eSport

Sebagus Apa Kualitas Jaringan Telkomsel Untuk Main Game? Ini Jawabannya!

Techdaily.idKita semua mungkin sepakat, kalau Telkomsel merupakan operator seluler yang memiliki kualitas jaringan internet terbaik di Indonesia. Kualitas jaringan Telkomsel ini bahkan sangat mendukung aktivitas WFH kami loh selama pandemi ini. 

BACA JUGA
Pelaku Bom Bunuh Diri di Medan Driver Ojol ? Ini Kata Grab dan Gojek

Tidak hanya untuk bersosial media ataupun browsing di Internet, kualitas jaringan dari operator yang identik dengan warna merah ini juga nyatanya bisa menjadi andalan ketika bermain game online. Ya, seperti kita tahu saat ini aktivitas game online berbasis mobile sangat tinggi di Indonesia. 

Terlebih lagi, saat ini banyak dari kita yang masih menjalankan aktivitas WFH ataupun SFH. Tentunya hal ini memberikan banyak waktu luang bagi kita untuk sekedar mengistirahatkan otak, dengan bermain game online. 

Tren mobile gaming ini juga cukup membuat kami penasaran, berkaca dari hal tersebut akhirnya kami memutuskan untuk menjajal kualitas jaringan Telkomsel untuk mengarungi beberapa game populer yang biasa dimainkan oleh kebanyakan orang di Indonesia. 

Pada kesempatan ini, kami melakukan pengujian di dua game yakni Call of Duty Mobile (CODM) dan Rise of Nowlin. Penasaran dengan pengalaman kami memainkan game ini? Yuk scroll kebawah lagi. 

Pengujian Jaringan Telkomsel

kualitas jaringan Telkomsel

Sebelum memainkan ketiga game diatas, terlebih dahulu kami melakukan pengujian akan kualitas jaringan Telkomsel, dalam hal ini jaringan data. Kami menggunakan benchmark Speedtest yang bisa kamu unduh secara gratis di toko aplikasi. 

Pada pengujian yang dilakukan di kawasan JL. Kapten Tendean, Jakarta Selatan, kami berhasil mendapatkan kualitas jaringan yang cukup fantastis. Hal tersebut bisa dilihat dari hasil pengujian Speedtest. Benchmark ini mencatat, jaringan internet Telkomsel berhasil memberikan kecepatan download hingga 35.9 Mbps sedangkan untuk upload nya sendiri mencapai 7.37 Mbps dengan tingkat ping yang cukup rendah yakni 20ms

Menurut opini kami, dengan kecepatan internet seperti itu rasanya jaringan Telkomsel bisa mengakomodir kebutuhan gaming mobile secara online, bahkan untuk streaming Video on Demand dengan resolusi tinggi pun mampu dilahapnya. 

BACA JUGA
Cara Translate File PDF Inggris - Indonesia, Gak Pake Ribet

Pengalaman Bermain Game

Seperti yang sempat disinggung di atas, kami memainkan tiga game online yakni CODM, dan Rise of Nowlin memanfaatkan jaringan internet dari Telkomsel. Sementara, device atau smartphone yang digunakan untuk bermain game ini adalah perangkat Samsung Galaxy A50s yang cukup handal menjalankan game ini. So, langsung aja yuk

-CODM

kualitas jaringan Telkomsel

Call Of Duty Mobile sendiri merupakan sebuah game tembak menembak layaknya CS:Go yang biasanya kita jumpai di desktop. Game ini membutuhkan kualitas jaringan yang cepat dan stabil agar si pemain mendapatkan pengalaman bermain game yang baik. 

Barometer kualitas jaringan yang baik biasanya ditandai dengan warna hijau pada bagian kanan frame. Jika ping yang didapat selama permainan semakin tinggi, maka warna tadi akan berubah menjadi kuning dan merah. 

Selama permainan kami tidak merasakan adanya lag sedikitpun dan game berjalan dengan mulus. Selain itu, kami juga mendapatkan tingkat ping yang bagus di angka 33ms – 50ms selama game ini berlangsung. Hal tersebut sejatinya cukup berpengaruh pada pengalaman kami bermain game ini, selain karena perangkat smartphone yang juga memadai. 

Rise of Nowlin

Game kedua yang kami mainkan adalah game Rise of Nowlin. Game ini merupakan salah satu game yang berhasil dirilis oleh Dunia Games, layanan Digital Lifestyle milik Telkomsel. 

Game bergenre Open World MMORPG ini merupakan hasil kolaborasi dengan developer mobile game 8 Elements yang juga telah tersedia di beberapa negara seperti Singapura, Malaysia, Filipina, Myanmar, Kamboja, dan Vietnam.

Para gamers juga dapat mengeksplorasi berbagai macam mode permainan mulai dari Story, Quest, Boss Hunt, PvP Arena, hingga Guild Battle. Selain itu, terdapat aktivitas harian yang dapat membantu para gamer untuk meningkatkan kemampuan karakter yang dipilihnya agar menjadi lebih tangguh di setiap levelnya. Keseluruhan gameplay dari game terbaru ini pun dikemas dalam grafis yang memanjakan mata sehingga para pemain akan sangat nyaman ketika bermain.

Hampir sama dengan game sebelumnya. Terdapat sebuah bar signal pada bagian bawah untuk menandakan kualitas jaringan internet yang digunakan ketika memainkan game ini. Semakin besar signal yang terlihat, maka akan semakin bagus pula jaringan internet yang mengalirinya. 

BACA JUGA
Samsung Exynos 1000 Gunakan GPU AMD?

Ketika kami menjajal menggunakan jaringan Telkomsel, kami mendapatkan kualitas jaringan yang baik, tidak patah-patah dan lancar. Hal ini bisa dilihat dari bar signal yang menunjukan tiga bar pada bagian kiri bawah. 

Dari sederet pengujian di atas, kami berkesimpulan kalau kualitas jaringan Telkomsel sangat baik dan sangat direkomendasikan untuk kamu yang ingin push rank guna mengisi waktu senggang. Apalagi Telkomsel memiliki paket khusus gaming yakni Telkomsel GamesMax dengan kuota games sebesar 30GB yang bisa kamu beli dengan harga mulai dari Rp. 25 ribu dan masa aktif 30 hari. 

Tags

Arie

Humoris, Humanis dan Fantastis

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close