Sunday, November 28, 2021
BerandaReviewReview Redmi Note 7, Performa Kenceng, Kamera Ganteng

Review Redmi Note 7, Performa Kenceng, Kamera Ganteng

TechDaily.ID – Redmi, sub brand Xiaomi baru saja meluncurkan smartphone terbarunya ke tanah air yakni Redmi Note 7. Redmi Note 7 mengusung kamera dan performa sebagai fitur andalan.

Di Indonesia, Redmi Note 7 hadir dalam 2 konfigurasi yaitu 3GB + 32GB dan 4GB + 64 GB. Versi 3+32GB dibanderol seharga Rp 1.999.000. Sedangkan model 4+64GB dilego Rp 2.599.000.

Varian warna yang disajikan Redmi Note 7 adalah Space Black, Nebula Red dan Neptune Blue. Redaksi TechDaily berkesempatan me-review Redmi Note 7 varian 4+64GB dengan warna Neptune Blue. Yang kita review kali ini Redmi Note 7 versi Indonesia yang sudah dijual di pasaran mulai 27 Maret 2019. Yuk langsung aja kita bahas.

Desain

Warna Neptune Blue membuat Redmi Note 7 lebih elegan. Kesan elegan bertambah dengan balutan material kaca dengan 2.5D di bagian depan dan belakang. Body belakang maupun depan juga dilapisi Corning Gorilla Glass 5.

Redmi Note 7 memiliki bobot 186g dan dimensi 159.2 x 75.2 x 8.1 mm. Ketika digenggam, smartphone ini cukup nyaman. Sudut lengkung di sekelilingnya juga menambah kenyamanan saat digenggam.

Layar 6.3 inci terbentang di bagian depan ponsel ini. Di atas layar juga terdapat notch yang menampung speaker receiver dan kamera selfie 13 MP. Sedangkan bagian belakang Redmi Note 7 disisipi kamera utama 48 MP + 5 MP, LED Flash, fingerprint dan logo Redmi.

Sisi kiri Redmi Note 7 dibubuhi slot MicroSD. Sementara sisi kanannya terdapat tombol volume up and down serta tombol power.

Bagian bawah Redmi Note 7 disematkan port USB type-C yang diapit dua buah speaker. Sedangkan bagian atasnya ada jack audio 3,5 mm dan lubang mic.

BACA JUGA
Review realme 5i, Si Quad Camera Battery King, Beneran Raja?

Kamera

Urusan foto dan video, Redmi Note 7 disematkan dua kamera belakang beresolusi 48MP dan 5MP. Lensa utama 48MP menggunakan 0.8μm-pixel Samsung GM1 dengan sensor CMOS. Dengan ukuran sensor 1/2, fitur ini menghasilkan pixel 48 juta.

Sensor tersebut menggunakan teknologi Tetracell dari Samsung yang bekerja menggabungkan empat pixel menjadi satu piksel besar 1,6 μm. Teknologi ini membagi lensa utama 48MP dengan 4 bagian menjadi 12MP.

Redmi Note 7 menghadirkan teknologi AI pada kamera utama maupun selfie. Redmi Note 7 memiliki fitur AI Scene Detection yang mengenal 27 kategori suasana berbeda. Tak hanya itu, ponsel ini ditunjang Night Mode berbasis teknologi AI Mode Night Scene. Sedangkan lensa keduanya beresolusi 5MP dengan bukaan f/2.2 untuk menghasilkan efek bokeh dan efek kedalaman yang rapat.

Saat kita mencoba kamera utama Redmi Note 7, foto yang dihasilkan cukup natural dan komposisi warna cukup pas baik indoor maupun outdoor. Teknologi AI scene cukup akurat ketika mendeteksi objek dalam kondisi cukup cahaya baik indoor maupun outdoor. Sebaliknya, ketika kondisi minim cahaya, teknologi AI ini bekerja kurang optimal dalam mendeteksi objek.

Night Mode Redmi Note 7 kita rasa juga masih belum optimal karena noise masih terlihat. Selebihnya hasilnya cukup baik ketika foto dalam kondisi minim cahaya dan malam hari. Untuk efek bokehnya pun cukup natural.

Kamera selfie Redmi Note 7 beresolusi 13MP didukung fitur AI terbaru, seperti AI scene detection, AI beautify dan AI portraits. Ketika coba kamera selfienya juga cukup baik.

Layar

Bentang layar 6,3 inci beresolusi 2340 x 1080 FHD+ membuat ponsel ini nyaman digunakan dalam kegiatan sehari-hari seperti sosmed, instant messenger, email, menonton video bahkan bermain game. Ketika bermain game dan menonton video visual yang dihasilkan layar ini lebih tajam dan detail sehingga mampu memanjakan mata.

BACA JUGA
Review realme C11, Suksesor yang Sempurna!

Layar ponsel ini terlihat lebih lebar dengan desain notch mini Dot Drop Display. Apalagi ketika bermain game dan menonton video, Dot Drop Display membuat layar lebih luas.

Namun ketika bermain game, notch terasa agak mengganggu. Mungkin kamu bisa setting di menu pengaturan untuk memilih aplikasi dengan tampilan tanpa notch. Layar ini memiliki aspek rasio 19.5:9.

Software dan fitur

UI dan OS Redmi Note 7
UI dan OS Redmi Note 7

Redmi Note 7 berjalan dengan sistem operasi Android 9.0 Pie berbalut tampilan antarmuka MIUI 10.2. Tampilan Redmi Note 7 cukup simpel.

Tak banyak aplikasi bawaan yang disertakan Redmi Note 7. Hanya terdapat aplikasi bawaan Google dan aplikasi bawaan Xiaomi seperti Mi Store, Mi Apps dan lainnya. Redmi Note 7 dilengkapi konektivitas Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, Bluetooth 5.0 serta jaringan 2G/3G/4G.

Fitur security seperti face unlock dan fingerprint tidak lepas dari ponsel ini. Sensor fingerprint mampu membuka ponsel ini sangat cepat dibawah 1 detik. Begitupun dengan sensor face unlock yang mampu mendeteksi wajah pengguna dengan cepat kurang dari 1 detik.

Performa

Sektor dapur pacunya, Redmi Note 7 ditunjang chipset Qualcomm Snapdragon 660 AIE dengan clock-speed maksimum 2.2 GHz. Di dalam chipset terdapat prosesor Octa-core dan GPU Adreno 512.

Chipset ini didukung komponen fotografi low-light,performa optimal dan efisiensi penggunaan baterai yang lebih baik. Dukungan RAM 4GB, memori internal 64GB dan slot microSD hingga 256 GB mampu meningkatkan performa Redmi Note 7.

BACA JUGA
Harga Vivo Y91, Cocok Buat Pelajar!

Untuk membuktikan performa Redmi Note 7, Redaksi TechDaily melakukan tes benchmark menggunakan AnTuTu, PC Mark dan 3D Mark serta bermain game PUBG.

Saat tes benchmark menggunakan 3 aplikasi tersebut, Redmi Note 7 berjalan mulus. Di AnTuTu, Redmi Note 7 meraih skor 143.703 dengan peringkat ke 51. Redmi Note 7 meraih skor 26.731 untuk 3D Mark dan 6134 untuk PC Mark.

Ketika bermain game PUBG pun cukup lancar dan asik dengan grafis yang disuguhkan Redmi Note 7. Meskipun Redmi Note 7 hanya mampu menjalankan settingan grafis HD dan frame rate, hasilnya tidak mengecewakan.

Baterai

Baterai berkapasitas 4000mAh dibenamkan di dalam tubuh Redmi Note 7. Dengan baterai tersebut, Redmi Note 7 mampu bertahan hingga 2 hari dalam keadaan standby. Untuk pengoperasian harian seperti email, telepon, sosmed, gadget ini sanggup digunakan seharian penuh.

Ketika kita coba menonton video, ponsel ini bertahan hingga 13 jam. Untuk bermain game, ponsel ini sanggup bertahan dalam waktu 6 hingga 7 jam.

Proses isi dayanya membutuhkan waktu 2 jam dari kondisi dibawah 20% hingga full 100%. Ketika diatas 20%, waktu yang dibutuhkan lebih cepat sekitar 1 sampai 1,5 jam.

Kesimpulan

Dari segi desain, Redmi Note 7 nyaman dilihat dan digenggam. Kualitas foto yang dihasilkan kamera utama maupun selfie cukup baik asalkan cukup cahaya.

Ponsel ini menyuguhkan performa optimal ketika bermain game dan tes benchmark. Daya baterainya mampu bertahan cukup lama dan proses chargingnya cukup cepat. Dengan harga Rp 2.599.000, Redmi Note 7 cocok buat kamu yang menginginkan smartphone dengan harga terjangkau namun spesifikasi handal.

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Artikel Terbaru

Rekomendasi