News Gadget

Mengapa Wallpaper Pemandangan Bisa Merusak HP? Ini Jawabannya

Techdaily.idSebuah wallpaper pemandangan yang indah ternyata dapat membuat sebuah smartphone menjadi soft brick ketika si pengguna memasang foto tersebut sebagai wallpaper smartphone miliknya.

BACA JUGA
Jangan Panik! Begini Cara Menemukan HP yang Hilang

Bukan karena ulah sekelompok hacker melainkan terdapat penjelasan yang lebih logis mengapa wallpaper foto tersebut bisa merusak smartphone kamu.

Dilansir dari laman Android Authority (02/6), terdapat dugaan bahwa wallpaper ini mengandung lebih banyak ruang warna yang melampaui apa yang dapat diakomodir oleh Sistem UI Android dan menyebabkan gangguan. 

Davide Bianco, Lead Developer dari POSP Custom Rom Project memaparkan dugaanya mengapa sebuah wallpaper dapat merusak sebuah smartphone.  

BACA JUGA
realme Buds Air Jadi TWS Terlengkap, Sajikan Pengalaman Bebas Kabel dan Desain Trendi

Ia berujar, masalah utama di sini adalah bahwa SystemUI hanya menangani gambar sRGB untuk wallpaper dan tidak memeriksa terhadap wallpaper non-sRGB.  Ini dapat menyebabkan kerusakan tertentu di kelas ImageProcessHelper, karena variabel yang digunakan untuk mengakses array telah melewati batas.

“Variabel ini disebut y, dan ini adalah jumlah dari nilai rgb piksel yang dipindai saat ini.  Pixel ini diperoleh dari pemindaian setiap baris dan kolom dari permukaan gambar abu-abu. Setiap kali kita mendapatkan piksel, kita menetapkan y sebagai jumlah nilai rgb-nya (biasanya maks adalah 255) dan menggunakan variabel tersebut untuk mengakses elemen array histogram (yang ukurannya 256 maks) dan melakukan hal-hal dengan elemen tersebut,”

BACA JUGA
Logitech Perkenalkan Casing Keyboard Untuk IPad

Davide mengatakan, pada foto tersebut Variabel y berjalan di atas 255, dan menghasilkan pengecualian di luar batas (pengecualian apa pun di SysUI diperlakukan sebagai fatal, yang mengarah ke loop tak terbatas karena gambar diproses setiap kali SysUI dimulai).  

Berita buruknya adalah masalah ini sekarang sudah diketahui publik, dan kamu dapat bertaruh bahwa beberapa orang akan menggunakannya untuk kerusakan. Lebih mengkhawatirkan lagi, bug ini tampaknya telah menjadi masalah selama setidaknya beberapa tahun, tanpa tindakan nyata dari Google.

Selain itu, jika kamu menjadi korban lelucon tersebut, setidaknya tidak ada metode yang aman untuk menghentikan bootloop ini. Setidaknya factory reset tetap menjadi pilihan terakhir, tetapi kami masih tidak akan merekomendasikan mencobanya di perangkat Anda sendiri.

Tags

Arie

Humoris, Humanis dan Fantastis

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close