ReviewSmartphone
Trending

Review realme C17, Storage Luas Download Puas

Techdaily.ID Akhirnya, smartphone menengah terbaru realme C17 resmi mendarat di Indonesia dengan harga Rp 2 jutaan. Sebelumnya, smartphone berlabel Memori Cadas, Layar Super ini lebih dulu meluncur di Bangladesh pada September 2020 lalu. Review realme C17 pun menjadi topik pembahasan yang sangat menarik untuk diperbincangkan.

realme C17 ini mengusung sejumlah fitur andalan seperti layar 6,5-inci 90Hz Ultra Smooth Display, storage 6GB+256GB, 5000mAh Massive Battery dipadukan Quick Charge berdaya 18W, 13MP AI Quad Camera, chipset Qualcomm Snapdragon 460 8-core 64bit, varian warna baru, sensor sidik jari, face unlock dan 3-Slot Kartu. Dibandingkan seri C lainnya, realme C17 hadir dengan konfigurasi memori paling besar di kelasnya.

Khusus untuk pasar Indonesia, realme C17 hadir dalam kapasitas penyimpanan besar dengan RAM 6GB dan memori internal 256GB. Mengingat realme C17 versi Bangladesh sendiri hadir dengan kapasitas memori internal lebih kecil dibandingkan versi Indonesia yakni 128GB. Sementara kapasitas RAM keduanya sama yaitu 6GB.

Tak hanya itu, di rentang harga Rp 2 jutaan, realme C17 menawarkan layar Ultra Smooth Display berukuran 6,5 inci dengan refresh rate layar 90Hz. Mengingat sejauh ini, realme C series selalu menawarkan fitur dan teknologi layar andal. Dengan begitu, realme C17 siap menjadi pilihan smartphone terbaik di pasar Indonesia dengan penyimpanan besar RAM 6GB dan memori internal 256GB serta layar dengan refresh rate layar 90Hz Ultra Smooth Display di kisaran harga Rp 2 jutaan.

Ponsel berjuluk Memori Cadas, Layar Super ini tersaji dalam dua varian warna yakni Navy Blue dan Lake Green. Kali ini Redaksi Techdaily me-review realme C17 varian warna Navy Blue. Kira-kira seperti apa ya review realme C17 ? Yuk langsung saja kita bahas.

Hardware dan Performa

Lain dari yang lain, kali ini kami bahas dapur pacu dahulu. Dapur pacunya, ponsel berjuluk Memori Cadas, Layar Super ini diperkuat chipset Qualcomm Snapdragon 460 dengan CPU Kryo 240, prosesor 8-core 64bit dan GPU Adreno 610. Chipset ini dibuat dengan menggunakan proses fabrikasi 11nm, sehingga menyuguhkan performa optimal dan efisiensi daya.

Seperti tadi disebutkan di atas, realme C17 hadir dengan kapasitas penyimpanan besar dengan RAM 6GB dipadukan memori internal 256GB khusus di Indonesia. RAM yang digunakan berjenis LPDDR4x dan storage UFS 2.1 sehingga tak hanya memberikan ruang penyimpanan yang lebih lega, namun mampu bisa mempercepat performa ponsel dalam melakukan beragam aktivitas.

Sebagai tambahan penyimpanan, disertakan pula slot MicroSD yang dapat diperluas hingga 256GB. Dengan kapasitas penyimpanan yang cukup besar, kamu bisa menyimpan banyak file dan menjalankan berbagai aplikasi yang berat sekalipun seperti game berjenis AAA.

Melalui penyimpanan besar dengan RAM 6GB dengan memori internal 256GB, realme C17 siap bersaing di pasar smartphone Indonesia di kisaran harga Rp 2 jutaan. Dengan begitu, realme C17 cocok dinobatkan menjadi Best Choice Smartphone dalam rentang harga 2 jutaan dengan 6GB+256GB.

Guna membuktikan performa dari realme C17, kami melakukan sejumlah tes seperti tes Benchmark, bermain game, menonton video dan mendengarkan musik. Aplikasi Benchmark yang kami gunakan dalam pengujian kali ini adalah AnTuTu Benchmark, PC Mark, 3D Mark dan Geekbench 4. Setelah melewati serangkaian tes Benchmark, ponsel berjuluk Memori Cadas, Layar Super ini sanggup melewatinya dengan lancar tanpa kendala berarti.

realme C17 lancar jaya saat melakukan tes AnTuTu dengan torehan skor 149.094 dan menduduki peringkat ke 96. Begitupun dengan tes Work 2.0 performance PC Mark yang berjalan mulus di ponsel ini dengan nilai 5.788.

Selanjutnya, realme C17 berhasil mendapatkan poin 1.394 untuk tes 3D Mark. Tes benchmark terakhir menggunakan Geekbench 4.0 berakhir dengan baik di ponsel ini dengan skor 1.267 untuk Single-Core dan 4.911 untuk Multi-Core.

Kami mencoba bermain game berjenis AAA dengan grafis mengagumkan seperti Call of Duty: Mobile, PUBG Mobile, Fist of the North Star Legends Revive, Marvel Super War dan Kamen Rider: City Wars. Kelima game tersebut sanggup dilibas habis oleh ponsel ini.

Game Call of Duty: Mobile sanggup menjalankan settingan grafis tertinggi dengan graphic quality: Very High dan frame rate: Very High. Settingan grafis tertinggi tersebut pastinya menyuguhkan grafis dan visual yang lebih tajam dan detail. Tidak ada lag sedikit pun ketika bermain Call of Duty Mobile menggunakan settingan tertinggi tersebut.

Sama halnya dengan game Marvel Super War yang sanggup menjalankan settingan grafis tertinggi dengan Battle Graphics: Very High dan System Graphics: Very High serta High Definition Mode: High di ponsel ini. Hasilnya pun cukup memuaskan dan lancar. Berikutnya game Fist of the North Star Legends Revive yang juga berjalan mulus di ponsel ini dengan settingan grafis tertinggi yakni High di level 5.

Sayangnya, ponsel ini hanya bisa menjalankan settingan grafis Balanced dan frame rate Medium untuk game PUBG Mobile. Meski begitu, realme C17 sanggup menjalani settingan grafis dengan baik.

Sementara untuk game terakhir yang kami mainkan yakni Kamen Rider: City Wars tidak memiliki settingan grafis, namun grafis yang disuguhkan cukup tajam dan detail. Hasilnya pun berjalan mulus di ponsel berjuluk Memori Cadas, Layar Super ini.

Kemampuan optimal pada realme C17 ini pun ditunjang fitur yang tak pernah absen dari semua ponsel realme yakni Game Space. Fitur Game Space terbaru pada realme C17 ini mampu memaksimalkan performa, menstabilkan jaringan dan menghemat daya baterai.

Apalagi game yang kami mainkan, kebanyakan adalah game online yang membutuhkan koneksi internet stabil. Tentunya fitur Game Space ini sangat penting dalam bermain game. Selama kami bermain game dalam waktu kurang lebih dua jam, suhu ponsel masih tetap stabil, tidak begitu panas.

Selanjutnya kami juga menguji audio ponsel ini dengan bermain game, mendengarkan musik dan menonton video. Ketika bermain game suara yang keluar begitu menggelegar. Apalagi saat adegan baku tembak ketika bermain game PUBG Mobile dan Call of Duty: Mobile suara senjata terdengar sangat kencang.

BACA JUGA
Ramah Kantong, Realme C17 Usung Baterai Jumbo Untuk Segmen Entry-Level

Saat menonton video atau film pun suara yang terdengar begitu bulat dan tajam. Selanjutnya saat mendengarkan musik, bas sangat terasa dan lebih stereo.

Kualitas audio terbaik tersebut juga didukung fitur Real Sound Technology. Kamu bisa menggunakan fitur Real Sound Technology tersebut di menu Settings > Sound & Vibration > Real Sound Technology.

Di menu tersebut kamu bisa memilih beberapa mode seperti Smart, Movie, Game dan Music. Kamu bisa memilih menu tersebut sesuai dengan kebutuhan kamu saat menonton video, bermain game dan mendengarkan musik.

Sesuai namanya, mode Movie menghasilkan suara seperti menonton film di Bioskop. Mode Game memberikan suara yang lebih nyata serasa berada di arena game sungguhan. Berikutnya mode Music menghasilkan komposisi audio yang pas antara vokal dan instrumen musik.

Khususnya ketika mendengarkan musik dengan menggunakan earphone, kamu bisa mengatur sendiri equalizer musik melalui mode Music. Equalizer ini hanya bisa diaktifkan jika kamu mendengarkan musik melalui mode Music jika menggunakan earphone saja.

Daya Tahan

Hal kedua yang kami ulas adalah soal daya tahan. realme C17 ditenagai baterai 5000mAh Massive Battery dikombinasikan fitur Quick Charge berdaya 18W. Ponsel ini juga didukung fitur Super Power Saving Mode, App Quick Freeze dan Screen Battery Optimization yang dapat menghemat daya baterai.

Super Power Saving Mode ini mengusung mode App Quick Freeze dan Screen Battery Optimization yang membuat daya baterai semakin irit. Fitur tersebut bisa kamu aktifkan di menu Settings > Battery > Power Saving Mode.

App Quick Freeze dapat membekukan aplikasi yang jarang digunakan untuk mengurangi penggunaan daya pada aplikasi yang berjalan di latar belakang. Melalui mode ini, kamu dapat memilih aplikasi mana yang ingin dibekukan. Kamu bisa mengaktifkan fitur App Quick Freeze di menu Settings > Battery > App Quick Freeze. Kemudian pilih aplikasi yang akan kamu bekukan untuk menghemat daya.

Sementara Screen Battery Optimization bisa menurunkan beberapa efek tampilan tanpa pemberitahuan untuk meningkatkan daya tahan baterai. Untuk menggunakannya, kamu bisa akses menu Settings > Battery > Screen Battery Optimization. Selanjutnya ada beberapa opsi yang dapat kamu pilih seperti Balanced Mode, Super Power Saving Mode dan Off.

Disamping itu, kamu juga bisa mengaktifkan sleep standby optimization untuk menghemat daya saat tidur. Jika mau lebih irit lagi, kamu bisa mengaktifkan Super Power Saving Mode yang akan mengurangi tingkat kecerahan layar, mempersingkat waktu layar mati selama 15 detik dan menonaktifkan sinkronisasi di  background layar. Untuk mengaktifkannya, kamu perlu kunjungi menu menu Settings > Battery > Screen Battery Optimization > Super Power Saving Mode.

Untuk membuktikan daya tahan baterai realme C17, kami melakukan sejumlah tes seperti uji Benchmark, bermain game, menonton video, mendengarkan musik, sosial media, email dan aktivitas harian lainnya. Kami melakukan tes baterai Benchmark menggunakan aplikasi PC Mark dan Geekbench 4. Setelah melewati tes Work 2.0 Battery Life di PC Mark, realme C17 sanggup bertahan hingga 23 jam 56 menit.

Tes Benchmark selanjutnya menggunakan Geekbench 4. Hasilnya, realme C17 meraih poin 10.059 untuk Battery Score Estimate dan skor Medium untuk tes Confidence.

Pengujian selanjutnya, kami mencoba bermain game non stop selama dua jam menggunakan fitur Super Power Saving Mode, daya baterai hanya berkurang 10%. Ketika digunakan untuk menonton video dan mendengarkan musik di YouTube dan melakukan percakapan via WhatsApp selama hampir 1 jam 30 menit, hanya memakan daya 5% baterai.

Ponsel berslogan Memori Cadas, Layar Super ini mampu memutar video dan musik di YouTube selama 19 jam. Jika digunakan untuk memutar musik terus menerus menggunakan aplikasi pemutar musik online atau bawaan, realme C17 bisa bertahan hingga 83 jam atau sekitar 3 hari lebih.

Selanjutnya, ponsel ini bisa bertahan hingga 24 jam atau seharian penuh jika dipakai untuk mengakses jejaring sosial seperti Instagram dan lainnya. Saat digunakan untuk kegiatan harian seperti mengakses jejaring sosial, email, pesan instan, mengetik dokumen dan lainnya, realme C17 bisa digunakan hampir dua hari. Masa pakai baterai untuk telepon hingga 35 hari.

Berkat dukungan fitur Quick Charge 18W, realme C17 hanya butuh waktu 30 menit untuk mengisi daya hingga 33%. Sedangkan untuk mengisi agar baterai penuh, smartphone ini memakan waktu hingga 1 jam 30 menit.

Layar

Ponsel yang dijuluki Memori Cadas, Layar Super ini dibekali layar 90Hz Ultra Smooth Display dengan panel IPS 6,5 inci dengan resolusi HD+ (1600x720p). Layar ini memiliki aspek rasio 20:9 dan rasio layar-ke-body 90%.

Sesuai namanya, layar 90Hz Ultra Smooth Display ini menyuguhkan kecepatan refresh rate 90Hz dan touch sampling rate 120Hz. Kecepatan refresh rate ini menghasilkan 90 frame per detik.

Layar Ultra Smooth Display ini memiliki kecepatan refresh 50% lebih tinggi jika dibandingkan dengan tampilan 60Hz konvensional. Refresh rate 90Hz tersebut tentunya membuat visual visual lebih smooth dan tajam ketika bermain game dan menonton video serta tes Benchmark.

Apalagi game yang kami uji kali ini menyuguhkan grafis memukau seperti Call of Duty: Mobile, PUBG Mobile, Fist of the North Star Legends Revive, Marvel Super War dan Kamen Rider: City Wars. Layarnya juga cukup responsif ketika bermain semua game tersebut terutama ketika melawan musuh dalam game PUBG Mobile dan Call of Duty: Mobile.

Berukuran 6,5 inci dengan rasio layar 20:9 dan screen-to-body ratio 90%, layar ponsel ini terlihat lebih luas ketika kami menonton video dan bermain game. Bezel layarnya juga cukup tipis. Terlebih lagi, penempatan punch hole camera di sudut kiri layar membuat layar terasa lebih luas dan tidak menggangu kami sama sekali, khususnya ketika gaming.

BACA JUGA
Review realme 7i, Kamera Joss, Performa Powerful

Namun, sebagian orang ada yang merasa terganggu oleh punch hole ketika gaming. Bagi kamu yang merasa terganggu dengan punch hole ketika gaming, kamu bisa menyembunyikan lubang kamera tersebut. Caranya cukup mudah.

Cukup buka menu setting, pilih Display & brightness, lalu pilih Screen Display, kemudian Front camera display by app. Kemudian pilih aplikasi yang kamu ingin gunakan tanpa punch hole. Selanjutnya pilih Hide front camera.

Layar ponsel ini memiliki tingkat kecerahan 600nits. Menariknya, layar ini didukung fitur Eye Protection: yang mampu menyesuaikan suhu warna layar. Dengan menaikkan suhu warna layar untuk mengurangi radiasi cahaya biru layar yang berfungsi untuk mencegah ketegangan mata.

Techviewer juga bisa mengatur fitur Proteksi Mata tersebut di menu setting > Display & brightness > Eye comfort. Selanjutnya kamu bisa atur sendiri suhu warna layar dari sejuk ke hangat di Screen Colour Temperature. Selain itu, kamu juga bisa mengatur layar selalu aktif dan menjadwalkan waktu di menu tersebut.

Layar smartphone yang kerap dipanggil Memori Cadas, Layar Super ini juga sudah dilapisi Corning Gorilla Glass 3 yang mampu melindungi dari goresan.

Desain

Kedua warna baru Navy Blue dan Lake Green ini terinspirasi dari alam. Sesuai namanya, warna Navy Blue ini terinspirasi dari air biru laut yang terlihat jernih hingga terlihat dasar laut yang dalam. Sementara warna Lake Green terinfluence dari air danau yang tenang dan tentram terkena hembusan angin serta memiliki kualitas yang lebih lembut.

Kedua warna ini dibuat dengan konsep desain baru dan teknik yang berbeda. Warna Lake Green dibuat dengan teknologi AG untuk cover body belakang. Sementara khusus warna Navy Blue diberikan tambahan lapisan AG coating untuk memberikan hasil matte.

Balutan warna Navy Blue ini terlihat premium dan elegan. Apalagi jika terkena sinar matahari, realme C17 terlihat lebih berkilau. Ini juga ditunjang cover body belakang berbahan kaca dilapisi Corning Gorilla Glass membuat realme C17 nampak berkilau.

Empat kamera utama (13MP+8MP+2MP+2MP), LED Flash, sensor sidik jari dan logo realme terpatri di body belakang ponsel dengan slogan Memori Cadas, Layar Super ini. Desain modul kamera berbentuk persegi panjang dengan lengkungan di setiap sudut ala realme 7 series, membuat ponsel ini terkesan lebih premium.

Beralih ke bagian depan, terpampang layar seluas 6,5 inci, kamera selfie dengan desain punch hole 8MP dan speaker receiver. Menelisik sisi kanan, dijumpai tombol power dan volume up and down. Sedangkan di sisi kanan terdapat tiga slot kartu yang terdiri dari dua slot SIM Card dan sebuah slot MicroSD Card hingga 256GB.

Pada bagian bawah tersemat port USB Type-C, speaker, jack audio 3,5 mm dan lubang mic. Sementara di bagian atas polos saja tidak ditemui apapun.

Berada di segmen entry-level, realme C17 hadir dengan kapasitas baterai lebih besar, namun memiliki body yang cukup tipis dan ringan. Mengingat sejauh ini, ponsel dengan baterai berkapasitas besar di pasaran hadir dengan body yang cukup berat dan tebal.

Ketika kami genggam pun ponsel bertajuk Memori Cadas, Layar Super ini cukup ringan dan tipis. Bobotnya hanya 188g sudah termasuk baterai dan ketebalannya 8,5mm. Jika dibandingkan dengan realme C series generasi terakhir dengan bobot 200g (include baterai) dan ketebalan 9mm, pastinya realme C17 lebih ringan dan tipis.

Sementara panjang dan lebarnya 164,1mm dan 75,5mm. realme C17 mengusung desain kedap air dengan dilapisi pelindung silikon yang dapat melindungi semua port atau lubang pada body dari percikan air.

Kamera

Untuk kebutuhan foto dan video, realme C17 disematkan empat kamera belakang dengan lensa utama 13MP (f/2.2), lensa ultra wide-angle 8MP (f/2.2), lensa portrait B&W 2MP (f/2.4) dan lensa makro 2MP (f/2.4). Tampilan kamera realme C17 cukup simpel. Terdapat mode Photo, 1x zoom, 2x zoom, 5x zoom, HDR, Chroma Boost, Ultra Wide, Beauty, Night, Portrait, Ultra Macro, Pro, Pano dan beragam filter menarik yang dapat kamu pilih untuk mengambil foto.

Smartphone dengan 13MP AI Quad Camera ini disokong teknologi AI yang dapat menyesuaikan segala kondisi pencahayaan, mengenali objek dan lainnya. realme C17 memiliki lensa utama beresolusi 13MP dengan aperture besar f/2.2. Lensa utama ini didukung PDAF yang menangkap objek foto dengan fokus lebih cepat dan tepat.

Saat kami mencoba lensa utama ini menggunakan mode Photo, nyaris tidak ada delay saat membidik objek foto. Foto yang dihasilkan mode Photo terlihat detail dan tajam.

Apalagi jika dikombinasikan dengan mode Chroma Boost yang terdapat pada mode Photo, hasil foto memiliki komposisi warna yang seimbang dan jadi lebih hidup. Mengingat mode Chroma Boost sendiri dapat meningkatkan saturasi warna objek foto.

Ketika kami mencoba foto low light menggunakan mode Photo, hasilnya cukup baik. Namun, jika kamu merasa tidak puas dengan hasil foto low light menggunakan mode Photo, kamu bisa menggunakan mode Night.

Tentunya hasil foto mode Night jauh lebih tajam dan detail. Ini berkat algoritma mode Nightscape baru yang mengambil beberapa foto dalam pencahayaan berbeda. Kemudian foto tersebut digabungkan dalam sekali bidik dengan mengambil bagian terbaik di setiap foto.

Jika kamu ingin memaksimalkan foto low light, kamu bisa mengandalkan fitur Nightscape baru ala realme 7 series. Tak hanya itu, kamu juga bisa memperindah foto low light dengan filter malam andalan yakni Cyberpunk, Flamingo dan Modern Gold di mode Night. Dengan filter tersebut hasil foto low light lebih berwarna.

Saat kami mencoba mode 1x zoom, 2x zoom dan 5x zoom di mode Photo, foto yang dihasilkan masih terlihat detail meski jarak objek fotonya jauh. Selanjutnya saat kami mencoba lensa Ultra-Wide menggunakan mode Ultra-Wide, kamera ini mampu menangkap objek foto lebih luas hingga 119 derajat.

BACA JUGA
Ramah Kantong, Realme C17 Usung Baterai Jumbo Untuk Segmen Entry-Level

Lanjut mencoba lensa berikutnya, yakni lensa Ultra Makro 2MP yang dapat membidik objek dengan ukuran kecil dan jarak dekat sekalipun. Setelah kami membidik objek foto dengan jarak dekat 4cm, hasil fotonya masih cukup detail dan tajam.

Berikutnya lensa B&W Portrait 2MP didukung sistem filter warna baru yang memungkinkan lensa ini mendeteksi rangkaian cahaya yang lebih luas, membantu lensa utama menangkap cahaya dengan lebih baik, meningkatkan kontras gambar, membuat gambar bergaya retro, dan menambahkan tekstur pada potret. Setelah kami mencoba lensa B&W Portrait melalui mode Portrait, efek boleh yang dihasilkan cukup natural, meski tidak ada pengaturan efek level bokeh. Lensa B&W Portrait bekerja optimal memisahkan objek dengan background foto.

Beralih ke kamera depan, realme C17 disematkan 8MP In-display Selfie Kamera dengan aperture F2.0 dan lensa 5P. Kamera selfie ini mendukung mode HDR, AI Beauty, efek bokeh dan filter menarik. Tampilan kamera selfienya juga cukup simpel seperti tampilan kamera belakang.

Saat kami mencoba selfie dalam berbagai kondisi baik siang maupun malam, foto nampak tajam dan kaya warna. Jika kamu merasa kurang puas dengan selfie di malam hari kamu bisa menggunakan LED Flash dikombinasikan mode HDR untuk hasil lebih baik.

Melalui algoritma kecantikan terbaru yang dikembangkan untuk setiap orang dengan bentuk serta fitur wajah yang berbeda menampilkan kulit wajah yang alami. Ketika kami mencoba selfie menggunakan mode AI Beauty ini, hasilnya memang terlihat natural dan tidak berlebihan.

Geser ke video, realme C17 disokong mode Video, 1x zoom, 2x zoom, 5x zoom dan Time Lapse. Resolusi video yang ditawarkan 720p dan 1080p. Setelah kami merekam video, hasilnya jernih dan cukup stabil meski tidak didukung fitur stabilizer.

Software dan Fitur

realme C17 berjalan dengan sistem operasi Android 10 berbalut realme UI. Kombinasi tersebut membuat tampilan ponsel berslogan Memori Cadas, Layar Super ini cukup simpel dan mudah digunakan.

Tidak banyak disertakan aplikasi bawaan. Aplikasi bawaan Google tak luput dari ponsel ini seperti Google, Chrome, Gmail, GMaps, Play Store, YouTube, YT Music dan lainnya. Selain itu, aplikasi wajib realme juga hadir di ponsel ini seperti realme Link, realme Community dan lainnya.

Ponsel ini mengusung sederet fitur menarik lainnya seperti Super Power Saving Mode, Game Space, Face Unlock, Fingerprint, Digital Wellbeing, Parental Control, Real Sound Technology dan lainnya. Fitur yang tidak pernah absen dari semua seri realme adalah Game Space.

Game Space ini mampu meningkatkan performa smartphone ketika gaming dan tes Benchmark. Disamping itu, Game Space dapat menstabilkan jaringan, terutama ketika bermain game online serta dapat menghemat daya baterai.

Di Game Space baru ini, kamu bisa memilih mode Competition Mode, Balanced Mode dan Low Power Mode untuk menghemat daya baterai. Kamu juga bisa mengatur notifikasi dan panggilan yang masuk ketika bermain game. Mulai dari blokir notifikasi panggilan telepon, menjawab panggilan setelah game selesai, langsung reject panggilan hingga blokir notifikasi dan panggilan telepon.

Kamu juga bisa menambahkan game atau aplikasi apapun di Game Space. Bagi pengguna atau fans realme pastinya sudah tahu cara menggunakan Game Space.

Bagi yang belum tahu cara menambahkan game ataupun aplikasi lain di Game Space, caranya cukup mudah. Cukup klik ikon plus pada menu game space, lalu pilih aplikasi yang ingin kamu tambahkan di Game Space.

Soal keamanan, realme C17 dilengkapi sensor sidik jari dan face unlock. Ketika kami mencobanya sensor sidik face unlock sangat akurat dalam mendeteksi wajah kami saat membuka kunci ponsel dalam waktu yang sangat cepat, hanya di bawah satu detik. Begitupun dengan sensor sidik jari yang mampu membuka kunci ponsel dalam waktu di bawah satu detik.

Fitur Digital Wellbeing sendiri berfungsi untuk meminimalisir waktu aktif pengguna dalam menggunakan smartphone dan Focus Mode membuat itu menjadi lebih mudah. Kamu hanya tinggal memilih aplikasi yang dirasa mengganggu atau cenderung mengalihkan perhatian.

Sementara Focus Mode akan membungkam aplikasi tersebut. Kamu bisa mengaktifkan fitur ini di menu Settings > Digital Wellbeing & Parental Controls.

Berikutnya fitur Parental Controls sangat membantu orang tua mengawasi penggunaan ponsel sang buah hati. Untuk mengaktifkannya, kamu bisa kunjungi menu Settings > Digital Wellbeing & Parental Controls.

Urusan konektivitas, realme C17 ditopang jaringan 4G/3G/2G, WiFi 802.11 a/b/g/n/ac, Bluetooth 5.0, 3 slot kartu (2 SIM Card dan 1 MicroSD Card hingga 256GB), port USB Type-C dan USB OTG. Disematkan pula sensor Magnetic Induction Sensor, Light Sensor, Proximity Sensor, Gyro-meter dan Acceleration Sensor. Ketika kami mencoba mentransfer data menggunakan koneksi Bluetooth, hasilnya cukup cepat.

Kesimpulan

Techviewer cuma punya budget 2 juta untuk ganti smartphone? realme C17 ini bisa menjadi salah satu pilihan karena memorinya benar cadas, 6GB+256GB plus bisa diperluas hingga 256GB lagi dengan sebuah kartu MicroSD serta layarnya yang sudah 90Hz ditunjang dengan chipset Snapdragon 460, baterai besar 5000mAh dengan 18W Quick Charge dan klaim anti-air oleh realme. Melalui sejumlah keunggulan terutama kapasitas storage besar, realme C17 juga cocok dinobatkan menjadi Best Choice Smartphone di harga 2 Jutaan dengan konfigurasi memori 6GB+256GB di Indonesia. Bagaimana Techviewer ? Tertarik ?

Tags

Related Articles

Close
Close