Tuesday, July 27, 2021
BerandaFeatureTeknologi Blockchain, Banyak Manfaat Selain untuk Trading Kripto

Teknologi Blockchain, Banyak Manfaat Selain untuk Trading Kripto

Techdaily.id – Teknologi Blockchain merupakan teknologi yang terdiri dari beberapa rangkaian block untuk menyimpan banyak data, seperti block pertama yakni genesis block, block kedua untuk menyimpan data berdasarkan penginputan selanjutnya dan perubahan terjadi karena adanya input baru, serta block ketiga hingga seterusnya. Block ini dirangkai dan tersusun pada sebuah rantai yang menjadikannya Blockchain

BACA JUGA
Cara Melindungi Smartphone Android dari Malware

Perlu diketahui bahwa setelah ada input terbaru, data di block sebelumnya tidak dapat diubah ataupun dimanipulasi oleh siapapun karena setiap block dilengkapi pengaman berupa cryptography.

Umumnya, blockchain kerap digunakan untuk menyimpan dan memverifikasi setiap data transaksi pada kegiatan perdagangan mata uang kripto. Padahal teknologi blockchain dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari, loh! 

  • Manfaat Blockchain dalam Sektor Perbankan
    Teknologi blockchain memiliki keamanan yang sangat terjamin. Maka dari itu, teknologi ini dapat dimanfaatkan pihak perbankan pada proses transfer uang, serta proses input dan verifikasi data yang perlu dilakukan selama 24 jam tanpa henti. Adanya blockchain memungkinkan transaksi transfer uang pada hari libur sekalipun.
  • Manfaat Blockchain dalam Sektor Rumah Sakit
    Pada sektor kesehatan, secara khusus rumah sakit, teknologi blockchain dapat dimanfaatkan untuk menyimpan data pasien, dokter, riwayat penyakit, hingga obat-obatan. Dengan demikian, keamanan database informasi akan jadi lebih terjamin.
  • Manfaat Blockchain dalam Kegiatan Voting Digital
    Teknologi blockchain juga sangat tepat untuk digunakan dalam kegiatan voting, khususnya secara digital. Menggunakan teknologi ini, data yang telah dimasukkan akan aman dan transparan karena semua pihak dapat melihat berjalannya proses voting. Tak menutup kemungkinan, teknologi blockchain dapat menjadi media dalam pemilihan umum secara digital.
  • Manfaat Blockchain dalam Menyimpan Data Senjata
    Data terkait senjata hingga bahan kimia merupakan salah satu jenis data yang paling rawan untuk diakses. Maka dari itu, blockchain dapat menjadi teknologi yang paling tepat untuk menyimpan data tersebut. Blockchain memungkinkan setiap data senjata seperti pembuat senjata, pemilik senjata, hingga jalur pendistribusian senjata dapat diakses dengan mudah.

BACA JUGA
Aplikasi Tokocrypto Meluncur di Play Store

  • Manfaat Blockchain dalam Memantau Kadar Kebersihan dari Makanan
    Para supplier bahan makanan juga dapat memanfaatkan blockchain. Dengan menginput data seperti asal-usul bahan makanan ke dalam sistem, maka semua pihak (mulai dari pemilik restoran hingga konsumen) dapat mengetahui apabila bahan makanan tercemar racun. Selain itu, konsumen pun bisa memilih jenis makanan yang ingin disantap ataupun restoran yang ingin dikunjungi.

 

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Artikel Terbaru

Rekomendasi