News ScienceScience

Bersiap Saksikan Fenomena Alam Gerhana Matahari Cincin

Techdaily.id Bagi pecinta fenomena alam tentu 26 Desember 2019 menjadi momen besar bagi kamu. Pasalnya Gerhana Matahari Cincin yang super langka ini, bakal menyambangi langit Indonesia. Sebelumnya, fenomena matahari cincin itu pernah muncul pada 26 Februari 2017, tapi hanya melintasi langit Amerika Selatan dan Afrika saja.

Gerhana matahari cincin, terjadi ketika bulan berada tepat di tengah-tengah matahari dan bumi, tetapi ukuran tampaknya lebih kecil dibandingkan dengan ukuran matahari. Alhasil, pinggiran matahari terlihat sebagai cincin yang sangat terang dan mengelilingi bulan yang tampak sebagai bundaran gelap.

Terakhir fenomena ini menyambagi langit Indonesia itu pada pada 22 Agustus 1998. Gerhana Matahari Cincin pun masuk kategori Siklus Saros 132, yakni gerhana ke 46 dari total 71 kali gerhana.

BACA JUGA
Pentingnya Peran Sains Dalam Meningkatkan Kualitas Hidup Masyarakat

Dan jika dilihat dari siklus pun Gerhana Matahari Cincin sebenarnya cukup umum terjadi, bisanya akan muncul 1 sampai 2 tahun sekali. Tapi karena lokasinya yang berpindah-pindah terkesan jarang terjadi di wilayah tertentu termasuk Indonesia, menurut Ketua Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Thomas Djamalludin.

Gerhana ini diprediksi akan muncul dimulai pukul 12.15 WIB dan memasuki fase puncak pada 12.17 WIB. LAPAN dalam akun YouTube resminya mengungkapkan, lokasi terbaik untuk melihat fenomena ini adalah di Siak, Riau dimana akan terjadi dengan durasi 3 menit 40 detik.

Selain itu Gerhana Matahari Cincin dapat juga dinikmati mulai dari daerah Padang Sidempuan (Sumatera Utara), Batam (Kepulauan Riau), Singkawang (Kalimantan Barat), sebagian Kalimantan Utara, dan Kalimantan Timur. Sedangkan sebagian besar daerah lain, termasuk Jakarta, hanya akan menyaksikan Gerhana Matahari Sebagian. (IM)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close