RekomendasiTips

5 Cara Mudah Mengembalikan Foto yang Terhapus di Ponsel

Techdaily.id – Pernahkah kamu secara tidak sengaja menghapus foto-foto berhargamu di galeri ponsel? Nah, sekarang kamu tidak perlu khawatir lagi jika hal tersebut terjadi. Karena, saat ini sudah banyak teknologi canggih yang dapat mengatasi hal itu. Kamu dapat dengan mudah mengembalikan foto yang terhapus di galeri ponsel kamu. Pada artikel kali ini, tim Techdaily.id akan mengulas 5 cara yang bisa dilakukan untuk mengembalikan foto yang terhapus.

Nah, daripada semakin penasaran, yuk simak langsung ulasan berikut ini !

  1. Aplikasi DigDeep Image Recovery

Salah satu aplikasi populer yang dapat mengembalikan foto yang terhapus yaitu DigDeep Image Recovery karena penggunaanya yang sangat mudah. Aplikasi ini khusus untuk mengembalikan file foto saja.

Kamu dapat mengunduhnya di Playstore atau Appstore. Untuk menjalankan aplikasi ini, DigDeep Image Recovery akan langsung memulai proses pindai untuk mencari foto-foto yang terhapus.

Dalam beberapa kasus, proses pemindaian ini akan selesai dalam hitungan detik. Namun kembali lagi, hal tersebut bergantung pada spek perangkat yang digunakan, besaran kapasitas foto yang terhapus, serta jumlah keseluruhan foto yang terhapus.

Nah, jika semua proses pemindaian sudah terselesaikan, kamu bisa membuka folder yang muncul. Lalu klik gambar/foto mana saja yang hendak dikembalikan. Setelah itu, klik recover atau pulihkan, dan foto pun akan kembali pada perangkat HP.

BACA JUGA
Hore, Asus ROG Phone 2 Dipastikan Masuk ke Indonesia
  1. Software Recovery

Berikut ini adalah beberapa software yang cukup populer dan terbukti dapat mengembalikan file, termasuk foto yaitu  FonePaw, Recovery Android, 7 Data Recovery, dan EaseUS MobiSaver for Android.

Cara menggunakan EaseUS MobiSaver relatip mudah. Kamu hanya perlu mengunduh software EaseUS MobiSaver pada perangkat PC/komputer. Kemudian, hubungkan hp dengan perangkat PC. Selanjutnya, aktifkan izin USB debugging. Jalankan aplikasi EaseUS MobiSaver pada perangkat PC. Klik ‘Start’ yang terletak di sebelah kiri nama perangkat tadi.

Setelah melakukan langkah-langah tersebut, perangkat PC akan memindai file apa saja yang bisa dikembalikan dalam satu waktu. Data-data tersebut biasanya akan dimasukkan ke dalam kategori-kategori sebagaimana sebelumnya. Jika sudah, klik ‘recovery’ untuk memulai proses pengembalian foto tersebut.

  1. Aplikasi DiskDigger Photo Recovery

Cara selanjutnya untuk mengembalikan foto yang terhapus di ponsel yaitu menggunakan Aplikasi DiskDigger Photo Recovery. Aplikasi ini ada dua macam, yang gratis dan berbayar. Versi premiumnya dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau yakni sekitar USD 2,99.

Berikut ini cara menggunakan aplikasi DiskDigger Photo Recovery yaitu unduh aplikasi dan langsung jalankan aplikasi tersebut. Pilih partisi memori mana yang kamu ingin gunakan.

Pilih file foto yang hendak dipulihkan, dan pilih formatnya (GIF, PNG, JPG). Setelah itu klik tombol OK untuk memulai proses pencarian terhadap file foto yang terhapus.

  1. Aplikasi Restore Image

Restore Image adalah salah satu aplikasi andalan AlpacaSoft yang cukup terkenal untuk urusan mengembalikan foto yang terhapus. Aplikasi ini sangat mudah digunakan dan tidak memerlukan akses root saat hendak menjalankan fungsinya.

Untuk memulainya, install aplikasi Restore Image dan jalankan, lalu mulai proses scan, kemudian pilih foto yang hendak di pulihkan. Klik recover dan foto akan kembali muncul di galeri ponsel kamu. Namun perlu dicatat, tidak semua foto yang terhapus bisa dipulihkan oleh aplikasi ini. Beberapa diantaranya mungkin tidak lolos proses pemindaian sehingga foto terhapus tersebut tidak dapat dikembalikan.

BACA JUGA
Cara Membuat CV Online Agar 'Dilirik' Perusahaan
  1. Google Photos

Untuk menggunakan Google Photos, sebelumnya kamu harus mengaktifkan fitur “back up and sync”. Kalau kamu sudah menggunakan Google Photos sebagai aplikasi utama untuk galeri pada perangkat ponsel, kamu bisa langsung menuju ke trash atau tempat sampah, lalu pilih foto-foto yang mau dikembalikan.

Klik recovery, dan foto-foto kamu akan kembali. Ketika gambar yang kamu hapus bukan berasal dari Google Photos, atau langsung dari aplikasi yang terpasang secara default dari ponsel, maka kamu perlu mengembalikan gambar dari Google Photos secara individual agar bisa digunakan untuk penggunaan offline.

Nah, demikianlah 5 cara mudah mengembalikan foto yang terhapus di ponsel kamu. Semoga informasi pada artikel ini dapat bermanfaat dan membantu kamu ya! (ran)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close