Tips

Asah Kemampuan Fotografi Smartphone Ketika Terjebak Dalam Rumah

 

Techdaily.id  –  Jika Anda hobi mengabadikan gambar tapi terhambat karena batasan ruang gerak, akibat masifnya sebaran coronavirus, jangan berpikir tidak ada kesempatan untuk mengasah kemampuan fotografi yang kamu miliki. Karena ada banyak cara sebenarnya untuk mempertajam skill fotografi kreatif kamu di rumah dengan mengandalkan kamera ponsel, terlepas dari secanggih apa kamera smartphone yang kamu miliki. Simak berikut ulasanya:

Foto Kreatif

Ada banyak ide fotografi kreatif, salah satunya dan cukup menarik ialah memadukan berbagai gambar dalam satu hasil jeptetan. Bisa dilihat dari contoh gambar yang kita ulas di sini, obejeknya memang sama tapi bisa kamu lihat banyak sekali objek foto yang bergerak seolah mengambarkan kesehatian kamu dalam sebuah ruangan. Caranya sangat mudah, pertama ponsel pintar harus berada di satu titik frame, agar tidak goyang direkomendasikan menggunakan tripod.

Lalu langkah ke dua, seting suasana yang kamu inginkan dan bisa dipadupadankan dengan aksesoris lensa yang dimiliki. Atau seting kamera ponsel agar memiliki hasil yang maksimal. Kemudian selanjutnya buat pengaturan timer foto di 10 detik, atau bisa menggunakan remote Bluetooth.

BACA JUGA
Ini Spesifikasi Lengkap Redmi 9, Smartphone Terjangkau Redmi

Nah, ini yang terpenting ketika memasuki masa pemotretan, pastikan posisi  kamu berpindah-pindah, kemudian tetapkan posisi terbaik agar objek foto tidak bertabrakan. Langkah terakhir padukan gambar dalam Photoshop dengan melapisinya di atas satu sama lain dan menghapus area yang tidak diinginkan.

Eksplorasi Objek

Dalam sebuah rumah, pasti ada saja potensi yang mungkin cakep untuk di foto. Dan sayangnya kebanyakan kurang terekspos, padahal tinggal di seting dikit suasanya malah tak kalah instagramable, seperti pemandangan di luar ruangan.

Ketika Work From Home, sepertinya kesempatan ini sangat baik dimanfaatkan untuk mencari tahu lebih dekat lokasi foto dalam rumah, dan ketika menemukan coba diberi dekorasi sedikit untuk mempermanis suasana.

Point penting dari eksporasi objek foto dalam rumah ialah pencahayaan. Cahaya alami yang masuk dari jendela merupakan kunci dari kualitas hasil jeperetan, atau bisa juga mengandalkan pencahayaan buatan, seperti lampu LED misalnya. Kemudian tinggal seting lokasi, sekedar informasi sumber pencahayaan dapat meningkatkan sisi artistik foto dalam ruangan.

BACA JUGA
Resmi Meluncur, Ini Harga iPhone SE 2

Buat Video Pendek

Keseruan dari kamera ponsel itu mudah dibawa, dan tak ribet ketika harus mengabadikan gambar maupun video. Selain foto, membuat cerita dalam bentuk video pendek juga sangat disarankan.

Tidak susah, yang dibutuhkan sebenarnya ialah ide cerita yang ada sekitar rumah. Bisa itu momen lucu kucing peliharaan Anda, membuat makanan, minuman atau tingkah usil kamu mungkin? Tinggal seting alur cerita dan membaginya ke beberapa adegan, sisanya biar kreatifitas kamu yang berkerja kita merekam adegan-demi agegan.

Editing

Ini merupakan bagian terpenting, dan ujung dari asah kemampuan fotografi  yang kamu miliki. Tapi tenang, semua editing kini bisa diproses hanya melalui sebuah smartphone, apalagi banyak aplikasi keren bebas unduh, kalau perlu kamu bisa memberli versi VIP-nya untuk mendapatkan semua fitur premium. Untuk tutorial pengeditan gambar atau video bisa disaksikan langsung di platfrom sosial media, atau belajar dalam aplikasinya itu sendiri umumnya memang banyak yang menyajikan karya fotografi dari konsumenya. /IM

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close