Rekomendasi

Bikin Gak Sabar, Ini Fitur Unggulan ColorOS 7.2 di OPPO Reno4

Techdaily.idOPPO Reno4 dipastikan bakal menyapa O Fans di Indonesia pada awal pekan depan. Smartphone terbaru ini bakal diperkuat dengan ColorOS 7.2 dan sekaligus menjadi ponsel pertama yang menggunakan versi terbaru ColorOS tersebut. Fitur unggulan ColorOS 7.2 juga cukup beragam, yang juga dipenuhi dengan sederet pembaruan yang fresh.

BACA JUGA
Dipastikan Meluncur, Yuk Intip Penampakan Desain OPPO Reno4

Jika dibandingkan dengan versi sebelumnya, terdapat penambahan fitur ColorOS 7.2 yang lebih menyesuaikan dengan kepribadian pengguna yang pada akhirnya bertujuan untuk meningkatkan efisiensi sekaligus menambah pengalaman pengguna. 

Nah, buat kamu yang penasaran dengan sederet fitur unggulan ini, yuk simak ulasan berikut. 

AON Smart Sensor

Fitur unggulan colorOS 7.2

OPPO memutuskan untuk menerapkan AI-enhanced smart sensor untuk fitur Smart Spying Prevention, yang dibangun dengan memanfaatkan sensor berdaya rendah dan kombinasi algoritma pengenalan cerdas. Sensor tidak hanya dapat digunakan dalam perlindungan privasi, tetapi juga dapat memperluas fungsi pada fitur Smart AirControl, Smart Rotation, dan Smart Always On. 

Untuk Smart Air Control sendiri memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan perangkat Reno4 tanpa menyentuh layar. Dengan fitur ini, pengguna dapat menggulirkan halaman layar baik ke arah atas dan ke bawah halaman pada beberapa aplikasi populer seperti YouTube, Facebook, Instagram, dan TikTok. Fitur ini juga memungkinkan pengguna untuk menjawab panggilan telepon tanpa menyentuh layar. Jadi, sangat cocok kan pada situasi pandemi seperti saat ini. 

Ada pula fitur Smart Always On Display yang dapat mengidentifikasi wajah pengguna yang terus-menerus mengamati layar perangkat, sehingga layar tidak akan mati. Fitur ini membuat Reno4 lebih cerdas dan memberikan pengalaman penggunaan yang lebih baik.

Pada tingkat perangkat lunak, algoritma pencerahan khusus akan membuat sensor bekerja lebih baik pada cahaya rendah. Bahkan ketika tingkat pencahayaan lebih rendah dari 1 lux, Smart Sensor dengan penyempurnaan kecerdasan buatan dapat berfungsi sangat baik.

Super Power Saving Mode

Fitur unggulan colorOS 7.2

Menurut kami fitur hemat daya pada ColorOS merupakan salah satu yang terbaik saat ini. Hal tersebut tampaknya coba ditingkatkan lagi oleh OPPO dengan menghadirkan fitur Super Power Saving Mode pada ColorOS 7.2 terbaru. 

Fitur ini memanfaatkan pendekatan seluruh sistem (seperti penyesuaian frekuensi CPU dan penyesuaian cahaya latar) dan menyesuaikan penghematan daya untuk masing-masing aplikasi. Terdapat 6baplikasi yang dapat ditampilkan pada layar Beranda dalam Super Power Saving Mode seperti  aplikasi Telepon, Pesan, dan Jam akan disertakan secara default. 

Ketika baterai ponsel pengguna turun menjadi 10% dan 5%, sebuah pesan pop-up akan muncul yang meminta pengguna untuk mengaktifkan mode Super Hemat Daya. Dengan fitur ini, pengguna OPPO Reno4 dapat berkirim pesan WhatsApp selama 1,5 jam dan menelepon lebih dari 1 jam dengan baterai hanya 5%.

Super Night Time Standby

 

Memiliki tujuan yang sama dengan fitur sebelumnya, Super Night Time Standby sendiri dirancang untuk mempelajari kebiasaan tidur pengguna, fitur ini mengoptimalkan masa pakai baterai hanya 2% sepanjang malam, selama sekitar 8 jam.

Quick Return Bubble

Fitur unggulan ColorOS 7.2

Fitur unggulan ColorOS 7.2 yang satu ini sangat cocok dengan para gamers. Pasalnya, fitur ini merupakan gelembung ikon mengambang di layar yang menampilkan informasi dari game yang berjalan pada latar belakang. Misalnya, ketika pengguna menunggu untuk respawn (aksi pemain yang hidup kembali setelah terbunuh) dalam game, mereka dapat beralih ke layar lain sambil masih dapat melihat waktu respawn dalam gelembung. Ketika pengguna ingin melakukan respawn, maka mereka dapat mengetuk gelembung untuk kembali ke permainan. Hingga saat ini, baru beberapa game seperti PUBG, Mobile Legends dan AoV saja yang didukung oleh fitur ini. 

BACA JUGA
Muncul di TEENA, Ini Spesifikasi Samsung Galaxy W20 5G

AI APP Preloading

Fitur unggulan ColorOS 7.2

ColorOS 7.2 memang benar-benar dihadirkan untuk mengerti pengguna. Salah satu fitur unggulan ColorOs 7.2 yakni AI APP Preloading mempertegas hal tersebut. 

Melalui algoritma Al, ColorOS secara cerdas memprediksi aplikasi apa yang akan digunakan oleh pengguna, kemudian menjalankannya secara lebih cepat. 

Simpelnya, fitur ini menganalisa behavior pengguna dalam penggunaan smartphone, khususnya aplikasi. Semisal, pengguna biasa membuka aplikasi WhatsApp tiap jam 8 pagi. Maka pada jam tersebut, aplikasi WhatsApp bisa digulirkan dengan cepat.  Selain itu, Al APP Preloading memiliki konsumsi baterai Nol, pengguna akan mendapatkan ponsel yang lebih cepat tanpa konsumsi baterai tambahan.  

Terdapat pula beberapa fitur lainnya seperti Icon Pull Down Gesture, Gravity Wallpaper dan OPPO Lab pada ColorOS versi terbaru ini. Selain itu, OPPO Reno4 juga merupakan smartphone pertama OPPO yang akan mendapatkan update fitur dari Soloop yang nantinya bakal hadir dengan fitur unggulan seperti sinematik dengan durasi waktu yang lebih panjang. 

Tags

Arie

Humoris, Humanis dan Fantastis

Related Articles

Close
Close