Telco

Layanan Streaming Bakal Jadi Primadona di XL Selama Ramadhan

Techdaily.id – XL Axiata bersiap untuk memberikan layanan broadband terbaik untuk para pelanggan mereka guna menyambut bulan suci Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri tahun ini. Jika berkaca dari beberapa pekan terakhir selama WFH ini, XL Axiata memprediksi layanan streaming akan menyumbang peningkatan terbesar pada Ramadhan kali ini.

Hal tersebut cukup wajar, mengingat saat ini di Indonesia tengah mewabah pandemi COVID-19 yang mewajibkan sebagian besar masyarakat Indonesia untuk tinggal dirumah dan tidak mudik ke kampung halaman mereka.

BACA JUGA
Terkait Pemadaman Listrik PLN, Ini Jawaban Para Operator Seluler Indonesia

Selama bulan Ramadan dan Lebaran tahun ini, aktifitas berkomunikasi masyarakat menggunakan layanan seluler termasuk layanan data di rumah diperkirakan akan terus meningkat dengan adanya larangan pemerintah kepada masyarakat untuk tidak melakukan mudik.

Plt. Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa mengungkapkan selama Ramadan dan lebaran, pihaknya memperkirakan akan terjadi kenaikan trafik layanan dibandingkan hari-hari biasa. Untuk layanan data perkiraan akan meningkat sekitar 15%-20%, sedangkan untuk layanan percakapan sekitar 5% dan untuk layanan SMS trafiknya relative stabil.

Berdasarkan data trafik lebaran tahun sebelumnya, umumnya kenaikan trafik akan terjadi di kota-kota Bandung, Cirebon, Tegal, Semarang, Surabaya, Madura, Medan, Lampung, Makassar, Banjarmasin, Lombok.

“kalau dilihat dari pemakaian data saat ini, kontribusi yang paling besar adalah streaming. Kita harapkan kenaikan trafik ini lebih banyak di consume untuk hal-hal yang lebih produktif,” ujar Gede pada konferensi streaming (22/4).

“kita akan terus memantau ini dan memastikan bahwa kualitas streaming yang bisa didapatkan oleh konsumen masih dalam kualitas yang baik.”

layanan streaming XL
Plt. Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa ketika memaparkan kesiapan jaringan XL menyambut Ramadhan

Layanan streaming yang dimaksud sendiri merupakan layanan video streaming untuk meeting online hingga game online yang semakin banyak diakses oleh para pelanggan XL selama pandemi COVID-19.

Untuk itu, XL Axiata melakukan serangkaian peningkatan seperti penambahan kapasitas 4000 sites dan perluasan jaringan, penambahan fiber dua kali lipat dibanding tahun sebelumnya dan penambahan core system data service yang diupgrade hingga 2 kali lipat.

“Kita juga melakukan modernisasi BTS 4G, kita tambahkan 4G yang 95% akan selesai sebelum Lebaran,” tambah Gede.

XL Axiata juga memanfaatkan Mobile BTS untuk ditempatkan diberbagai rumah sakit yang saat ini merawat pasien Covid-19 seperti Rumah Sakit Rujukan, Rumah Sakit Darurat, Pemukiman/residensial dan lokasi-lokasi strategis lainnya untuk mendukung Lebaran 2020 sehingga pelanggan tetap bisa berkomunikasi bersama keluarga dan sanak saudara.

Sementara itu, diprediksi jumlah kenaikan trafik selama bulan Ramadhan sendiri berkisar antara 15% hingga 20% yang mayoritas berasal dari wilayah-wilayah residensial.

“Trafik secara nasional naik sekitar 15-20%. Pada Lebaran tahun 2020 ini, kita bisa prediksi bahwa tidak seperti tahun lalu jumlah pemudiknya, cuma sekitar 9% yang akan mudik.”

Promo Paket Ramadhan

XL Axiata juga akan menghadirkan beberapa program promo yang akan dijalankan selama Ramadan seperti untuk pelanggan XL prabayar adalah fitur Xtra Unlimited TURBO yang memungkinkan pelanggan mengakses aplikasi Youtube, Instagram, Facebook, WhatsApp, Line, dan Gojek tanpa batas kuota dan kecepatan. Fitur ini bisa diaktifkan melalui aplikasi myXL dan saat ini sedang berlangsung promo diskon harga hingga 75%.

BACA JUGA
Heboh, OnePlus 7T Emas Dipamerkan oleh Desainer Menjelang Peluncuran

Bagi pelanggan AXIS, tersedia Paket AXIS ada Paket Warnet 1GB 1 Jam cuma Rp 490, Paket Sahur 2GB 7 hari cuma Rp 5.500 (Paket ini dapat digunakan pada jam 00-05.59 WIB) dan Paket Bedug 7 hari cuma Rp 5.500 (Paket ini dapat digunakan pada jam 17-19.59 WIB).

Paket tambahan, pelanggan bisa melakukan Metode Pembayaran OVO hanya berlaku untuk pembelian paket di aplikasi AXISnet dan Pelanggan bisa melakukan Donasi untuk Covid-19 melalui UMB *123*6116# dan SMS.

Sementara itu pelanggan pascabayar XL Prioritas bisa menikmati manfaat Promo diskon plan bulanan dan booster bagi pelanggan baru dan promo diskon Booster, upgrade plan, dan bonus kuota kepada pelanggan setia.

Promo-promo tersebut bisa didapat melalui pendaftaran di XL Center, Promo Diskon 30% myPRIO ditambah Booster komplit hingga 12 bulan, dan isi pulsa PRIO Flex minimal Rp 50.000 dapat bonus kuota 5GB.

BACA JUGA
Hearable Sundul Popularitas Wareable

Tidak ketinggalan, layanan XL Home juga menyediakan program khusus Ramadan berupa Paket Ramadan Full Faedah dengan XL Home, paket promo IDR 299rb/bulan dengan kecepatan hingga 100Mbps yang dikemas dengan XL HOME Entertainment Box, sehingga pelanggan bisa menikmati tayangan hiburan lokal dan kelas dunia dari Vidio, Netflix, iflix, dan banyak pilihan lainnya, harga sudah termasuk sewa perangkat dan instalasi, priode promo 25 April – 31 Mei 2020.

Untuk pelanggan setia XL Home SuperBooster memberikan upgrade kecepatan internet sementara hingga 1Gbps, dengan pilihan durasi dari 1 minggu hingga 1 bulan, harga mulai Rp 70.000.

Jumlah pelanggan XL Axiata saat ini mencapi lebih dari 56 juta pelanggan dengan dukungan jaringan data 4G yang tersebar hingga pelosok-pelosok Indonesia. XL Axiata memiliki lebih dari 130 ribu BTS, termasuk lebih dari 54 ribu BTS 3G dan lebih dari 40 ribu BTS 4G. Saat ini layanan 4G XL Axiata juga sudah hadir di lebih dari 425 kota/kabupaten di Indonesia.

Tags

Arie

Humoris, Humanis dan Fantastis

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close