MisteryPlanetScience

Nasa Temukan Exomoon, Ada Alien?

TechDaily.id – Exomoon atau yang biasa disebut sebagai bulan yang berada dikuar tata surya kita baru-baru ini ditemukan.

Hal ini disimpulkan dari studi empiris satelit alami di Tata Surya, bahwa mereka mungkin elemen umum dari sistem Planet. Mayoritas Planet di dalam atau luar Tata Surya yang terdeteksi adalah gas raksasa.

AlexTeachey dan David Kipping, astronom dari Universitas Columbia, diduga telah menemukan sebuah exomoon yang mengorbit  sebuah planet di dalam tata surya yang jaraknya ribuan tahun cahaya. Penemuan ini dibuat ketika Kipping dan Trachey menyadari bahwa ada anomali yang menarik di dalam observasi yang mereka lakukan dari 284 planet yang ditemukan Kepler. Menurut para Astronom dari Universitas Columbia ini, tidak ada bulan dimanapun yang ukurannya mendekati di dalam sistem tata surya kita.

Penemuan ini dilakukan dengan menggunakan kedua teleskop ruang angkasa yakni Kepler dan Hubble dan mengacu bahwa gas Kepler raksasa-1625B memiliki bulan yang besarnya kurang lebih seperti Neptunus. Pada saat melakukan penelitian, Kipping mengungkapkan melihat sebuah kelainan.

“Kami melihat kelainan dan goyangan dalam kurva cahaya yang menarik perhatian kami”. Mereka menyadari bahwa setelah Kepler-1625B menyeberang di depan bintangnya, ada penurunan kecerahan terukur 3,5 jam terlambat.