AnalisisFeature

Smartphone Samsung paling Banyak Digunakan Pengguna Telkomsel Selama Pandemi

Techdaily.id – Pandemi Covid-19 yang melanda seluruh dunia khususnya Indonesia belum menunjukan tanda-tanda berhenti. Fenomena ini juga membatasi pergerakan dan aktivitas sosial masyarakat Indonesia. Untuk mengatasi hal tersebut, kehadiran teknologi seperti perangkat Smartphone Samsung dan layanan internet dari Telkomsel menjadi sebuah ‘senjata’ ampuh untuk tetap produktif di masa pandemi.

BACA JUGA
Nokia 6.1 Plus Sudah Bisa Cicipi Android 10

Berkat hadirnya gadget, layanan telekomunikasi berbasis internet serta aplikasi pendukung inilah masyarakat Indonesia bisa tetap beraktivitas dan berkoordinasi secara virtual dengan rekan kerja dan atasan mereka. Bahkan, Telkomsel pun sempat mencatat bagaimana terjadinya lonjakan trafik internet ketika sebagian besar provinsi di Indonesia sudah menjalankan program Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Adalah Wayudi Chandra Purnama, Division Head of Traffic & Service Delivery Management Telkomsel yang mengungkapkan bahwa sebelum PSBB peningkatan trafik data di layanan mereka tidak sebesar ketika sudah memasuki PSBB.

“Sebelum adanya pandemi, kenaikan trafik internet cukup landai hanya 1.1 persen saja secara rata-rata bulanan, tapi di bulan Maret, sudah mulai terjadi kenaikan trafik yang cukup signifikan yakni 6.5 persen, bulan April kenaikan trafik juga lebih tinggi. Namun pada bulan Juli relatif flat dan bulan Agustus baru meningkat lagi,” uajrnya pada sebuah forum diskusi yang digelar komunitas Forwat (30/9).

smartphone samsung

Lebih lanjut, ia juga menegaskan bahwa fenomena PSBB juga berpengaruh pada perilaku pelanggan mereka. Bahkan, memasuki bulan ke-6 di tahun ini konsumsi internet pelanggan mengalami peningkatan sebesar 22,4 persen.

Akan tetapi, pada bulan tersebut tren trafik internet pada 4 kota besar seperti DKI Jakarta, Surabaya, Bandung dan Bali mengalami penurunan sebesar 6.4 persen meski terjadi peningkatan di kawasan perumahan sebesar 17 persen.

Hal ini tentu cukup wajar mengingat banyak masyarakat yang sudah memutuskan untuk ‘pulang kampung’ lebih awal sebelum hari Raya Idul Fitri dan lebih menggunakan akses internet untuk kebutuhan hiburan dan berselancar di dunia maya.

“Layanan yang banyak digemari oleh pelanggan Telkomsel selama PSBB jika dilihat dari kenaikan yang paling signifikan berasal dari Browsing, E-commerce, games, Communication dan Video,” imbuh Wahyudi.

Smartphone Samsung jadi gadget yang paling digemari

smartphone samsung

 

Tidak hanya perilaku pelanggan saja yang diperhatikan, Wahyudi juga menyebutkan bahwa mayoritas pelanggan mereka berselancar menggunakan layanan internet dari Telkomsel dengan menggunakan lima brand smartphone, di mana Samsung menjadi yang teratas dalam urusan ini.

“Gadget yang digunakan pelanggan Telkomsel untuk mengakses internet selama WFH 80 persennya menggunakan 5 brand smartphone dan yang paling tinggi adalah Samsung, disusul OPPO, Vivo, xiaomi, dan Apple. Sedangkan sisanya menggunakan dongle USB,” ungkap Wahyudi.

Terkait hal ini, Elvira Anggraeni, Product Manager Eklusif Samsung Indonesia menyebutkan terdapat sebuah paket bundling dengan Telkomsel untuk perangkat Samsung Galaxy A01 core yang bisa dipilih oleh pengguna untuk menunjang produktivitas mereka selama pandemi.

“Terdapat paket bundling untuk Samsung A01 dengan Telkomsel. nantinya pengguna akan mendapatkan kuota data senilai 48GB dari Telkomsel jika membeli perangkat ini,” ujar Elvira.

Tidak hanya itu, pada masa peralihan antara PSBB dan kenormalan baru ini Samsung juga menghadirkan perangkat tablet multifungsi yakni Samsung Galaxy Tab S7 Series.

“Disini perangkat terbaru kami yakni Tab S7 dan Tab S7+ bisa menjawab kebutuhan pengguna selama pandemi. Samsung Galaxy Tab S7 series ini diciptakan bukan hanya dengan teknologi canggih tapi juga sesuai dengan kebutuhan pengguna,” tambah Elvira.

Aplikasi penunjang WFH paling sering diakses versi Telkomsel

smartphone samsung

Selain menyoroti tentang perangkat yang digunakan oleh pelanggan saat berada di jaringan Telkomsel, Wahyudi juga menyoroti tentang deretan aplikasi yang seringkali digunakan selama masa PSBB.

“untuk menunjang WFH, yang banyak dipilih pelanggan adalah platform streaming meeting seperti ZOOM, CloudX, Skype, Google Meet dan Microsoft Team.”

Sedangkan aplikasi untuk sekolah online, kebanyakan pengguna mengakses beberapa aplikasi populer seperti Google classroom, ruangguru, ilmupedia dan portal online yang disediakan oleh Kemendikbud.

Untuk paket hiburan, pengguna Telkomsel juga seringkali menghabiskan waktu sengang mereka dengan menggunakan paket gamesMax (83%), MusicMax (23%), Max Stream (14%) dan sisanya paket streaming film Disney+ Hotstars.

Tags

Arie

Humoris, Humanis dan Fantastis

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close