Smartphone

Review realme 6 Pro, Jauh di Atas Ekspektasi !

Techdaily.id – Review realme 6 Pro bakal menjadi sebuah kata kunci yang banyak dicari oleh orang-orang, selain virus corona tentu saja. Hal tersebut sangatlah wajar, mengingat smartphone ini digadang-gadang bakal menjadi ponsel pintar kelas menengah yang sangat berbeda dari yang lain.

Beberapa waktu lalu tentu saja bocoran spesifikasi realme 6 pro sudah banyak beredar di berbagai media massa, mulai dari Chipset yang digunakan hingga konfigurasi kamera dari smartphone ini.

Tim Techdaily.id kali ini berkesempatan untuk melakukan produk review realme 6 Pro. Penasaran? Berikut ulasannya.

Desain Baru yang Trendi

Review realme 6 Pro kita mulai dari segi desain. Seperti pada video Unboxing kami beberapa waktu lalu, realme 6 pro mengusung konsep desain yang baru dan berbeda dari seri realme sebelumnya.

Smartphone yang memiliki jargon 6 Camera, Pro Display ini mengusung konsep desain lightning. Konsep ini menghadirkan efek guratan petir di bagian belakang ponsel, ketika terkena pantulan cahaya matahari. Kami melihat realme sangat revolusioner dalam hal desain bagian belakang. Pun rutin meluncurkan produk baru, kami menilai desain realme tidak pernah membosankan karena selalu datang dengan pola desain belakang yang trendi dan segar.  

Tersedia tiga pilihan warna untuk realme 6 pro yakni Lightning Red, Lightning Orange dan Lightning Blue. Pada kesempatan kali ini, kami mendapatkan warna Lightning Red yang sangat anggun dan mempesona.

Smartphone ini sendiri memiliki ukuran 163.8 x 75.8 x 8.9 mm dan berat 202 gram. Terdapat tombol volume dan tray SIM Card di sebelah kanan dan tombol power di sebelah kiri. Tombol power ini juga berfungsi sebagai sensor pemindai sidik jari. Sensor ini juga sangat responsif dan hanya memerlukan waktu kurang dari satu detik untuk membuka layar.

Pada bagian atas hanya terdapat satu lubang yang berfungsi sebagai antena, sementara di bagian bawah terdapat port audio, port USB type C dan tak lupa lubang microphone dan speaker.

Desain realme 6 Pro ini diklaim mampu tahan terhadap percikan air. Untuk mengujinya, kami mencoba mengambil beberapa foto di tengah hujan rintik, menggunakan smartphone ini. Tetesan air hujan tampak tidak berpengaruh pada smartphone ini.

Lantas, bagaimana dengan layarnya? Yuk scroll kebawah lagi.

Layar 90Hz yang Jernih Lengkap Dual Selfie Camera Punch-Hole

Review realme 6 Pro kami lanjutkan pada segi layar. Smartphone ini memiliki layar IPS berukuran 6,6 inci. Layar yang memiliki resolusi Full HD plus ini memiliki rasio screen to body hingga 90% yang menurut kami cukup lapang. Layar smartphone ini juga sudah dilindungi oleh Corning Gorilla Glass 5.

Di bagian pojok kiri atas, terdapat dua lubang kecil pada layar yang dijadikan sebagai tempat kamera depan. Konsep seperti ini sangat baru, karena realme belum pernah mengusung konsep desain punch hole kamera. Apalagi ada dua kamera yang dihadirkan di bagian depan.

Layar 90Hz ini mampu menghasilkan 90 frame per detik yang tentunya menghasilkan kualitas visual yang lebih smooth ketimbang layar smartphone 60Hz. Layar realme 6 Pro ini juga diklaim memiliki touch sensing hingga 120Hz yang mampu meminimalisir tingkat delay ketika kamu bermain game.

Menurut kami, layar dari realme 6 Pro nyaris tanpa celah. Hanya saja, smartphone ini masih menggunakan jenis IPS. Kalau mereka berani menggunakan AMOLED, tentu visual yang dihasilkan bakal lebih mengagumkan. Namun, melihat langkah realme membawa layar 90Hz ke segmen menengah, bukan tidak mungkin kedepannya realme akan menggunakan panel AMOLED di jajaran segmen menengah.

Enam Kamera Handal di Segala Suasana

BACA JUGA
Kontribusi Google Dan Youtube Untuk Program Teach From Home

Review realme 6 Pro masuk ke bagian kamera. Disini, realme 6 Pro hadir dengan 6 kamera yang juga menjadikan ponsel ini dipanggil dengan sebutan “The Most Powerful 6-Camera Phone”

6 kamera ini tersebar di bagian depan dan belakang, di mana bagian belakang terdapat 4 kamera dan bagian depan kebagian jatah 2 kamera. Hadirnya konfigurasi 2 kamera depan ini tentu menjadi hal yang baru dari smartphone realme. Hal tersebut cukup wajar, mengingat realme ingin menghadirkan pengalaman menggunakan smartphone flagship namun memiliki rentang harga yang berada di level kelas menengah.

Untuk bagian belakang, smartphone ini hadir dengan sistem quad camera yang masing-masing memiliki resolusi 64MP dengan sensor Samsung GW1, 8MP untuk ultra wide angle, 12MP untuk tele dan 2MP untuk macro lens.

Sedangkan untuk kamera depannya, smartphone ini hadir dengan dua kamera depan yang masing-masing memiliki resolusi 16MP menggunakan sensor Sony IMX 471 dan 8MP ultra wide angle.

Menurut kami, kombinasi antara hardware dan software dari kamera realme 6 Pro ini benar-benar mengagumkan. Smartphone ini memungkinkan penggunanya untuk melakukan zoom hingga 20x dan disaat yang bersamaan software kameranya memproses foto menjadi enak dilihat. Gak percaya? Berikut hasil fotonya.

 

Satu fitur yang harus kalian coba adalah fitur Nightscape 3.0. Fitur ini memiliki dua mode yang sangat membantu kami dalam menghasilkan foto bagus.

Pertama adalah mode tripod, fitur ini memungkinkan smartphone untuk mengambil foto hingga 50 detik super long exposure. Sesuai namanya, untuk menggunakan mode ini, disarankan kamu menggunakan tripod ya.

Berikutnya ada mode Ultra Nightscape. Mode ini memungkinkan kamu mengambil foto dengan kondisi cahaya dibawah 1 lux. 1 lux sendiri sama dengan cahaya satu buah lilin. Sebuah kemajuan teknologi dalam hal pemrosesan gambar, yang sudah ada di smartphone segmen menengah.

Performa Cetar

Review realme 6 Pro masuk ke bagian performa. Smartphone ini ditopang oleh chipset terbaru Qualcomm yakni Snapdragon 720G. Bisa dibilang, realme 6 Pro merupakan smartphone pertama di Indonesia yang mengadopsi chipset seri ini. Chipset Qualcomm Snapdragon 720G ini merupakan sebuah chipset gaming kelas menengah yang punya performa luar biasa.

Chipset ini dibuat menggunakan proses produksi 8nm yang canggih, menjadikannya lebih kuat dan efisien. Ia juga dilengkapi dengan CPU Kryo 465 dengan dua core Cortex-A76 berkinerja tinggi hingga 2.3GHz dan enam core Cortex-A55 efisiensi tinggi hingga 1.8GHz.

Dibandingkan dengan generasi sebelumnya, Snapdragon 720G memiliki peningkatan kinerja CPU 10%, peningkatan kinerja GPU 75% dan peningkatan kinerja AIE 120%. Chipset ini ditemani oleh RAM sebesar 8GB dan penyimpanan internal sebesar 128GB.

Saat melakukan review realme 6 Pro, kami mengujinya dengan software benchmark PC Mark. Kami juga melakukan pengujian dengan bermain game PUBG serta Call Of Duty Mobile.

Saat pengujian menggunakan PC Mark, smartphone ini mampu menghasilkan skor 10234. Sebuah hasil yang lebih baik dari Samsung Galaxy S10+ menggunakan chipset SD855 versi PC Mark.

Sementara ketika digunakan untuk bermain game PUBG, realme 6 Pro mampu menyajikan setingan grafis HD dengan frame rate High. Sebuah settingan grafis yang menurut kami belum maksimal, apalagi jika berkaca dari settingan grafis realme C3.

Sementara ketika digunakan untuk bermain Call Of Duty Mobile, smartphone ini mampu mengarungi game dengan lancar, dengan settingan grafis dan frame rate tertinggi tentunya.

Sepanjang permainan baik PUBG maupun CODM, terbukti smartphone ini mampu memberikan pengalaman yang sangat baik. Refresh rate layar 90Hz mampu memberikan tampilan yang halus dan tajam ketika game ini berlangsung.

Meski kami tidak mengujinya lebih dalam, tapi kami cukup merasakan minimnya tingkat delay ketika menyentuh layar smartphone ini.

Fitur & OS

Membahas Fitur & OS, kami tertarik dengan tampilan realme UI yang sangat simpel dan enteng. Sama seperti realme C3, smartphone terbaru realme ini sudah mendukung sistem operasi Android 10 yang dibalut oleh antarmuka baru, realme UI.

Buat kamu yang belum tahu, realme UI dibangun dengan kostumisasi tinggi yang hampir mendkati antarmuka Android murni. Antarmuka ini dirancang berdasarkan kaidah preferensi dan estetika konsumen muda. realme UI menghadirkan tampilan mulus ketika digunakan.

Interface yang mulus ini sangat terbantu dengan layar 90Hz milik realme 6 Pro. Dengan tingkat response time yang rendah, layar smartphone ini makin asik buat ‘digeser-geser’.

Kami cukup penasaran dengan hadirnya realme Lab. Dengan fitur ini, pengguna dapat mencoba versi beta dari beberapa fitur baru di sistem operasi. Hadirnya realme Lab bisa menjadikan kamu layaknya seorang developer loh, karena bisa mencicipi sebuah fitur terbaru yang belum diluncurkan.

Salah satu fitur terbaru dari smartphone ini adalah hadirnya sensor pemindai sidik jari yang berada di bagian kanan smartphone. Hal ini merupakan sesuatu yang baru dari realme yang biasanya meletakan sensor tersebut di bagian belakang ataupun terselip di dalam layar.

Sensor ini sendiri terbukti sangat responsif, kami hanya membutuhkan waktu sekitar 0,38 detik untuk membuka kunci layar. Namun, kami belum mengetahui secara pasti mengenai durabilitas dari sensor ini karena ditempatkan bersama dengan tombol daya.  

Baterai dan Daya Tahan

Review realme 6 Pro masuk ke bagian baterai. Smartphone ini memiliki baterai berkapasitas 4300 mAh dengan pengisian daya cepat 30W yang cukup untuk mengarungi aktivitas kamu dalam sehari.

Untuk menguji performa baterainya, kami menggunakan dua alat uji yakni PCMark dan juga Geekbench 4.

Pada PCMark, smartphone ini mampu bertahan dari pengujian Work 2.0 Battery life hingga 10 jam 55 menit yang menandakan bahwa smartphone ini mampu menemani aktivitasmu hingga seharian.

Sementara untuk Geekbench, realme 6 Pro mampu mendapatkan skor 7638 dan berhasil mengalahkan smartphone premium macam Samsung Galaxy Note 8 dan OnePlus 5.

Kesimpulan

BACA JUGA
Xiaomi Mi CC 10 Bakal Gunakan Chipset Snapdragon 775G

Review realme 6 Pro masuk ke bagian kesimpulan. Selama pengujian, menurut kami smartphone ini memiliki beberapa kelebihan dan kekurangannya sendiri.

(+)kelebihan

Berdasarkan hasil review realme 6 Pro yang kami lakukan, smartphone ini memiliki beberapa keunggulan dari segi desain, performa, baterai dan kualitas kamera yang sangat baik. menurut kami realme selalu membawa desain belakang yang segar dan trendi, walau rutin meluncurkan produk baru. Lalu sebagai ponsel pertama dengan Snapdragon 720G dan telah mengujinya, kami merasakan prosesor ini sangat kuat dan tangguh dalam segala skenario pemakaian smartphone sehari-hari. Kemudian dari segi kamera, hadirnya sensor 64MP di kamera smartphone ini benar-benar membantu kami dalam menghasilkan sebuah foto yang bagus.

(-)kekurangan

Masih menggunakan layar IPS menurut kami jadi salah satu kekurangan dari smartphone ini, padahal realme 6 Pro sudah memiliki refresh rate layar yang mencapai 90Hz. Selain itu, ponsel ini juga belum mendukung teknologi NFC yang saat ini fungsinya terasa cukup vital.

Secara keseluruhan smartphone ini punya kualitas yang baik dan siap menjadi penantang serius di kelas mid to high. realme 6 Pro benar-benar memiliki kemampuan diatas ekspektasi kami ketika pertama kali mengujinya.

BACA JUGA
HP 5G ZTE Segera Hadir di China, Indonesia?

Related posts:

Tags

Arie

Humoris, Humanis dan Fantastis

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close