Monday, February 26, 2024
BerandaReviewReview Lengkap realme 11 Pro+ 5G

Review Lengkap realme 11 Pro+ 5G

Techdaily.id – realme meluncurkan suksesor dari seri 10 Pro+ ke Indonesia yakni realme 11 Pro+ 5G. Smartphone ini hadir dengan sederet spesifikasi unggulan di kelasnya yang cukup menggiurkan. Mulai dari desain, kamera hingga prosesor yang digadang-gadang menjadi yang terbaik di kelas Mid Range. Buat kamu yang ingin membeli perangkat ini, ada baiknya kamu melihat ulasan lengkap kami perihal review lengkap realme 11 Pro+ 5G berikut.

Ulasan ini bertujuan untuk memberikan gambaran yang lebih komprehensif terkait smartphone yang dirilis pada pertengahan bulan Juli tahun ini. So, daripada penasaran, mending langsung aja scroll layar hape kamu ke bawah lagi.

Review lengkap realme 11 Pro+ 5G

Desain

Pembahasan mengenai review realme 11 Pro+ 5G kita mulai dari bagian desain. Smartphone ini hadir dengan desain yang sangat fresh dan menurut kami lebih pas masuk ke kategori flagship. Hal ini bisa dilihat dari material yang mereka gunakan yakni Lychee vegan leather dan memiliki dua pilihan warna yakni Sunrise Beige dan Oasis Green. 

Tidak tanggung-tanggung, mereka bahkan bekerjasama dengan Matteo Menotto, mantan desainer grafis dan tekstil Gucci, sebuah rumah mode asal Italia yang sudah tidak diragukan lagi kualitasnya.

Dari kolaborasi ini, tentunya realme ingin menghadirkan sebuah produk smartphone yang punya desain mewah ke anak muda di seluruh dunia. 

Bagian belakang realme 11 Pro+ 5G dilapisi dengan Premium Lychee Vegan Leather untuk sentuhan kulit, tahan noda, dan tahan lama. Terdapat pula desain jahitan 3D buatan tangan menunjukkan lebih banyak garis besar 3D dan efek realistis dan tentunya menunjukkan warna yang indah, mewah, dan modis, membentuk sebuah tren.

Beberapa tombol fisik bisa kamu temukan di sisi sebelah kanan body yang berdimensi 161.6 x 73.9 x 8.2 mm ini. Untuk beratnya, HP yang satu ini hanya memiliki bobot 189 gram saja. 

Terdapat housing kamera yang sangat baru di bagian belakang, berpadu dengan desain Matteo Menotto yang cukup segar.

Dari dua pilihan warna yang tersedia, kami lebih cenderung menyukai warna Oasis Green yang memberikan kesan kalem dan melambangkan sebuah pembaharuan. Nilai plusnya, warna ini cukup mudah dipadu padankan dengan outfit kamu loh. 

Kamera

Review lengkap realme 11 Pro+ 5G

Review lengkap realme 11 Pro+ 5G masuk ke bagian kamera. Menurut kami, ini merupakan bagian yang paling grande dari smartphone ini. Bagaimana tidak, realme 11 Pro+ 5G menjadi smartphone mid range pertama yang menghadirkan resolusi 200MP. Untuk setup nya, smartphone ini hadir dengan tiga kamera belakang yang masing-masing beresolusi 200MP, 8MP dan 2MP. Sementara di bagian depannya terdapat satu buah kamera beresolusi 32MP yang kesemuanya akan kita bahas lebih dalam di bawah ini.

Memanfaatkan teknologi Tetra2pixel, piksel 4-in-1 atau 16-in-1 dapat direalisasikan untuk

mengonversi mode 0,56μm 200MP menjadi mode 1,12μm 50MP yang sesuai untuk lingkungan yang gelap, atau mode 2,24μm 12,5MP yang sesuai untuk lingkungan yang sangat gelap. 

BACA JUGA
Review OPPO Reno4 F, Teman Baru di Era New Normal

Kamera utama pada realme 11 Pro+ dilengkapi dengan sensor ISOCELL HP3 beresolusi 200MP dengan ukuran 1/1.4″ dan piksel sebesar 0,56µm. Sensor ini terletak di belakang lensa f/1.69 23mm, mendukung autofocus Super QPD, dan dilengkapi dengan Super OIS. Istilah “Super OIS” merujuk pada teknologi peredaman getaran yang dilakukan secara perangkat keras dengan algoritma EDR OIS sebesar 3°, yang meningkatkan kecepatan pengaturan lensa sebesar 40%. Selain itu, terdapat juga stabilisasi berbasis gyro 4-axis.

Sedangkan Autofokus “Super QPD” memungkinkan kamera dapat mendeteksi perubahan fase baik secara horizontal maupun vertikal, sehingga memberikan autofokus yang lebih andal untuk berbagai subjek dan penggunaan yang lebih luas.

Sensor baru ini memungkinkan melakukan zoom 2x dan 4x dalam mode foto, serta fitur Auto Zoom, di mana kamera secara otomatis melakukan zoom dan memotong subjek, dan berusaha menjaga subjek tetap berada di tengah frame, sehingga pengguna tidak perlu menggerakkan ponsel dengan gegabah saat mengambil foto. Peningkatan stabilisasi juga memungkinkan mode Starry Sky yang dapat diambil secara handheld.

Kamera utama ini mendukung pengambilan foto dengan resolusi tinggi hingga 200MP dan 50MP.

Kamera ultrawide menggunakan sensor Sony IMX 355 beresolusi 8MP dengan lensa f/2.2 16mm. Kamera ini tidak dilengkapi fitur autofokus. Mode Malam juga berfungsi pada kamera ini.

Kamera ketiga dan terakhir di bagian belakang adalah kamera makro 2MP dengan lensa aperture f/2.4 dan fokus tetap pada jarak 4cm. Kamera ini tidak dapat merekam video, dan tidak ada mode Malam.

Kamera selfie menggunakan sensor Sony IMX 615 32MP 1/2.8″ Quad-Bayer dengan piksel sebesar 0,8µm dan lensa f/2.45 21mm. Fokus pada kamera ini bersifat tetap. Kamera ini dilengkapi dengan lensa wide-angle yang lebih lebar dari biasanya, dan dapat melakukan zoom in/out tergantung pada adegan yang diambil. Terdapat juga pintasan 0,8x (default) dan 1x (pemandangan terpotong) untuk memudahkan penggunaan.

Menurut kami, foto siang hari dari kamera smartphone ini memiliki kualitas layaknya smartphone flagship. Detail yang dihasilkan cukup banyak, tidak ada noise, kontras yang baik, dan dynamic range yang cukup bagus. Warna-warna yang ditampilkan sangat akurat dan presentasinya secara keseluruhan sangat baik.

Beralih ke 4x lossless zoom, menurut kami smartphone ini mampu menghasilkan foto yang kaya akan detail, mungkin tidak sebanyak pada pengaturan default, tetapi cukup mendekati, dan hal lainnya seperti tingkat noise, kontras, dynamic range, hingga reproduksi warna cukup serupa dengan gambar yang di-zoom 1x.

Lantas, bagaimana dengan foto low light nya? realme 11 Pro+ 5G dilengkapi dengan fitur Auto Nightscape pada kamera. Fitur ini bekerja dengan cara yang mirip dengan ponsel lain, ketika kondisi cahaya rendah, pengguna akan melihat ikon bulan kecil muncul di layar bidik, yang menandakan bahwa foto akan diambil dengan bantuan Nightscape. Jika kamu tidak menginginkannya, kamu dapat menonaktifkannya dengan mengetuk ikon bulan tersebut.

BACA JUGA
Rayakan Ulang Tahun realme Community ke-5, realme Gelar Kumpul Komunitas dan Turnamen Esports

Auto Nightscape hanya berfungsi pada kamera utama dengan zoom 1x dan kamera ultrawide. Ketika Anda beralih ke zoom 2x-4x, ikon bulan akan menghilang.

Foto yang diambil dengan bantuan Auto Nightscape pada kamera utama menghasilkan hasil foto yang terlihat cerah dan terekspos dengan baik, dengan dynamic range yang luas, saturasi warna yang baik, dan minim noise. Meskipun detailnya mungkin tidak sebaik kamera utama pada siang hari, namun tetap jauh dari kata buruk.

Di bawah ini merupakan beberapa sampel foto dari kamera smartphone ini. 

Sebagai tambahan, pada mode kamera nya, terdapat pula sederet fitur unggulan seperti 4x Zoom, Moon Mode hingga Street Photography 4.0. Tidak ketinggalan, fitur Long Exposure yang sangat memudahkan kami untuk menghasilkan foto-foto light trail tanpa perlu mengotak-atik setingan pro di mode kamera ponsel ini. realme benar-benar membawa pengalaman smartphone photography ke level yang lebih tinggi melalui smartphone ini.

Layar

realme 11 Pro+ 5G dilengkapi dengan layar lengkung berjenis OLED dengan ukuran 6,7 inci. Layar flagship 2160Hz ini memiliki dimming frequency tertinggi di industri. Tidak hanya itu, layar ini memiliki refresh rate 120Hz tertinggi, tampilan 1,07 miliar warna, 100% P3 wide color range, resolusi 2412×1080 FHD+, 5000000:1 contrast ratio, 360Hz touch sampling rate, hingga sertifikasi HDR 10+. 

Soal tingkat kecerahan, layar HP ini mampu memberikan kecerahan hingga hingga 800 nits, namun bisa lebih ditingkatkan lagi hingga 950 nits, dan mendukung sunlight screen, 20000-level brightness adjustment. 

Kami sangat puas terhadap layar smartphone ini yang terbilang sangat nyaman untuk berbagai kebutuhan baik bekerja maupun untuk hiburan seperti menonton video dan lainnya.

Performa

realme 11 Pro+ 5G hadir dengan dukungan chipset MediaTek Dimensity 7050 5G dengan dukungan RAM 12GB yang dapat ditambahkan 12GB Dynamic RAM dan penyimpanan internal mencapai 512GB. Smartphone ini juga didukung oleh realme UI 4.0 berbasis Android 13.

Salah satu fitur visual yang menonjol dari realme UI 4.0 adalah tema Aquamorphic, yang memberikan tampilan Android yang modern dan bersih. realme UI 4.0 juga memperkenalkan Kontrol Media Android 13, yang disertai dengan animasi yang lebih mulus, widget dinamis, serta pusat notifikasi dan kontrol yang ditingkatkan.

realme 11 Pro+ 5G dilengkapi dengan fitur pembukaan kunci menggunakan sidik jari, dan pemindai optik di bawah layar berfungsi dengan baik dan responsif dengan kecepatan yang optimal.

Sedangkan untuk Dimensity 7050 5G, chipset ini memiliki prosesor octa-core dengan dua core kinerja Cortex-A78 yang memiliki clock 2.6GHz, dan enam Cortex-A55 yang memiliki clock 2.0GHz. GPU-nya adalah Mali-G68 MC4, dan chipsetnya masih dibuat dengan proses 6nm.

BACA JUGA
Kenapa realme 8i Cocok Untuk Fotografer Pemula? Ini Jawabannya!

Untuk menguji performa nya, kami menggunakan aplikasi PCMark dan bermain game Call of Duty Mobile, dan berikut hasilnya. Pada aplikasi PCMark, smartphone ini mampu meraih skor 14099 sedangkan saat digunakan untuk bermain game CODM, realme 11 Pro+ mampu menyuguhkan setingan grafis High dengan drame rate Very High. 

Baterai

realme 11 Pro+ 5G hadir dengan baterai berkapasitas 5000 mAh dan didukung sistem pengisian daya cepat 100W yang mampu mengisi ulang daya dari 0 hingga 100% dalam waktu 26 menit pengisian daya. 

Sedangkan untuk daya tahannya, realme mengklaim baterai besar ini dapat memastikan masa pakai baterai jangka panjang dalam berbagai situasi penggunaan berat, di antaranya mendukung 29,09 jam telepon, 404,88 jam siaga biasa, 23,36 jam mendengarkan musik, 18,86 jam menonton video, dan 8,29 jam bermain game.

Kami menggunakan aplikasi PCMark untuk menguji daya tahan baterai nya. Berikut hasilnya. Pada pengujian kami, baterai ponsel ini mampu bertahan hingga 12 jam 45 menit. 

Kesimpulan

realme 11 Pro+ 5G membawa berbagai peningkatan dan fitur yang tidak dapat ditemui di smartphone mid-range lainnya yang memberikan keunggulan dalam persaingan di smartphone kelas menengah. Ya, kita membicarakan tentang desain modis, kamera utama 200MP, dan pengisian cepat 100W.

Tersedia secara online eksklusif di Shopee, Akulaku dan realme.com.

realme 11 Pro+ 5G akan tersedia secara resmi di seluruh Indonesia dengan harga khusus dan promo menarik seperti bundling kuota 50GB post-paid Indosat, realme Buds T100, dan realme Care+ melalui Flash Sale pada 25 Juli 2023* pukul 00:00 WIB.

realme 11 Pro+ 5G kemudian tersedia secara online dan offline di realme Brand Store dan toko mitra di seluruh Indonesia mulai tanggal 28 Juli 2023

Lalu Jika Anda berminat dengan realme 11 Pro+ 5G (12GB+12GB* | 512GB) bisa langsung kunjungi Shopee realme.com/id serta akulaku. 

Banyak benefit yang ditawarkan untuk pembelian realme 11 Pro+ 5G yang secara resmi tersedia di seluruh Indonesia, diantaranya bundling kuota 50GB post-paid Indosat, realme Buds T100, dan realme Care+ melalui Flash Sale pada 25 Juli 2023* pukul 00:00 WIB.

Kelebihan dan Kekurangan realme 11 Pro+ 5G

Kami menyadari bahwa setiap perangkat yang hadir ke pasaran pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Untuk itu, pada artikel review lengkap realme 11 Pro+ 5G ini kami juga menghadirkan beberapa kelebihan dan kekurangannya. 

Kelebihan

-Desain stylish yang keren dan mewah.

-Layar OLED yang punya refresh rate cepat, cerah, akurasi warna yang baik.

-Masa pakai baterai yang tahan lama, pengisian daya yang sangat cepat.

-Kualitas kamera yang mengagumkan.

Kekurangan

-Tidak ada sertifikat percikan air.

REVIEW OVERVIEW

Desain
Layar
Kamera
Performa
Baterai

SUMMARY

Kami menyadari bahwa setiap perangkat yang hadir ke pasaran pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Untuk itu, pada artikel review lengkap realme 11 Pro+ 5G ini kami juga menghadirkan beberapa kelebihan dan kekurangannya
Arie
Arie
Humoris, Humanis dan Fantastis
RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Artikel Terbaru

Rekomendasi

Kami menyadari bahwa setiap perangkat yang hadir ke pasaran pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Untuk itu, pada artikel review lengkap realme 11 Pro+ 5G ini kami juga menghadirkan beberapa kelebihan dan kekurangannyaReview Lengkap realme 11 Pro+ 5G