RekomendasiSmartphone

Review Galaxy S20 Ultra, Smartphone Kece Performa Gahar

Techdaily.id – Samsung telah mengeluarkan smartphone flagship baru tahun ini, yakni Galaxy S20 Ultra. Smartphone yang satu ini membawa sejumlah perubahan di dalamnya. Review Samsung Galaxy S20 Ultra bahkan sempat menjadi trending topik di mesin pencari Google yang menandakan bahwa banyak orang yang penasaran dengan ponsel flagship ini. 

Galaxy S20 Ultra diluncurkan beberapa waktu oleh Samsung bersama dengan seri lainnya, Galaxy S20 dan Galaxy S20 Plus. Nah, TechDaily.id beruntung bisa menjajal perangkay tersebut. Berikut review Galaxy S20.

Desain

Review Galaxy S20 Ultra diawali dari desain. Desain Galaxy S20 Ultra berbeda generasi sebelumnya, S10 Plus. Perubahan desain yang paling menonjol terlihat di rumah kamera dan punch hole layarnya. 

Galaxy S20 Ultra mempunyai punch hole di tengah atas layar. Punch hole juga lebih kecil dibanding Galaxy S10 Plus dan berbentuk bulat. 

Rumah kamera Galaxy S20 Ultra juga berubah. Rumah kamera di Galaxy S20 Ultra berada di dalam kotak yang terletak di sudut kiri atas ponsel. Sensor tidak lagi berada di bagian tengah ponsel. 

Rumah kamera di Galaxy S20 Ultra juga agak menonjol di bagian belakang. Di bagian sisi kanan terdapat home dan volume. 

Sedangkan di sisi kiri, Galaxy S20 Ultra tidak terdapat tombol apa pun. Slot microSD terletak di bagian atas. Di bagian bawah terdapat grill speaker dan USB Type-C. 

Layar

 

Review Galaxy S20 Ultra selanjutnya adalah layar. Galaxy S20 Ultra menggunakan panel Dynamic AMOLED 2x berukuran 6.9 inci.

Layar Galaxy S20 Ultra menawarkan tiga opsi resolusi yang bisa kamu ubah sesuai keinginan. Adapun pilihan resolusi tersebut terdiri atas HD+, FHD+, dan WQHD+. 

Di samping itu, layar Galaxy S20 Ultra juga mendukung Always on Display. Di dalam pengaturan kamu bisa mengaturnya agar menampilkan layar, selalu tampilkan, dan tampilkan sesuai jadwal. 

Layar Galaxy S20 Ultra juga menawarkan kemulusan gerak 60Hz dan 120Hz. Semakin tinggi refresh rate yang diterapkan maka semakin mulus. 

Berbekal fitur menarik di dalamya, pengalaman menggunakan layar sangat baik. Layar terasa luas berkat dimensi yang besar dan minim bezel dan warna yang ditawarkan juga tajam.

Samsung menyematkan lubang kecil untuk kamar depan di bagian tengah layar. Namun keberadaannya tidak terlalu mengganggu saat menonton film atau video di smartphone baru Samsung ini. 

Performa

Review Galaxy S20 Ultra selanjutnya adalah bagian performa. Galaxy S20 Ultra versi Indonesia ditopang Exynos 990, di mana chip dibangun fabrikasi 7nm.

Chip Exynos 990 ditemani oleh RAM 16GB dan ROM 128GB. Bila ukuran memori kurang, kamu bisa menambahkannya dengan slot microSD. 

Berbekal dengan chipset dan RAM besar, ponsel ini mampu diajak multitasking. Membuka aplikasi juga tidak terlalu lama saat menggunakan smartphone ini.

Selain itu, saat dijajal bermain game seperti Call of Duty: Mobile, Galaxy S20 Ultra tidak lag dan berjalan mulus. Padahal game diatur dalam grafis dan frame rate tinggi.

Kami tidak hanya menguji kemampuan smartphone dengan bermain game. Kami juga melakukan benchmark dengan PC Mark.

Kamera

Galaxy S20 Ultra ditopang empat kamera di bagian belakang. Kamera tersebut terdiri atas sensor 108MP, periscope 48MP, 12 ultrawide, dan sensor kedalaman 0.3MP.

Kamera belakang Galaxy S20 Ultra sudah mendukung night mode. Jadi, memotret di malam hari hasilnya akan lebih baik. Untuk perekaman video ada opsi UHD, FHD, dan HD.

Untuk selfie, Galaxy S20 Ultra dilengkapi sensor 40MP dengan aperture f/2.2. Kamera depan dilengkapi fitur dual video call dan auto-HDR.

Nah kalau ingin merekam video, Galaxy S20 Ultra bisa mengambil rekaman dalam resolusi UHD, FHD, dan HD. Kamu juga bisa mengatur rona selfie untuk menjadi sejuk, hangat, atau original.

Guna memudahkan selfie, kamu juga bisa mengatur pengambilan gambar lewat tombol volume atau kontrol suara. 

BACA JUGA
Ini Jadwal Smartphone Xiaomi yang Dapatkan Android Q Beta

Kamera Galaxy S20 Ultra mendukung sejumlah fitur menarik yang bisa membantu memaksimalkan hasil fotomu. Adapun fitur itu mencakup Pro, panorama, makanan, fokus live, video fokus live, video Pro, slow motion, dan hyperlapse. 

Ketika kami mencoba kamera Galaxy S20 Ultra, smartphone ini menghasilkan gambar yang tajam dan detail. Warna dari foto ini juga terlihat natural. 

Baterai

 

Review Galaxy S20 Ultra berikutnya adalah baterai. Galaxy S20 Ultra dibekali baterai berkapasitas 5.000 mAh. 

Berbekal baterai 5.000 mAh smartphone ini mampu bertahan lama. Selama pemakaian, kami menggunakannya untuk nonton video on demand tanpa henti dan smartphone ini masih dapat bertahan setelah digunakan 7 jam.

Selain dari penggunaan, kami juga mengujinya menggunakan benchmark PC Mark. Hasil pengujian menunjukkan battery life 14 jam 53 menit. 

Karena Galaxy S20 Ultra punya baterai berkapasitas besar, tentu saja Samsung menyematkan fast charging. Ya, raksasa teknologi asal Korea Selatan ini sudah mendukung fast charging 45W. Kamu hanya perlu mengisi daya hingga penuh selama sekitar 1 jam. 

OS dan Fitur

Review Galaxy S20 Ultra adalah software yang digunakannya. Galaxy S20 Ultra sudah menggunakan One UI versi 2.1 di atas Android 10.

One UI adalah interface khas Samsung. UI ini membawa sejumlah fitur menarik. Desain One UI sendiri terlihat sederhana dan clear. 

Selain itu, One UI Samsung ini memudahkan pengguna mengakses ponsel. Galaxy S20 Ultra juga mempunyai sensor fingerprint di dalam layar.

BACA JUGA
Muncul di Geekbench, Ini Bocoran Redmi K30 Pro

Kesimpulan

Masuk ke bagian akhir dari keseluruhan review Samsung Galaxy S20 Ultra. Menurut kami, smartphone flagship ini memiliki banyak keunggulan di berbagai sisi. Meski begitu, ponsel ini juga tidak luput dari beberapa kekurangan dan berikut daftarnya. 

(+) kelebihan

+ Baterai besar

+ Kamera canggih

+ Layar besar

(-) kekurang

– Cukup Berat

– Bodi tebal

Nah, bagi kalian yang ingin membeli perangkat ini, kalian bisa mengunjungi https://www.samsung.com/id/galaxylaunchpack/ 

Tags

Arie

Humoris, Humanis dan Fantastis

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close