Tips

Tips Menghemat Kuota Internet, Dijamin Irit !

Techdaily.id – Berselancar di dunia maya dengan menggunakan jaringan internet saat ini sudah menjadi kebutuhan semua orang. Namun, dalam hal penggunaan internet, tentu saja kita membutuhkan kuota atau stok data internet yang memadai. Sayangnya, para pengguna smartphone seringkali kehabisan data internet mereka. Meskipun, sejatinya terdapat banyak tips menghemat kuota internet yang tersebar di dunia maya.

BACA JUGA
Resmi Meluncur, Ini Harga dan Spesifikasi Infinix S4

Akan tetapi, tetap saja para pengguna internet sering kewalahan dalam penggunaan kuota yang cepat terkuras. Bahkan, pemakaian paket data internet seringkali berbanding terbalik dengan harganya. Semakin banyak kuota dan cepat koneksi internetnya, maka semkain mahal pula harganya.

Nah, bagi kamu yang ingin menghemat penggunaan kuota internet, berikut kami hadirkan tips menghemat kuota internet yang simpel dan juga mudah diterapkan.

Membatasi Penggunaan Data Internet

Tips menghemat kuota internet yang pertama adalah dengan menyetel pembatasan pemakaian data yang telah ada di smartphone. Untuk melakukannya, kamu langsung saja mengakses menu Settings > Data usage > Celular data > Set cellular data limit. Saat kamu mengaktifkannya akan ada peringatan pemakaian data sehingga tidak melebihi batas.

BACA JUGA
Gandeng Universitas, TikTok Ajak Kreator Buat Konten Edukasi

Update Aplikasi Hanya Jika Terhubung dengan WiFi

Tips menghemat kuota internet yang kedua adalah dengan membatasi update aplikasi pada ponsel kamu. Tanpa disadari beberapa aplikasi yang membutuhkan pembaruan (update) ternyata secara otomatis melakukan pembaruannya dengan menggunakan kuota yang kita miliki. Hal ini tentu akan membuat konsumsi data internet menjadi besar. Untuk menangani hal ini, kamu bisa mengaktifkan mode Wifi Only melalui menu Settings > Auto-update apps > Auto-update apps over WiFi Only.

Batasi Penggunaan Data di Background (Restrict Background Data)

Tips ketiga adalah dengan membatasi penggunaan data di Background. Kadangkala kuota internet sering habis dikarenakan oleh penggunaan data otomatis di background smartphone. Untuk itu, agar kuota internet tidak tersedot ke aplikasi yang sedang berjalan, Anda dapat mematikannya terlebih dulu melalui menu Settings > Data Usage > Tap tiga garis vertikal di kanan atas > Restrict background data > OK.

Menggunakan Fitur Data Saver pada Chrome

Tips keempat yang bisa kamu lakukan adalah dengan menggunakan fitur Data Saver. Sebuah browser mampu membuat kuota internet Anda terkuras habis. Google Chrome sudah hadir dengan fitur data saver. Untuk mengaktifkan fitur ini kamu bisa pergi ke menu Settings > Data Saver > ON.

Non-aktifkan Opsi Sinkronisasi yang Tidak Diinginkan

Tips kelima yang bisa kamu lakukan adalah dengan menonaktifkan opsi sinkronisasi pada ponsel kamu. Ternyata banyak akun yang melakukan sinkronisasi otomatis pada smartphone sehingga kuota internet akan terkuras. Untuk menon-aktifkan akun yang memiliki opsi sinkronisasi, kamu dapat mengaksesnya melalui menu Settings > Accounts > pilih akun yang tidak ingin disinkronisasikan.

Identifikasi Aplikasi yang Menyedot Banyak Kuota

Tips menghemat kuota internet yang terakhir adalah dengan mengidentifikasi aplikasi yang menyedot kuota. Caranya bisa langsung ke menu Settings > Data Usage. Kamu akan menemukan daftar aplikasi yang memakan banyak kuota. Untuk menghematnya dapat dilakukan dengan uninstall atau membatasi penggunaan aplikasi.

Nah, itu tadi adalah beberapa tips yang dapat menghemat kuota internet kamu. Deretan tips ini bisa langsung kamu adaptasi sendiri dirumah ya. (RAN)

Tags

Arie

Humoris, Humanis dan Fantastis

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close