Rekomendasi

5 Manfaat USB Type C di Smartphone yang Tidak Semua Orang Tahu

Techdaily.idSaat ini banyak smartphone yang telah membenamkan port USB Type C pada body mereka. Meski begitu, rupanya tidak semua pengguna mengetahui manfaat USB Type C pada smartphone mereka.

Manfaat USB Type C yang biasanya diketahui oleh pengguna adalah membantu smartphone dalam mengisi daya baterai lebih cepat dari versi micro USB. Padahal, tidak hanya itu saja loh. 

Nah, buat Kamu yang penasaran dengan manfaat USB Type C lainnya. Kamu tidak salah mengunjungi laman ini karena tim Techdaily.id telah mengumpulkan kelebihan dari USB terbaru ini pada smartphone Kamu. 

Kecepatan Transfer Data

Manfaat USB Type C yang pertama adalah kemampuannya dalam mempercepat proses transfer data dari dan menuju ponsel pintar Kamu. 

Pada jenis USB sebelumnya, hanya memiliki 4 pin dalam serangkaian port nya, namun untuk USB Type C memiliki 24 pin yang mengartikan bahwa  seri terbaru ini menyediakan lebih banyak kekuatan dan mampu memberikan kecepatan transfer data yang lebih tinggi. 

Jika dibandingkan dengan Micro USB, kecepatan transfer data dari Type C berkali-kali lipat lebih cepat. Micro USB memiliki kecepatan transfer data hingga 480 Megabit per detik sementara Type C mampu mentransfer data dengan kecepatan hingga 10 Gigabit per detik.

BACA JUGA
Samsung Umumkan Galaxy S10 Lite & Note 10 Lite

Mempercepat Proses Pengisian Daya

Manfaat USB Type C selanjutnya adalah kecepatan dalam transfer daya. Seperti yang sempat disinggung di atas, Type C memiliki keunggulan dalam proses pengisian daya smartphone.

Hal tersebut dikarenakan USB Type C mampu mendukung tegangan hingga mencapai 20V / 5A power sedangkan Micro USB hanya mampu mendukung 5V / 2A power saja.

Hal ini juga yang menjadikan alasan mengapa smartphone dengan USB Type C biasanya memiliki fitur pengisian daya cepat yang tentu saja akan membantu pengguna dalam mempercepat proses pengisian daya ponsel mereka. 

Reversible

Pernahkah Kamu mengalami ‘salah colok’ ketika mengisi daya smartphone dengan Micro USB? Jika pernah, maka hal tersebut tidak perlu dikhawatirkan ketika menggunakan USB Type C. 

Pasalnya salah satu manfaat dari USB Type C adalah reversible atau bahasa awamnya mampu dibolak balik. 

Kemampuan ini tentu memudahkan pengguna yang seringkali salah dalam menghubungkan port USB dengan kabelnya ketika mengisi daya maupun mentransfer data. Kemampuan ini dikarenakan USB Type C memiliki pin yang identik di kedua sisinya.  

Proses Transfer Data Lebih Simpel

Manfaat USB Type C lainnya adalah dari kemudahan ketika proses transfer data dari ponsel ke perangkat lainnya. Sebagai contoh, generasi selanjutnya dari HDMI sangat kompatibel dengan USB Type C, yang mengartikan bahwa pengguna tidak memerlukan lagi alat tambahan atau dongle terpisah untuk mengirim data audio visual dengan kualitas tinggi. 

Tidak hanya itu, saat ini juga terdapat banyak perangkat laptop yang sudah dilengkapi dengan port USB Type C sehingga jadi lebih simpel kan kalau mau transfer data dari ponsel ke smartphone. 

BACA JUGA
Meluncur Tahun Depan, Yuk Intip Spesifikasi Pocophone F2

Banyak Dukungan Perangkat

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, saat ini banyak perangkat yang sudah mendukung USB Type C. Hal tersebut memudahkan pengguna yang memiliki ponsel dengan port USB ini untuk menunjang aktivitas harian mereka. 

Beberapa perangkat yang mendukung USB ini adalah laptop, monitor, Smart TV hingga headset atau earphone gaming. 

Hadirnya ekosistem yang memadai ini juga sekaligus menjadikan USB Type C bukanlah barang ekslusif yang cenderung mahal. Jadi jika kabel charger USB Type C Kamu rusak, Kamu bisa segera menggantinya dengan merk OEM yang punya harga cukup terjangkau. 

Tags

Arie

Humoris, Humanis dan Fantastis

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close