Tuesday, March 5, 2024
BerandaReviewReview iQoo 12: Bukan Sekadar HP Gaming Semata

Review iQoo 12: Bukan Sekadar HP Gaming Semata

TechDaily.id – Nama iQoo mungkin masih terdengar asing bagi sebagian orang. Tapi, jangan anggap remeh model yang satu ini, iQoo 12. Simak review iQoo 12 berdasarkan pengalaman.

iQoo 12 hadir tahun lalu menggantikan pendulunya, iQoo 11. Menyasar pasar flagship, iQoo 12 dijejali dengan sejumlah fitur canggih yang tak kalah di kelasnya.

Di Indonesia, smartphone gaming ini dibanderol Rp11 jutaan. Tapi, spesifikasi yang ditawarkan pun tidak kaleng-kaleng. Tim kami berkesempatan untuk mengulas iQoo secara lebih dalam.

Spesifikasi iQoo 12:

ChipsetSnapdragon 8 Gen 3
RAM/ROM16GB RAM/512GB ROM
DisplayAMOLED, 6.78 Inch
Baterai5000mAh, 120W Fast Charging
KameraUtama: 50 MP + 50 MP + 64 MP (OIS+EIS)
Depan: 16MP
HargaRp. 10.999.000

Review iQoo 12

Desain

Review iQoo 12 Indonesia

Menyasar kelas flagship, desain iQoo 12 tidak boleh dianggap sebelah mata. Ponsel ini mempunyai desain premium yang terlihat gagah.

iQoo 12 menggunkan desain datar alias flat frame. Desain ini membuat pegangan atau grip ponsel makin mantap saat digenggam tangan.

Frame yang digunakan pada bagian samping perangkat pun menambah kesan mewah perangkat. Karena warnanya seperti metal.

BACA JUGA
Rumor : Spesifikasi iPhone 12 Pro

Perangkat mempunyai panjang 163,22mm, lebar 75,88 mm, ketebalan 8,1 mm, dengan bobot 203,7 gram. Dengan dimensi itu, smartphone masih nyaman untuk digenggam.

iQoo12

Pada bagian belakangnya, smartphone ini mempunyai back panel glossy yang terbuat dari poly carbonate. Menurut pengalaman kami me-review iQoo 12, jujur saja back panel ini terasa licin, sehingga perlu casing pelindung agar tidak mudah jatuh.

Ada yang menarik di bagian belakang smartphone. Ponsel ini mempunyai housing camera kotak besar yang menyimpan 3 kamera di dalamnya. Di samping housing camera, terdapat flash LED.

desain bagian depan iQoo 12

Layar

iQoo 12 dibekali dengan layar LTPO AMOLED yang sudah mendukung refresh rate 144Hz. Perangkat ini mempunyai ukuran layar 6,78 inci beresolusi HDR10+.

Secara tampilan layar ini sudah mempunya ukuran yang pas untuk menonton video atau film. Selain itu layar perangkat ini juga terbilang bagus.

Layar sensitif terhadap sentuhan dan warna yang dikeluarkan pun sangat tajam, sehingga mata pengguna dimanjakan dengan visual tampilan yang baik.

Performa dan Baterai

Berbicara soal performa, iQoo 12 ini dibekali chipset gahar. Karena memang, smartphone ini ditujukan untuk penggunaan gaming.

iQoo 12 dibekali dengan chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 3 yang mempunyai 4nm pabrikasi. Chipset ini sudah menggunakan GPU Adreno 750 untuk grafisnya.

BACA JUGA
GoPay Arena Championship, Ajang Pembuktian 30 Ribu Gamer se-Indonesia

Bicara soal memori, iQoo 12 dibekali dengan RAM 16GB yang bisa diperluas dengan RAM 16GB. Untuk storage, perangkat ini sudah dibekali dengan memori internal 512GB.

performa iQoo 12

Berbekal dengan chipset tersebut, smartphone ini pun dapat unggul dimainkan untuk bermain game seperti Call of Duty yang cukup berat.

Dengan settingan tinggi, smartphone mampu diajak bermain tanpa lag. Grafis pun tidak patah-patah, sehingga menghadirkan permainan yang smooth.

Sementara bagi pengguna yang intens memainkan game, hasil review iQoo 12 pada sektor baterai kami rasa tidak terlalu menguras daya. Artinya, HP gaming ini memiliki daya tahan baterai yang cukup bagus.

Smartphone juga enak untuk diajak multitasking. Smartphone tidak lag dan tak cepat panas saat digunakan dalam waktu yang lama. Tak hanya digunakan, uji coba juga dilakukan dengan benchmark. Segini hasilnya.

Bicara soal baterai, smartphone ini mempunyai daya tahan yang tidak kalah baik. Smartphone dibekali baterai 5.000 mAh dan mendukung fast charging. Kami juga menguji ketahanan perangkat dengan benchmark. Hasilnya 17 jam 31 menit.

Review Kamera iQoo 12

Meski menyasar orang yang gemar main game, perangkat juga bisa digunakan mempunyai kemampuan kamera yang tidak kalah canggih.

Perangkat gaming ini dibekali dengan kamera utama 50 MP f/1.68 dengan sensor OmniVision OV50H 1/1.3 inci, dan OIS, kamera ultrawide 50 MP f/2.0, bidang pandang 119 derajat, kamera telefoto 64 MP f/2.57, zoom optis 3x, zoom digital 100x, OIS.

BACA JUGA
Cara Berjualan di Shopee, Mudah Banget

Kamera smartphone ini sudah dibekali dengan beragam fitur canggih. Misalnya, Snapshot, malam, portrait, foto, video, resolusi tinggi, panorama, dokumen ultra HD, gerakan lambat, selang waktu, eksposur panjang, supermoon, astro, tilt-shift, dan Pro.

Sementara di bagian depan, iQoo 12 sudah dibekali dengan kamera depan 16MP. Kamera depan ini tidak kalah keren dibanding bagian belakang. Berdasarkan hasil uji coba kami, kamera depan iQoo 12 masih belum stabil dan belum mendukung 60 fps.

Kelebihan iQoo 12

  • Layar AMOLED hingga 3000 nits
  • RAM/ROM besar (16GB/512GB)
  • Performa mumpuni
  • Speaker stereo
  • Resolusi kamera tinggi

Kekurangan iQoo 12

  • Bodi belakang terasa licin
  • Proteksi kaca, USB display, dan bypass charging tidak ada
  • Kamera depan belum mendukung 60 fps

Kesimpulan Review iQoo 12 versi Indonesia

Secara keseluruhan, perangkat ini mempunyai kemampuan yang baik dari segi performa atau kinerja, kamera, dan daya tahan perangkat.

Sementara dari segi desain tampak elegan dengan desain flat. Sayangnya, bagian belakangnya itu glossy sehingga terasa licin. Apalagi, jika kamu termasuk sebagai salah satu pengguna yang tidak gemar menggunakan hard case di smartphone.

Bagi pengguna yang ingin melihat beragam review gadget dan smartphone, bisa mengunjungi Techdaily.id sebagai refrensi sebelum membeli perangkat baru.

REVIEW OVERVIEW

Desain
Layar
Performa
Baterai
Kamera

SUMMARY

iQoo 12 mampu memenuhi aktivitas berat seperti gaming, editing video, dan multi-tasking berkat spesifikasi yang dibawanya.
Tama
Tama
Gadgetfreak, FOMO
RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Artikel Terbaru

Rekomendasi

iQoo 12 mampu memenuhi aktivitas berat seperti gaming, editing video, dan multi-tasking berkat spesifikasi yang dibawanya.Review iQoo 12: Bukan Sekadar HP Gaming Semata