TipsUncategorized

6 Cara Blokir Nomor Asing di Android, Mudah dan Praktis

Techdaily.id – Seiring perkembangan zaman, kehadiran teknologi mempermudah kehidupan manusia. Handphone menjadi perangkat yang lepas dari genggaman, hanya saja, beberapa orang menyalahgunakan teknologi untuk meraup keuntungan sendiri. Pernahkah kamu merasa risih karena mendapat telepon yang mengatasnamakan asuransi atau bank? Mungkin sebaiknya, kamu memblokir panggilan tersebut untuk menghindari panggilan berungkali. Jangan khawatir, redaksi Techdaily telah merangkum 5 cara blokir nomor asing di Android yang mudah dan praktis. Simak ulasannya!

BACA JUGA
Trafik Data XL Meroket Saat Lebaran Tahun Ini

Cara Blokir Nomor di Android Tanpa Aplikasi

  1. Melalui Menu Kontak

Mengawali cara pertama yang dapat kamu lakukan untuk memblokir nomor asing, dimulai dari menu kontak. Simpanlah terlebih dulu nomor HP yang mengganggu, lalu buka kontak nomor tersebut. Selanjutnya, pilih opsi “Details” sehingga muncul opsi “Block Number”. Sebagai langkah akhir, kamu cukup memilih opsi “Block Number” tersebut untuk menghentikan panggilan yang mengganggu dari penipu atau orang iseng. Pada beberapa perangkat Android, kamu bisa memilih opsi “Add to Blacklist”.

  1. Melalui Riwayat Panggilan

Cara blokir nomor asing kedua ialah melalui riwayat panggilan, sehingga kamu tidak perlu menyimpan nomor pengganggu. Pertama, kamu cukup membuka menu “Call” atau panggilan, lalu klik nomor yang ingin diblokir dan pilih opsi “Block Number”. Setelah itu, nomor akan otomatis terblokir secara otomatis dan orang iseng tersebut tidak akan bisa mengirimkan pesan SMS maupun panggilan telepon.

Cara Blokir Nomor di Android dengan Aplikasi

  1. Aplikasi Mr. Number

Bila sebelumnya kamu memblokir nomor secara manual, kini kamu bisa memanfaatkan aplikasi Mr. Number yang dapat diunduh di HP Android. Mr. Number memiliki interface serta petunjuk yang akan memudahkan penggunanya untuk memblokir panggilan telepon atau pesan SMS. Pertama, download aplikasi Mr. Number di Google Play Store, lalu masuk ke dalam aplikasi, dan klik “Get Started”. Selanjutnya, Mr. Number akan secara otomatis menampilkan panggilan masuk dan keluar di HP kamu. Pilih nomor yang ingin diblokir, klik simbol titik tiga yang ada di bagian pojok kanan atas, lalu klik “Block”.

  1. Aplikasi Call Blocker

Cara blokir nomor asing di HP Android juga dapat memanfaatkan aplikasi Call Blocker. Aplikasi yang diusung NQ Mobile Security ini dapat diunduh melalui Google Play Store secara gratis. Setelah masuk ke dalam aplikasi, pilih simbol yang berada di bagian paling kanan. Akan muncul tiga opsi, yakni blacklist, whitelist, dan blocking mode. Untuk memblokir nomor, klick blacklist, dan klik simbol (+) yang muncul di bagian pojok kanan atas.

Selanjutnya, akan muncul beberapa pilihan. Bila kamu memilih “From call log” artinya kamu akan memblokir nomor di daftar panggilan masuk. Namun, jika memilih “From contact” artinya kamu akan memblokir nomor berdasarkan kontak yang dimiliki. Sedangkan, untuk “From message” dimaksudkan untuk mencari nomor melalui daftar SMS yang masuk.

BACA JUGA
Resmi, Ini Spesifikasi Samsung Galaxy A01

Kamu juga dapat memilih “From contact” dan cukup menandai beberapa nomor yang ingin diblock. Setelah selesai memilih kontak yang ingin diblokir, kamu cukup klik “Add” sebagai langkah akhir.

  1. Aplikasi Calls Blacklist

Aplikasi gratis lainnya yang dapat diunduh dari Google Play Store untuk memblokir nomor asing yakni Calls Blacklist. Untuk memblokir nomor, kamu cukup masuk ke dalam aplikasi dan klik symbol (+) untuk memilih kontak yang akan diblokir. Kamu bisa memilih nomor yang akan diblokir dari daftar kontak, panggilan masuk, maupun SMS. Pilih salah satunya, lalu klik nomor HP yang ingin diblokir bila memilih dari daftar kontak. Sebagai langkah akhir, klik simbol checklist yang berada di pojok kanan bawah.

  1. Aplikasi True Caller

Aplikasi satu ini telah meraup lebih dari 6 juta pengunduh di PlayStore, dan mungkin dapat menjadi pilihan kamu untuk memblokir nomor iseng. Sebelum menggunakan layanannya, kamu harus mengisi nomor telepon yang akan dikonfirmasi aplikasi. Kamu juga akan diminta melakukan sign up menggunakan akun Facebook atau Gmail. True Caller dapat memblokir nomor dari daftar kontak, panggilan masuk, maupun SMS masuk. Bila ingin memblokir pengirim SMS spam, kamu cukup memilih opsi SMS dan melakukan tap hingga muncul tanda checklist. Terakhir, klik simbol blokir yang ada di bagian atas, dan klik “Block”.

Bagaimana, mudah bukan? Sekarang kita telah mengetahui lebih lanjut 6 cara yang dapat digunakan untuk blokir nomor asing di Android menggunakan aplikasi maupun  secara manual. Selamat mencoba! (rin)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close