Rekomendasi

Rekomendasi 7 Aplikasi Video Conference Terbaik di Tengah PSBB

Techdaily – Di tengah pandemi Covid-19, masyarakat dihimbau untuk work from home (WFH) dan beraktivitas dari dalam rumah. Pekerja kantoran dan pelajar sekolah secara perlahan harus beradaptasi dengan situasi saat ini dan mengadakan pertemuan via online. Hal inilah yang membuat maraknya penggunaan platform video conference untuk keperluan meeting dan kelas. Berikut ini rekomendasi 7 aplikasi video conference terbaik yang memiliki ragam fitur menarik dan dapat menunjang produktivitas. Simak ulasannya!

BACA JUGA
Rekomendasi 5 Laptop Gaming Murah 10Jutaan
  1. Zoom

Aplikasi video conference terbaik

Aplikasi video conference terbaik yang satu ini memudahkan kamu melakukan panggilan jarak jauh dengan jumlah maksimal 25 orang dalam versi gratisnya. Selain itu, Zoom memiliki fitur share screen yang dapat memperlihatkan layar laptop kamu dan mempermudah kegiatan presentasi. Fitur share screen juga dapat dimanfaatkan untuk menonton film bersama, lho! Tak kalah unik, Zoom memungkinkan kita untuk mengganti background video menggunakan gambar yang bisa disesuaikan sendiri. Aplikasi ini dapat diakses melalui smartphone, PC, hingga tablet.

  1. Skype

Aplikasi video conference terbaik

Aplikasi besutan Microsoft ini memungkinkan 25 orang bertatap muka melalui perangkat PC, smartphone, hingga televise. Skype dapat mendukung panggilan telepon ataupun video jarak jauh serta percakapan berbasis teks individu dan grup. Menariknya lagi, kamu dapat membuat panggilan telepon berbayar ke ponsel atau rumah! Durasi dalam satu kali panggilan yakni selama 4 jam dengan batas maksimal 10 jam per hari. Kamu pun dapat merekam isi meeting selama conference berlangsung untuk mengabadikannya.

  1. Google Hangout

Aplikasi video conference terbaik

Aplikasi video conference terbaik selanjutnya juga dapat menjadi pilihan kamu bila akan menghelat rapat perusahaan dalam skala besar. Meeting dengan Google Hangout memungkinkan 250 orang bertatap muka secara langsung dalam satu panggilan. Tidak hanya itu, Google Hangout juga mendukung fitur video dan share screen yang mempermudah proses belajar mengajar mahasiswa serta kegiatan presentasi pekerja kantoran. Keunggulan lain dari aplikasi ini ialah kemudahannya untuk mengundang orang lain bergabung dalam panggilan. Penyelenggara cukup membagikan meeting code pada orang yang dituju untuk bergabung.

  1. Cisco WebEx

Aplikasi video conference terbaik

Untuk para pekerja remote yang melakukan pekerjaan dari rumah, Cisco WebEx dapat menjadi aplikasi meeting pilihan. Meski jarang terdengar, aplikasi ini kerap kali digunakan oleh perusahaan besar yang termasuk dalam daftar Fortune Global 500, yaitu urutan 500 perusahaan top dunia yang diukur berdasarkan pendapatan tahunan perusahaan. Panggilan dengan Cisco WebEx dapat dilakukan dengan jumlah maksimal peserta video 100 orang. Fitur pada Cisco WebEx juga beragam seperti screen sharing, Google Assistant, papan virtual untuk menggambar, dan memungkinkan kamu untuk merekam percakapan.

  1. Slack

Aplikasi video conference terbaik

Aplikasi ini dapat mempermudah kegiatan video conference dengan percakapan berbasis grup. Slack merupakan aplikasi collaboration club dengan keunggulan utama diskusi atau sub group yang dapat membagi pembahasan tertentu dan saling berbagi file. Panggilan video dengan Slack dapat dilakukan bersama 15 orang dalam satu panggilan. Aplikasi ini tersedia dalam berbagai platform mulai dari Android, iOS, Windows, MacOS, hingga Linux. Kamu dapat pula mengunduhnya secara gratis melalui Google Play Store.

  1. Jitsi

Aplikasi video conference terbaik

Video conference kini dapat dilakukan dengan aman, fleksibel, dan mudah menggunakan aplikasi Jitsi. Kamu bahkan dapat melakukan panggilan kapan saja dan dimana saja tanpa membuat account sebelumnya. Jitsi dapat diakses melalui PC, tablet, Android, hingga iOS, dengan jumlah peserta hingga 75 orang. Fitur aplikasi Jitsi antara lain share screen untuk kegiatan presentasi, mengedit dokumen bersama menggunakan Etherpad, dan bertukar pesan dengan emoji selama video conference. Selain itu, kamu dapat mengundang peserta secara mudah cukup dengan custom URL.

  1. GoToMeeting

Aplikasi video conference terbaik

Seperti namanya, aplikasi ini memang dirancang untuk keperluan meeting secara fleksibel yang dapat diadakan kapan pun dan dimana pun. Kegiatan WFH kini dapat disokong dengan aplikasi GoToMeeting yang dapat di download secara gratis pada perangkat PC ataupun smartphone. GoToMeeting juga memiliki ragam fitur menarik yang dapat dimanfaatkan penggunanya seperti video dan share screen. Aplikasi ini dapat menjadi pilihan bila ingin mengadakan pertemuan selama di rumah.

Nah, itulah rekomendasi 7 aplikasi meeting yang dapat menunjang kegiatan selama di rumah agar tetap produktif. Ragam pilihan aplikasi ini dapat digunakan secara gratis namun bila memutuskan untuk upgrade ke versi berbayar, kamu akan mendapatkan aneka fitur menarik lainnya. (rin)

 

 

 

 

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close