MisteryPlanet

Asteroid Raksasa Terbang Melintasi Langit Planet Bumi

 

Techdaily.id  Pada bulan April 2020 nanti, sebuah asteroid raksasa yang diperkirakan memiliki lebar antara 1,1 dan 2,5 mil akan melesat mendekati bumi. Walapun jaraknya masih ‘terjaga’ tapi NASA menyebut asteroid itu cukup berpotensi berbahaya, apabila terjadi tabrakan oleh planet bumi dampaknya cukup luas dan menimbulkan meninggalkan efek global.

Asteroid raksasa itu disebut 52768 (1998 OR2) dan pertama kali terlihat pada 1998. Benda langit raksasa ini akan melewati 3.908.791 mil dari Bumi, bergerak super cepat dengan kecepatan perkiraan 19.461 mil per jam.

BACA JUGA
Menelisik Pentingnya Peranan Teknologi dalam Sektor Pendidikan
BACA JUGA
LG Bersiap Hadirkan Smartphone 5G yang Lebih Murah Dari Galaxy S20

Dan fenomena ini akan terjadi tepat pada hari Rabu, 29 April, jam 4:56 ET, menurut Pusat Studi Objek Dekat Bumi NASA, sebuah divisi yang dibentuk khusus untuk melacak Objek dekat Bumi yang bisa bertabrakan.

Asteroid raksasa itu, seperti dikutip dari CNN Internasional,  diklasifikasikan sebagai objek yang berpotensi berbahaya karena melintas di dekat orbit Bumi. Tetapi berdasarkan data NASA hingga saat ini belum ada daftar potensi peristiwa dampak Bumi di masa depan, setidaknya itu terpantau dari Sistem Sentry NASA.

Melalui sistem ini, kejadian tabrakan bumi dan benda luar angkasa dapat terpantau secara otomatis dan memiliki data terupdate, memindai katalog asteroid terbaru untuk kemungkinan dampak masa depan dengan Bumi selama 100 tahun ke depan.

Tercatat, asteroid terbesar yang pernah melintasi Bumi adalah 3122 Florence (1981 ET3) yang pada 1 September 2017 muncul. Beruntung, asteroid tersebut tidak menabrak Bumi. Kemungkinan, asteroid ini akan kembali melintasi Bumi pada 2 September 2057 mendatang. Tidak diketahui dengan pasti apakah objek ini akan menabrak Bumi atau tidak. / IM

 

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close