Regulatory

Menkominfo : Lonjakan Trafik Selama WFH Masih Terkendali

Techdaily.idKoneksi internet saat ini menjadi sebuah hal yang sangat diperlukan oleh masyarakat Indonesia. Terlebih, saat ini pemerintah menerapkan sistem Work From Home (WFH). Lonjakan trafik selama WFH dirasakan oleh seluruh operator seluler di Indonesia. Oleh sebab itu, pemerintah terus menjaga kapasitas bandwidth untuk mengantisipasi lonjakan yang lebih tinggi lagi.

Pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) bersama operator seluler terus memastikan kapasitas bandwidth tetap terjaga dan tidak over limit. Sejauh ini Kominfo mencatat belum ada peningkatan lalu lintas yang signifikan.

BACA JUGA
Smartphone USB Type C Termurah, Mulai Sejutaan!

“Hingga saat ini bandwidth kita belum ada kenaikan yang terlalu luar biasa, masih di dalam kendali dan kapasitas broadband yang tersedia,” kata Menkominfo Johnny G. Plate dalam jumpa pers di Gedung Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Jakarta, Rabu (8/4).

BACA JUGA
Kominfo Siap Dukung Pemerintah untuk Penanganan Virus Corona

Menurut hasil monitor Kominfo, kenaikan trafik data dan voice masih berada di kisaran 5-10 persen. Menkominfo mengatakan peningkatan trafik ini juga masih berada di bawah lonjakan saat hari besar.

Meski saat ini ketersediaan bandwidth masih cukup, Kominfo dan operator seluler tidak ingin berdiam diri. Kedua pemangku kepentingan ini sedang bekerja keras untuk mengantisipasi kenaikan trafik besar saat ramadan dan Hari Raya Idul Fitri.

“Kemungkinan kenaikan trafik 30-40 persen. Sejauh itu kapasitas broadband Indonesia masih cukup. hingga saat ini belum ada permintaan tambahan terkait broadband,” ujarnya.

Tags

Arie

Humoris, Humanis dan Fantastis

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close