Smartphone

Review realme 8, Banyak Fitur Portrait Unggulan

TechDaily.id – Pasar smartphone mid-range kian ramai karena banyak pendatang baru berdatangan. Salah satu pendatang terbaru di Indonesia adalah realme 8. Ulasan atau review realme 8 bahkan diperkirakan menjadi salah satu ulasan yang dinantikan, khususnya untuk para realme Fans di Indonesia. 

BACA JUGA
Review Samsung Galaxy A02s, Rekomendasi Entry Level Smartphone di 2021

Sekadar informasi, realme 8 Series yang memiliki slogan Capture Infinity hadir di Indonesia dengan dua model yakni versi reguler dan Pro. Tentu saja antara keduanya ada sedikit perbedaan. Perbedaan paling menonjol ada di bagian kamera dimana versi Pro nya mengusung resolusi kamera besar yang mencapai 108MP. Meski begitu, kamera smartphone realme 8 reguler juga tidak kalah bagus yang nantinya akan kita bahas pada bagian kamera.

Nah, kali ini tim redaksi TechDaily kebagian untuk review realme 8.. Kami kebagian mendapatkan realme 8 warna Cyber Black dengan varian memori RAM 8GB dan ROM 128GB.

Seperti apa keunggulan realme 8 ini? Yuk, intip review realme 8 berikut ini:

Desain

Review realme 8 dibuka pada bagian desain. realme 8 membawa bahasa desain Infinite Bold Design yang trendi dengan dua pilihan warna yakni Cyber Silver dan Cyber Black.

Ada yang unik dari desain realme 8 kali ini. Di bagian belakang seolah terbagi dua dunia. Di sisi kiri ada tulisan realme di bagian bawah seperti biasanya. 

Sedangkan di bagian kanan terdapat tulisan vertikal Dare To Leap namun dalam kotak yang berbeda. Masih di bagian belakang, terdapat rumah kamera berbentuk persegi untuk menempatkan empat sensor. Namun rumah kamera tersebut agak menonjol dari desain. Back panel realme 8 juga meninggalkan bekas jari yang cukup terlihat.

Di sisi kanan terdapat tombol volume yang diikuti power di bawahnya. Di kiri, realme 8 hanya ada rumah untuk kartu SIM. Di bagian bawah, ada speaker grill, jack audio, dan USB Type-C.

Secara keseluruhan, realme 8 mempunyai desain ramping dan ringan. Pasalnya, realme 8 mempunyai bobot 177gram dan ketebalan kurang dari 8mm.

Layar

Review realme 8 selanjutnya bergeser ke sektor layar. realme 8 dibekali dengan layar Super AMOLED 6.4 inci. Karena menggunakan layar Super AMOLED, tampilannya menjadi cerah dan hemat daya. 

Berkat layar Super AMOLED-nya, realme 8 juga memiliki fitur Always-on Display. Jadi, informasi penting bisa dilihat dalam sekejap. Selain itu, layar realme 8 juga sudah ditopang dengan sensor sidik jari dalam layar.  

Fitur sidik jari dalam layar kebanyakan ditemukan di smartphone flagship. Jadi, hadirnya fitur ini menjadi nilai plus bagi realme 8.  

Dari segi spesifikasi, layar Super AMOLED 6,4 inci ini mencapai resolusi Full HD dan tingkat sampling sentuh hingga 180Hz untuk daya tanggap yang lebih baik saat bermain game. 

Selain itu, realme 8 juga menyertakan mode sinar matahari hingga 1000nits untuk memastikan layar terlihat bahkan di bawah kondisi sinar matahari yang benderang.

Performa dan Baterai

 

Kini review realme 8 selanjutnya adalah performa. Di dapur pacu, realme 8 dibekali dengan MediaTek Helio G95 yang dirancang untuk menjadi chip gaming.

Keunggulan lain menggunakan chip MediaTek Helio G95 adalah smartphone menjadi lebih bertenaga dan efisien. Karena, smartphone didukung proses 12nm.

Selain perpaduan chipset mumpuni, bermain game juga lebih asyik karena smartphone tidak cepat panas. Mengingat, realme 8 dilengkapi dengan sistem pendingin cairan tembaga canggih. 

Berdasarkan pengalaman kami menggunakan smartphone ini memang smartphone tidak cepat panas saat dimainkan game seperti Call of Duty. Disetting dengan grafis dan frame rate very high, realme 8 masih smooth diajak bermain.

Bermain game juga bertambah kenikmatannya berkat baterai besar. realme 8 sudah disokong baterai berkapasitas 5.000 mAh dan mendukung 30W Dart Charge.

Untuk performa kami tidak hanya sekedar mencobanya tapi juga menguji dengan benchmark. Di PC Mark, realme 8 mencetak skor 7314 untuk performanya. Sedangkan untuk baterai, smartphone realme ini mampu bertahan 15 jam 23 menit.

30W Dart Charge juga dapat mengisi baterai 50% dalam waktu 26 menit. Dalam kotak penjualan juga disertakan adapter charger lengkap dengan kabel Type-C. 

Kamera

Review realme 8 masuk ke bagian kamera. realme meningkatkan kamera pada seri number ini. realme 8 mempunyai empat kamera di bagian belakang yang terdiri atas sensor utama 64MP, sudut ultra lebar 8MP, lensa makro, dan portrait B&W 2MP.

Menariknya, realme 8 juga dibekali dengan fitur-fitur keren pada kameranya yang bisa membuat pengambilan gambar lebih asyik lagi. Ada fitur yang namanya mode tilt-shift yang akan mengubah dunia nyata menjadi miniatur memanfaatkan teori semacam ilusi optik manusia.

Ada juga mode Starry generasi kedua yang ditingkatkan. Kemudian neon portrait yang dapat membantu meningkatkan efek blur untuk menciptakan bidikan yang lebih dreamy.

Tidak ketinggalan ada Dynamic Bokeh. Mode ini bisa digunakan untuk menyorot subjek Anda dengan latar belakang blur yang bergerak-gerak, sehingga menciptakan kesan gerakan yang menarik.

Selanjutnya ada New AI Color Portrait dan Dual-view Video. Berbicara soal dual-view video, mode ini memungkinkan pengguna merekam dari kamera depan dan belakang secara bersamaan.

Jadi, Anda akan dapat mengambil berbagai video pendek yang kreatif dan menarik. Untuk kamera depan tidak kalah menarik dari belakang. 

Kamera depan realme 8 mendukung lensa 16MP Ultra-clear dengan aperture f/2.45. Kamera tersebut juga sudah mendukung mode kecantikan pintar, Efek Bokeh, dan banyak lagi. 

Mungkin maksud dari Capture Infinity ini adalah pengguna bisa berkreasi tanpa batas dengan beragam fitur kamera dan mengunggahnya di sosial media.

Berdasarkan pengalaman, hasil kamera depan realme 8 cukup alami dan tidak lebay. Sedangkan kamera belakang juga cukup bagus apalagi ditambah fitur keren.

BACA JUGA
Review realme 5 Pro, Quad Camera Halus, Performa Mulus

Kesimpulan

realme 8 cocok bagi anak muda yang mencari smartphone berperforma gegas dan desain keren, beda dari tampilan realme sebelumnya. Pasalnya, realme 8 sudah ditopang dengan chipset gaming, RAM besar, bodi tipis nan ringan serta juga baterai berkapasitas jumbo plus pengisian daya cepat. Alhasil, smartphone ini bisa diajak main seharian.

Selain itu, kamera realme 8 juga tidak kalah menarik. Ada sensor utama 64MP yang dipercantik dengan sejumlah fitur menarik dan antarmuka baru realme UI 2.0 serta kehadiran NFC di seri menengah realme. Nah, kamu bisa mendapatkan smartphone ini di situs resmi realme Indonesia dan platform Shopee Indonesia.

 

Tags

Arie

Humoris, Humanis dan Fantastis

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close