News Gadget

Astronot Berhasil Deteksi Ledakan Bintang Terkuat

Techdaily.id – Kematian Bintang masif ditunjukkan dengan ledakan spektakuler yang dapat mempengaruhi seluruh galaksi. Terkait hal tersebut, para astronom telah mengidentifikasi ledakan bintang terkuat supernova. Ledakan yang dinamai SN2016aps diamati oleh PanSTARRS Survey for Transients pada 22 Februari 2016 di sebuah galaksi sejauh 4,5 miliar tahun cahaya dari Bumi.

Para astronom bahkan telah menentukan SN2016aps 500 kali lebih terang dibanding ledakan supernova pada umumnya. Selain itu, SN2016aps 500 juga merupakan supernova paling terang, paling energik, dan bahkan mungkin paling masif yang pernah dilihat, sehingga mendorongnya ke dalam kategori hypernova.

BACA JUGA
Peduli Korban Banjir, Acer Hadirkan "Program Free Service", Punya Laptop Acer Jadi Tenang

“SN2016aps spektakuler dalam beberapa hal. Tidak hanya lebih terang dibandingkan supernova lain yang pernah kita lihat, tapi memiliki beberapa sifat dan fitur yang membuatnya jarang dari ledakan bintang lainnya di semesta,” kata astronom Edo Berger dari Universitas Harvard yang dikutip dari Science Alert, (15/4).

Meskipun ledakan bintang terkuat ini terjadi pada Januari 2016, pengamatan SN2016aps tidak terbatas pada jangka waktu tersebut. Setelah supernova terlihat dalam data PanSTARRS, para astronom mengawasi dengan seksama bagaimana objek tersebut meredup seiring waktu.

BACA JUGA
5 Smartphone Dengan Fitur Fast Charging

Energi kinetik total SN2016aps sekitar 5x1052erg, setara dengan hypernova SN1998bw 1998. Tapi, puncak luminositas SN2016aps 4,3x1044erg, lebih dari 40 kali lebih terang dari SN1998bw.

“Output energi intens dari supernova ini menunjukkan nenek moyang bintang yang masif. Saat lahir, bintang ini setidaknya 100 kali massa Matahari kita,” ujarnya.

Meski begitu, tidak mungkin bintang ini bisa menghasilkan ledakan kolosal sendiri. Bahkan, ada sesuatu yang aneh mengenai ini seperti pengamatan spektroskopi supernova yang terungkap.

“Kami menentukan pada tahun-tahun terakhir sebelum meledak, bintang itu melepas sejumlah besar gas saat pulsated dengan hebat. Tabrakan puing-puing ledakan dengan cangkang besar ini menyebabkan kecerahan supernova luar biasa. Ini pada dasarnya menambah bahan bakar ke api,” kata astronom Matt Nicholl dari University of Birmingham.

Tags

Arie

Humoris, Humanis dan Fantastis

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close