Tips

Kerja dari Rumah, Produktivitas Tak Boleh Merendah

Techdaily.idDi masa new normal, bekerja dari rumah atau secara remote dari luar kantor, adalah sebuah kenormalan baru. Tapi bagi yang tak terbiasa kerja dari rumah, ini bisa menjadi persoalan sendiri. Di saat yang sama, level produktivitas yang dituntut perusahaan jelas tak mungkin dikurangi.

cara mengaktifkan samsung dex di Galaxy tab s7 series

BACA JUGA
5 Tips Mudah Merawat Smartphone

Tak ada cara lain. Bekerja di mana saja harus bisa minimal mempertahankan level produktivitas kita, bahkan kalau bisa meningkatkannya. Supaya keberlangsungan bisnis tetap bisa terjaga.

Nah, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mempertahankan level produktivitas ketika menjadikan rumah sebagai home office, seperti dikatakan Wahyu Aditya, founder HelloMotion:

Ciptakan Ruang Kerja yang Simpel dan Nyaman
Bekerja dari rumah jelas perlu space khusus. Ada yang sengaja membeli meja kantoran, ada yang mengandalkan meja makan, atau ada yang bekerja di atas kasur saja. Di mana saja tak masalah, yang penting Anda nyaman. Sebab intinya sebetulnya bukan di mana, tapi bagaimana Anda menciptakan space kerja yang simple dan nyaman.

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menghadirkan space kerja yang simple dan nyaman adalah menggunakan perangkat kerja yang ringkas tapi serbaguna. Jadi tak perlu banyak-banyak perangkat. Contohnya, Anda bisa bekerja dengan tablet alih-alih laptop apalagi desktop.

“Sebab tablet masa kini sudah makin ke arah bisa menggantikan laptop,” kata Wahyu Aditya, seorang produser dan creator yang terkenal dengan buku cerita bergambar serial Cican. Tablet andalan pendiri sekolah animasi HelloMotion ini adalah Samsung Galaxy Tab S7.

BACA JUGA
3 Panduan Belanja Online

Meski berbasis Android, Tab S7 memiliki Samsung DeX yang bisa menghadirkan antarmuka seperti PC dengan taskbar-nya yang khas. Ditambah book cover keyboard, pengalaman memakai laptop makin terasa.

Satu tablet tidak akan bikin tempat kerja jadi sempit. Bekerja secara multi-tasking pun makin mudah berkat multi-active windows. Anda bisa menjalankan hingga tiga aplikasi sekaligus di satu layar. Misalnya, melakukan meeting dengan video call sambil memantau email dan membuat catatan meeting dengan S Pen yang memiliki latensi hanya 9ms dan menghadirkan pengalaman seperti memakai pena sungguhan.

Disiplin Waktu
Bekerja dari rumah setiap hari memang menggoda untuk terlalu fleksibel pada waktu. Padahal seharusnya menjaga disiplin waktu itu penting lho. Tetapkanlah waktu untuk bekerja antara 7-8 jam sebagaimana saat bekerja di kantor. Untuk itu Anda membutuhkan reminder.

Sebagai perangkat berbasis Android, Anda bisa mengutilisasi kecanggihan aplikasi macam Google Calendar. Aplikasi ini bisa membantu Anda mengelola waktu dengan baik dan mengingatkan jika ada agenda atau event online yang tak boleh Anda lewatkan, misalnya meeting online kantor atau dengan klien. Ketika undangan meeting terhubung ke email, otomatis ia juga akan terhubung ke Calendar, sehingga Anda akan selalu mendapat reminder.

Seimbangkan Waktu antara Kerja dan Hiburan
Setelah bekerja dengan taat waktu, bersantailah. Entah itu sendiri atau bersama keluarga. Intinya adalah soal keseimbangan antara kerja dan beristirahat atau bersantai dengan menikmati hiburan bagi diri sendiri atau keluarga. Jangan terlalu condong bekerja, apalagi terlalu condong bersantai, bisa-bisa berantakan semua target pekerjaan yang dicanangkan.

Nah, dengan satu perangkat seperti Tab S7, Anda bisa menikmati kedua-duanya sekaligus. Tak hanya OK dipakai kerja, tablet ini juga asyik dijadikan teman untuk menghibur diri. Anda bisa memutar video-video favorit di YouTube tanpa jeda iklan sebab Tab ini menyediakan paket gratis 4 bulan YouTube Premium. Atau nikmati serial-serial TV favorit di Netflix. Anda juga bisa menyerap energi sebanyak mungkin dengan berkontemplasi sambil menikmati musik-musik yang mendukung dari Spotify.

Dengan layar 11 inci beresolusi LTPS yang jernih dan quad-speakers AKG dilengkapi sound dari Dolby Atmos menghadirkan kualitas suara yang jernih dan pengalaman sinematik yang memuaskan. Ditambah lagi dengan sertifikasi, Tab S7 sudah memiliki emisi blue light yang rendah sehingga mata yang melihatnya tak mudah lelah. Menonton film atau serial secara marathon pun tetap nyaman.

Jaga Pola Hidup Sehat
Bekerja di rumah bukan berarti mengesampingkan upaya untuk menjaga kebugaran tubuh. Untuk memiliki tubuh yang sehat, selain makan makanan sehat, tidur cukup dan teratur, Anda juga perlu berolahraga sebelum atau sesudah bekerja, setidaknya 30 menit sehari atau lebih.

Gunakan Tab S7 untuk mencari berbagai tutorial olahraga ringan melalui YouTube. Layar 11 inci di Tab S7 membuatnya cukup luas untuk menampilkan panduan olahraga yang Anda inginkan. Kalau kurang puas, aktifkan wireless Samsung DeX, yang memungkinkan Anda menghubungkan tablet ini ke layar TV. Kini Anda memiliki layar tambahan yang lebih luas untuk tampilan yang bikin puas.

“Dalam situasi seperti sekarang, mau tak mau kita harus bisa beradaptasi. Bisnis harus beradaptasi. Pekerja pun harus beradaptasi. Tapi Tab S7 dapat membantu kita melalui masa-masa penuh tantangan ini untuk menggapai level produktivitas yang tetap tinggi untuk kebaikan bersama,” kata Wahyu.

Tags

Arie

Humoris, Humanis dan Fantastis

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close