PlanetUncategorized

Lagi, Asteroid Ukuran Jumbo Dekati Bumi Berbahayakah?

Techdaily.id – Asteroid berukuran 120 meter dengan nama RJ3 2020 tengah mendekati bumi. NASA menyebutkan ukuran asteroid ini lebih besar dari Katedral St Paul yang berada di London. Berdasarkan data dari NASA mengungkapkan bahwa asteroid ini bisa terbang dengan kecepatan astronomi 15,5 kilometer per detik atau lebih dari 55.000 kilometer per jam. Lalu asteroid ukuran jumbo mendekati bumi, berbahayakah?

BACA JUGA
Cara Mengganti Background Zoom di PC dan HP

Dengan kecepatan orbitnya itu  RJ3 2020 bisa menyelesaikan orbit bumi dua kali dalam waktu kurang dari satu jam. Bumi mengorbit bumi membutuhkan waktu sekitar 27 hari sehingga bisa dibayangkan seperti apa kecepatan orbit yang dimiliki satelit berukuran 120 meter ini.

Namun begitu asteroid tidak mengancam kehidupan di bumi dan akan melewati lebih dari 15 kali jarak antara bumi dan bulan. Asteroid ini dianggap sebagai NEO oleh NASA karena melewati orbit perjalanan bumi melewati matahari.

Di situsnya NASA menjelaskan bahwa NEO adalah komet dan asteroid yang didorong oleh tarikan gaya gravitasi planet terdekat ke dalam orbit yang memungkinkan mereka memasuki lingkungan bumi. Sebagian besar asteroid ini terdiri dari air es dengan partikel debu yang tertanam.

Komet awalnya terbentuk di sistem planet luar yang dingin sementara asteroid berbatu terbentuk dari tata surya bagian dalam yang lebih hangat antara orbit Mars dan Jupiter. Kepentingan ilmiah tentang komet sebagian besar disebabkan oleh puing-puing sisa yang relatif tidak berubah dari proses pembentukan tata surya sejak sekitar 4,6 miliar tahun yang lalu.

NASA menjelaskan bahwa asteroid ini merupakan potongan-potongan sisa dari aglomerasi awal planet di dalamnya yang mencakup Merkurius, Venus, Bumi dan Mars. Hal tersebut sama halnya dengan pembentukan planet luar yaitu Yupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus yang terbentuk dari aglomerasi miliaran komet dan sisa potongan-potongan dari proses pembentukan yang menjadi komet yang kita lihat sekarang.

Selama ini sebagian besar materi pembentukan komet jatuh ke pusat awan dan membentuk matahari sedangkan beberapa kondensasi debu menjadi planet dan benda-benda di asteroid tidak pernah memiliki kesempatan untuk dimasukkan ke dalam planet. Asteroid ukuran jumbo yang dekati bumi apakah berbahaya? (ira)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close