News Science

Daftar Negara Sudah Dapat Vaksin Covid-19, Indonesia Termasuk!

Techdaily.id – Menjelang satu tahun, hampir seluruh negara di dunia terkena wabah virus corona atau Covid-19. Berbagai upaya sudah dilakukan untuk mencegah semakin maraknya penularan virus ini, namun hingga saat ini sepertinya belum membuahkan hasil yang maksimal di sebagian besar negara, meskipun beberapa negara sudah lebih stabil dibandingkan dengan sebelumnya. Vaksin menjadi harapan untuk mengatasi serangan virus corona yang melumpuhkan hampir seluruh dunia ini. Kabarnya beberapa negara sudah mendapat vaksin Covid-19. Apakah Indonesia termasuk di dalamnya?

BACA JUGA
NASA Jadikan Stasiun Luar Angkasa ISS Sebagai Wahana Komersial

Inilah deretan sejumlah negara yang sudah mendapatkan vaksin Covid-19:

Vaksin Covid 19

1.Rusia

Rusia menjadi negara pertama yang menyetujui penggunaan vaksin untuk atasi serangan virus corona yang semakin marak. Vaksin yang diberi nama Sputnik V diproduksi di Gamaleya National Center of Epidemiology and Microbiology Moskow, Rusia. Vaksin ini dinyatakan sudah lulus uji kualitas sebelum diedarkan ke masyarakat.

2. Cina

Negara berikutnya yang sudah menyetujui penggunaan vaksin untuk atasi Covid-19 adalah Cina. Pemerintah Cina mulai memperlihatkan vaksin corona ini ke masyarakat. Vaksin yang merupakan produksi Sinovac Biotech dan Sinopharm menjadi kandidat kuat yang akan digunakan oleh masyarakat di Cina. Dikabarkan vaksin tersebut sudah dibagikan kepada masyarakat yang memiliki resiko tinggi terpapar virus corona sejak November lalu, dan diperkirakan pada Desember telah tersedia data klinis mengenai keamanan dan efektivitas vaksin tersebut.

3. Uni Eropa

Kabar terbaru Uni Eropa sedang bernegoisasi untuk memesan 80 juta dosis vaksin buatan Moderna untuk menganggulangi Covid-19 meskipun vaksin tersebut belum secara resmi mengantongi izin. Selain itu jika vaksin tersebut berhasil kabarnya Uni Eropa akan memesan lagi sebanyak 80 juta dosis tambahan.

4. Amerika Serikat

Negara Adikuasa Amerika Serikat juga sudah mencapai kesepakatan untuk membeli 500 juta dosis vaksin Covid-19 buatan Moderna. Pada November lalu, vaksin Moderna telah menjalankan uji pra klinis fase ketiga dan melibatkan 30.000 relawan. Di uji klinis fase awal, vaksin Moderna berhasil menciptakan antibodi untuk anak remaja, dewasa, orang tua dan lansia (lanjut usia).

5. Indonesia

Uji klinis vaksin corona Sinovac sudah sampai di Indonesia, meski sempat pengujian secara klinis ini diberhentikan di Brasil lantaran masalah keamanan. Namun belakangan dipastikan, bahwa masalah tersebut tidak melibatkan vaksin Covid-19 ini sehingga saat ini di Indonesia sudah sampai pada tahap penyampaian data interim report uji klinis fase ketiga ke BPOM dan dinyatakan aman. Temuan Sinovac dirilis dalam makalah peer reviewed jurnal medis The Lancet Infectious Dieases yang didasarkan pada uji klinis fase satu dan kedua yang melibatkan lebih dari 700 relawan. (ira)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close