Sunday, November 28, 2021
BerandaReviewReview realme 5, Senjata Baru realme Dikelas Menengah

Review realme 5, Senjata Baru realme Dikelas Menengah

TechDaily.id – Sudah ditunggu banyak orang, akhirnya realme menghadirkan produk unggulan mereka yakni realme 5 ke pasar Indonesia. Smartphone yang mengusung spirit Dare To Leap ini memang ditunggu karena menjadi smartphone realme pertama di Indonesia yang mengusung konsep AI Quad Camera. Tim TechDaily berkesempatan untuk melakukan product review realme 5. Kesempatan ini kami manfaatkan sebaik-baiknya untuk memberikan gambaran yang jelas bagi kamu yang hendak membelinya.

Sebelum masuk lebih dalam ke review realme 5, Tech Viewers perlu mengetahui kalau ponsel ini hadir dengan sederet pembaruan dari berbagai sisi seperti desain, Kamera hingga baterai yang ditujukan untuk memanjakan para realme fans di Indonesia.

BACA JUGA
Review realme C11 2021, HP Dengan Baterai Tahan Lama

Punya julukan Quad Camera Power Hero, realme 5 tampaknya memang dipersiapkan betul untuk menunjukan dominasi mereka di pasar ponsel kelas menengah. Pasalnya, ponsel ini punya banyak kelebihan di berbagai sisinya. Seperti apa? Inilah review realme 5.

Desain

Review realme 5 kita mulai dari segi desain. Ponsel ini punya  dua pilihan warna yakni Crystal Blue dan Crystal Purple. Pada review realme 5 kali ini, kami mendapatkan unit dengan warna Crystal Blue. Bukan hanya warna saja yang berbeda, kata Crystal disini sejatinya menegaskan desain potongan kristal yang terdapat  pada body belakang ponsel ini. Meski berbahan dasar polycarbonate, namun ponsel ini tetap terlihat kokoh nan elegan seperti desain yang kerap kita jumpai pada ponsel mahal.

BACA JUGA
Real Price! Komitmen realme untuk Berikan Harga Terbaik ke Konsumen

Gradasi warna biru muda dan tua membalut body belakang ponsel ini yang menegaskan efek visual baru yakni warna holografik dengan tekstur potongan berlian. Terdapat pula empat kamera di sisi kiri atas yang bersanding dengan led flash yang berada tepat di sampingnya.

Bergeser ke tengah, kita akan menemui sensor pemindai sidik jari yang cukup responsif serta sangat memudahkan kami untuk membuka ponsel ini. Sekali sentuh, maka layar akan terbuka dengan waktu kurang dari setengah detik.

Sementara dibagian kiri bawah, kamu akan menemukan tulisan realme berwarna perak tanpa tambahan ornamen apapun, cukup simpel dan elegan.

BACA JUGA
Review Samsung Galaxy A02s, Rekomendasi Entry Level Smartphone di 2021

Pada bagian atasnya kami tidak menemukan lubang dan port apapun. Sementara di sisi kanannya hanya terdapat satu tombol yakni tombol power saja. Pada sisi kiri, kita menemukan tombol volume dan tray sim Card serta micro SD.

Sementara dibagian bawah, kita akan mendapati lubang jack audio, port micro USB yang sudah mendukung sistem On The Go (OTG) dan lubang speaker.

Layar

Masuk ke bagian layar dari review realme 5, kami disuguhkan layar IPS berukuran 6,5 inci dengan resolusi HD+ berkonsep Mini-drop Full Screen yang memiliki rasio screen to body yang mencapai 89%. Layar ponsel ini  juga sudah dilindungi oleh Corning Gorilla Glass 3 yang cukup melindunginya dari goresan.

BACA JUGA
Review realme 6 Pro, Jauh di Atas Ekspektasi !

Meski masih ditemukan notch pada layar, namun berkat desain Mini-drop pada ponsel ini menjadikan ukuran notch 30,9% lebih kecil ketimbang realme 3 serta memberikan bidang pandang yang luas dan pengalaman layar full screen.

BACA JUGA
Intip Smartphone Layar Gulung Pertama OPPO

Layarnya cukup jernih dan tajam, hal ini cukup memanjakan kami saat bermain games dan nonton Video on Demand (VOD). Saat menggunakannya ditengah terik matahari, layar dari realme 5 tetap terang dan punya komposisi warna yang sesuai.

Kamera

Bagian yang menurut kami paling menarik dari review realme 5 kali ini adalah dari segi kamera. Bagaimana tidak, ponsel ini jadi yang pertama dari realme yang menyuguhkan empat kamera sekaligus di bagian belakang. Realme 5 hanya bersaing dengan saudara kandungnya yakni realme 5 pro untuk urusan empat Kamera belakang.

Realme 5 dibekali dengan 4 kamera belakang beresolusi 12MP sebagai kamera utama, 8MP sebagai kamera wide angle, 2MP sebagai kamera macro dan 2MP untuk potraitnya. Keempat kamera ini ditunjang oleh fitur AI yang mampu membantumu menghasilkan foto dengan kualitas yang lebih baik.

BACA JUGA
Harga Redmi Note 10 di e-Commerce, Berapa Ya?

Mode Nightscape dan Chroma Boost pada ponsel ini juga sangat membantu kami dalam menghasilkan foto pada malam hari dan kondisi minim cahaya.

Untuk kebutuhan selfie, kami sangat terbantu sekali oleh hadirnya kamera depan beresolusi 13MP yang punya fitur AI Face Beauty. algoritma pada fitur ini secara akurat mengenali dan mengidentifikasi subjek yang difoto melalui total 296 poin pengenalan fitur, memberikan 8 juta efek beauty untuk berbagai kelompok orang. Algoritma pada kulit wajah yang ditingkatkan memungkinkan objek yang difoto memiliki kulit yang lebih apa adanya.

Singkatnya, fitur beauty ini tidak berlebihan dan cukup natural, sehingga foto yang dihasilkan pun menjadi lebih halus dan natural. Kalau kalian gak percaya, silahkan scroll terus kebawah untuk melihat hasil kameranya.

Performa

Review realme 5 berlanjut ke sisi performa. Ponsel ini ditunjang oleh chipset Qualcomm Snapdragon 665 AIE dengan prosesor Quad-core berkecepatan 2.0 Ghz. Chipset ini juga punya fabrikasi 11 nm yang cukup efisien dari segi penggunaan daya. Prosesor ini dibantu oleh varian RAM sebesar 3GB/4GB dengan pilihan penyimpanan internal mulai dari 32GB hingga 128GB.

BACA JUGA
Harga Redmi Note 8, HP Xiaomi yang Masih Worth It !

Pada review realme 5 kali ini, kami mendapatkan unit dengan varian RAM 3GB dan penyimpanan internal 64GB. Meski begitu, media penyimpanannya bisa ditingkatkan hingga 256GB.

Untuk menguji performanya, kami menggunakan beberapa alat uji seperti AnTuTu Benchmark, Geekbench dan 3D Mark. Kami juga memainkan game PUBG untuk menguji performa dan daya tahan baterai pada ponsel ini.

Pada benchmark AnTuTu, realme 5 memiliki skor 139463, skor yang cukup tinggi mengingat ponsel ini hanya menggunakan chipset Snapdragon 665. Sedangkan pada pengujian yang dilakukan Geekbench, realme 5 berhasil meraih skor 314 untuk single-core dan 1355 untuk multi-core nya. Sementara pada pengujian di benchmark 3D Mark, ponsel ini mendapatkan skor 1095 untuk Sling Shot Extreme – OpenGL ES3.1 dan 1060 untuk Sling Shot Extreme – Vulkan.

BACA JUGA
Review Samsung Galaxy Z Fold3, Senjata Ampuh Tingkatkan Produktivitas

Kami juga memainkan game PUBG untuk menguji performanya. Pada game populer ini, realme 5 ternyata hanya mampu menghadirkan settingan grafis Balanced dan frame rate Medium. Namun ketika memainkannya, kami tidak merasakan adanya lag atau semacamnya. Layarnya juga cukup jernih dan responsif yang membuat kami cukup nyaman memainkan game ini.

Baterai

Beranjak ke bagian baterai, pada review realme 5 kali ini kami tidak menguji ketahanan baterainya menggunakan GeekBench, hal tersebut dikarenakan aplikasi Geekbench terbaru sudah tidak menyertakan baterai test.

Alhasil, kami menggunakan aplikasi Battery Benchmark untuk menguji performa baterainya. Pada benchmark ini, ponsel realme 5 berhasil mendapatkan skor 40502,906 dan rata-rata masa baterai adalah 548,3981 menit untuk pekerjaan berat. Kami juga memainkan game PUBG untuk menguji performa dari baterai ini dan terbukti, baterai ini masih tersisa meski kami memainkan game seharian penuh.

Tidak hanya itu, kami juga menggunakan ponsel ini untuk menonton Video on Demand dan terbukti, baterai yang besar milik realme mampu bertahan seharian non stop dan masih tersisa kurang dari setengah.

Hadirnya fitur AI Freeze tampaknya cukup berperan dalam menjaga daya tahan baterai ponsel ini. Pasalnya, sistem akan memperkirakan aplikasi yang tidak digunakan oleh pengguna dalam jangka waktu yang lama dan aplikasi tersebut akan dengan cepat dibekukan dan dinonaktifkan untuk menghemat daya dan membawa kinerja baterai ke tingkat yang baru.

BACA JUGA
16 Juni Jadi Tanggal Peluncuran realme X3 SuperZoom di Indonesia

Selain itu, fungsi hemat daya layar menggunakan CABC (Content Adaptive Backlight Control) untuk secara dinamis menyesuaikan rasio kontras layar untuk meningkatkan masa pakai baterai ponsel. Cukup berguna memang, apalagi jika kita menggunakan ponsel ini sebagai daily driver kita.

OS, UI & Fitur

Tampilan dan OS realme 5 Pro

Realme 5 hadir dengan sistem operasi Android 9 Pie yang dipadukan dengan ColorOS 6. Tampilan UI ini terkesan simpel dan mudah dioperasikan. Aplikasi bawaan realme dan Google juga hadir di ponsel ini. Realme 5 juga menggunakan tampilan Stock Android yang simpel dan logika operasi yang disesuaikan dengan Android asli.

BACA JUGA
3 Smartphone Pengganti Redmi Note 7

Soal keamanan, realme 5 dilengkapi dengan fitur fingerprint, ponsel ini juga memiliki semacam “ruang pribadi” yang lebih nyaman dan lebih cocok untuk privasi pengguna dengan menyembunyikan aplikasi, foto, file, dan konten lainnya sesuka hati. Pengguna dapat masuk ke ruang tersembunyi melalui sidik jari privasi yang diatur secara terpisah, mengunci ponsel secara manual dan mematikan kata sandi biometrik ponsel.

Kesimpulan

Review realme 5 masuk ke segmen kesimpulan, menurut kami ponsel ini cukup punya nilai lebih untuk bersaing di kelas menengah. Apalagi hadirnya empat kamera di belakang yang mungkin jadi yang termurah di pasar Indonesia saat ini.

BACA JUGA
Bersiap untuk Menantang Diri dalam Dunia Gaming di realme C3 Game Monster

Realme 5 juga punya baterai yang sangat besar dan awet, hal ini bisa dilihat dari aktivitas kami bermain game dan nonton Netflix seharian penuh dimana baterai masih tersisa cukup banyak. Namun sayang, ponsel ini tidak dilengkapi dengan sistem pengisian daya cepat sehingga membutuhkan waktu lebih untuk mengisi ulang baterai dari ponsel ini.

Saat bermain game, kami juga hanya mendapatkan settingan grafis balance dan frame rate Medium. Meski begitu, kami cukup puas karena saat bermain game tidak terasa lag dan layarnya cukup responsif. So, kalau kalian sedang mencari paket hemat, kami rasa ponsel ini bisa jadi pilihan tepat karena punya desain mewah, baterai jumbo dan kamera yang mengaggumkan.

Arie
Humoris, Humanis dan Fantastis
RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Artikel Terbaru

Rekomendasi