Rekomendasi

Tips membedakan iPhone Refurbished dan baru yang perlu kamu ketahui agar tidak rugi

Techdaily.id – Apple secara resmi sudah menjual iPhone Refurbished semenjak 2016 lalu. Kamu bisa mendapatkan iPhone X 64GB refurbished dengan harga 599 USD setara 8,7 jutaan rupiah. Padahal, harga iPhone X 64GB baru masih sekitar 13 jutaan rupiah. Oleh karena itu kamu perlu membaca “tips membedakan iPhone Refurbished dan baru yang perlu kamu ketahui agar tidak rugi” sehingga tidak mudah dibohongi oknum penjual yang curang.

BACA JUGA
Bentar Lagi Meluncur, yuk Intip Kemampuan Fotografi OPPO Reno4


Untuk kamu yang belum mengetahui iPhone Refurbished, produk ini merupakan barang yang dikembalikan oleh pembeli ke Apple karena ada kerusakan. iPhone yang sudah dibetulkan oleh pihak Apple disebut Refurbished. Tentu, perihal garansi Apple juga memberikannya jika kamu membelinya.

Agar kamu tidak dibodohi oleh penjual yang memberikan harga diskon padahal barang yang dijual merupakan Refurbished, kamu wajib tahu cara ceknya. Oleh karena itu, tim Techdaily.id sudah mempersiapakan tips membedakan iPhone Refurbished dan baru yang perlu kamu ketahui agar tidak rugi.

Cek IMEI

Kode rahasia iPhone

IMEI merupakan cara aman dan tercepat untuk kamu mengetahuinya. IMEI merupakan singkatan dari International Mobile Station Equipment Identity yang menyimpan seluruh informasi penting tentang perangkat tersebut. Kamu bisa mendapatkan nomor IMEI di box, body, dan baterai. Bila perangkat tersebut hasil refurbished, kamu bisa melihat keterangan yang menyatakan ”yes”.

Cek perangkat

Tips membedakan iphone Refurbished

Selain itu, tips membedakan iPhone Refurbished dan baru dengan cek perangkat di pengaturan. Setelah masuk menu pengaturan atau settings, kamu tinggal tekan general atau umum dan langsung pilih about atau umum.

Kamu bisa melihat di bagian model ada perpaduan angka dan huruf. Perhatikan pada huruf pertama, itu merupakan status iPhone kamu. Bila kamu melihat huruf M, berarti perangkat itu keluaran baru dari pabrik. Sedangkan F, iPhone yang kamu beli merupakan perangkat Refurbished atau iPhone bekas yang diperbarui secara resmi oleh Apple. Selain itu, kamu juga akan menemukan huruf N yang berarti Replacement yang berarti produk tersebut rusak dan digantikan dengan yang baru, hanya masih menggunakan model id yang lama.

Harga

Tips membedakan iphone refurbished

Selanjutnya, tips membedakan iPhone Refurbished dan baru adalah harga. Memang, dari segi harga sangat sulit bila penjual sudah membuka harga sesuai dengan harga pasaran. Namun, bila kamu melakukan penawaran yang fantastis dan penjual setuju, kamu harus lebih hati-hati.

Selain itu, bisa juga penjual langsung memberikan penawaran diskon di depan. Bila kamu mendapatkan tawaran yang lebih murah, lebih dari 10% kamu patut curiga. Kamu bisa meminta bertemu langsung dan melakukan cek perangkat dan IMEI.

Kemasan

Apple memang tidak mau pembelinya kecewa. Oleh karena itu, Apple membuat box yang sedikit berbeda dengan yang asli. Kamu bisa melihat tulisan “Apple Certified Pre-Owned” di kotak bawah.

Itulah 4 tips membedakan iPhone Refurbished dan baru agar kamu tidak rugi saat membelinya. Semoga kamu bisa mendapatkan iPhone yang kamu inginkan.–Dan

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close