kami penasaran untuk melakukan review OPPO Enco Air yang satu ini.

BACA JUGA
Review OPPO Enco Buds, Earbuds Tahan Air Rp500 ribuan

Untungnya, OPPO Indonesia memberikan kesempatan kepada kami untuk melakukan review dari perangkat ini sebelum perangkat benar-benar dipasarkan di Indonesia. Penasaran seperti apa pembahasan mengenai review OPPO Enco Air? Berikut ulasan lengkapnya.

Desain

Review OPPO Enco Air diawali dengan desain. Perangkat ini mempunyai desain casing berbentuk oval, yang masih nyaman saat digenggam oleh tangan karena ukurannya tidak terlalu besar.

Desain OPPO Enco Air ini juga unik. Tidak semuanya tertutup dengan casing. Di bagian atas OPPO Enco atau bagian penutupnya mempunyai desain tembus pandang yang menurut kami cukup enak dipandang mata.

Selain itu, di bagian bawah, casing OPPO Enco Air ini mempunyai desain matte, sehingga tidak licin saat digenggam. 

Di bagian depan casing kamu tidak akan melihat ornamen aneh-aneh. Di bagian depan casing, kamu hanya melihat lampu indikator untuk mempermudah pengguna saat mengisi daya. 

review OPPO Enco Air

Di bagian belakang, OPPO Enco Air mempunyai tulisan ‘OPPO’. Uniknya, tulisan OPPO itu berada di engsel casing OPPO Enco Air tersebut. Ukurannya pun tidak terlalu besar. 

Beralih ke bagian bawah, kamu hanya akan melihat tempat pengisian daya USB Type-C. Perusahaan teknologi asal China ini sudah membawakan kabel USB Type-C di dalam kotak perangkat, sehingga tidak perlu repot mencari kabel pengisian jika tidak memilikinya. 

OPPO menghadirkan TWS ini dalam dua pilihan warna yakni misty white dan misty black dan Tim TechDaily.id berkesempatan menguji OPPO Enco Air berwarna misty white.

Berbicara tentang earphone, TWS OPPO Enco Air ini mempunyai desain yang unik. Masing-masing earphone mempunyai desain seperti tongkat di sampingnya. Dan, di bagian atasnya agak menonjol.

Kendati demikian, bentuk earphone TWS OPPO Enco Air ini sangat nyaman di telinga. Earphone juga pas dengan telinga saya dan juga tidak membuat sakit. 

Proses Pairing

review OPPO Enco Air

Layaknya pemasangan TWS lainnya, instalasi OPPO Enco Air juga sangat mudah dan cepat. Untuk dihubungkan ke smartphone pertama kali, kamu cukup membuka casing earphone di dekat smartphone. 

Kemudian, earbuds akan secara otomatis memasuki pairing mode. kamu bisa mulai pairing OPPO Enco Air dan smartphone dengan pergi ke pengaturan Bluetooth smartphone. 

Setelah masuk ke pengaturan Bluetooth smartphone, cari nama OPPO Enco Air. Klik OPPO Enco Air dan earbuds akan tersambung dengan smartphone kamu dengan cepat. 

OPPO Enco Air, tidak hanya bisa dipasang di smartphone Android tapi juga iOS. Di smartphone iOS, proses pairing OPPO Enco Air dan iPhone juga berjalan mudah dan cepat. Cara Pairing OPPO Enco Air ke iPhone akan kami bahas lebih lanjut pada artikel lainnya.

Bagi pemiliki ponsel OPPO, ada keuntungan tersendiri. kamu bisa melakukan quick pairing. Caranya, tahan OPPO Enco Air di dekat ponsel OPPO yang Bluetoothnya sudah menyala. 

Selanjutnya, popup akan muncul di layar. Sempurnakan pairing berdasarkan instruksi yang diberikan dan tertulis di layar perangkat Anda.

Kinerja

review OPPO Enco Air

Review OPPO Enco Air berikutnya adalah kinerja. OPPO Enco Air mempunyai kinerja yang powerful. OPPO Enco Air mengusung teknologi beamforming mikrofon ganda, di mana setiap mikrofon internal sangat sensitif untuk meningkatkan fokus dan kejernihan vokal.

OPPO Enco Air juga dilengkapi dengan algoritma AI yang memanfaatkan DNN untuk meredam kebisingan. Algoritma ini merangsang pendengaran binaural manusia membedakan dan memisahkan suara manusia dan kebisingan latar belakang secara real-time.

Kinerja OPPO Enco Air juga bertambah baik dengan adanya dukungan chip Bluetooth 5.2 terintegrasi. Dengan chip Bluetooth ini, koneksi menjadi lebih stabil, konsumsi daya lebih sedikit, dan kemampuan anti-interferensi. 

Sementara itu, untuk audio, OPPO Enco Air mendukung pengkodean definisi tinggi dan subband codec (SBC). Kemampuan pengkodean AAC yang sangat tinggi juga bisa memberikan detail pada suara. 

Secara pengalaman menggunakan TWS OPPO Enco Air ini, suara yang dihasilkan sangat jernih. Bass pada musik atau lagu yang didengarkan juga kencang, sehingga pengalaman mendengarkan musik menjadi lebih baik. 

Kami juga bisa mendengarkan lagu di mana saja dan sedang apa saja dengan OPPO Enco Air ini. Pasalnya, cakupan Bluetooth yang dijangkau perangkat ini cukup luas yakni 10 meter. Bagi kamu yang ingin mendapatkan pengalaman mendengarkan musik yang maksimal, kami menyarankan untuk mendengarkan lagu dengan setingan HQ dan kamu akan bisa menemukan perbedaan kualitas audio dari OPPO Enco Air dengan TWS lainnya.

Tidak hanya mendengarkan lagu, dengan OPPO Enco Air ini pengguna juga bisa menerima telepon. Suara saat menerima atau menelpon via OPPO Enco Air juga cukup jernih.

Menggunakan OPPO Enco Air juga tidak perlu takut lagi berdekatan dengan air. Pasalnya, OPPO Enco Air sudah mendukung sertifikasi IPX4, sehingga pengguna tidak perlu khawatir lagi jika perangkat terciprat air. 

Daya Tahan

rekomendasi tws OPPO terbaik

Review OPPO Enco Air selanjutnya adalah sektor daya tahan. OPPO Enco Air ini sudah dibekali baterai 25 mAh untuk earbuds. Sedangkan untuk charging case mempunyai kapasitas baterai 440 mAh. 

Oppo Enco Air saat dipakai secara simultan dapat bertahan selama lebih dari 4 jam untuk batangnya, sedangkan untuk casingnya mampu mengisi ulang daya baterai dengan cepat, yakni hanya kurang dari setengah jam untuk mengisi ulang daya yang ada di batang hingga penuh. 

Di sisi lain, OPPO Enco Air memiliki kemampuan pengisian daya ganda, sehingga memungkinkan pengguna mengisi daya earphone dan casing pengisi daya secara bersamaan. 

OPPO Enco Air akan terisi penuh saat diisi daya selama sekitar 1,5 jam saja. Pengisian daya bisa dilakukan dengan kabel USB Type-C.

 

Kesimpulan

review OPPO Enco Air

OPPO Enco Air adalah pilihan terbaik untuk orang yang suka mendengarkan musik. Selain mempunyai desain unik, OPPO Enco Air juga mempunyai kemampuan daya tahan yang cukup baik. 

Selain itu, earbuds di OPPO Enco Air ini juga tidak sakit di telinga. Karena, earbuds OPPO Enco Air ini telah disesuaikan dengan bentuk telinga manusia. 

OPPO Enco Air juga cocok digunakan untuk berolahraga. Pasalnya, True Wireless Earphone ini juga sudah didukung sertifikasi IPX4, sehingga tahan terhadap air. 

Bobot OPPO Enco Air juga ringan yakni hanya sekitar 40 gram, jadi nyaman dibawa kemana-mana. Selain itu, desain oval pada OPPO Enco Air ini pas digenggaman tangan pengguna.

REVIEW OVERVIEW

OPPO Enco Air

SUMMARY

OPPO Enco Air adalah pilihan terbaik untuk orang yang suka mendengarkan musik. Selain mempunyai desain unik, OPPO Enco Air juga mempunyai kemampuan daya tahan yang cukup baik. 
Arie
Humoris, Humanis dan Fantastis
RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Artikel Terbaru

Rekomendasi