Mistery

NASA Kini Berupaya Gali Informasi Soal Marsquake di Planet Mars

Techdaily.id NASA telah mendeteksi terjadinya marsquake, yaitu  gempa bumi di planet Mars. Fenomena itu kini sedang diteliti, dan terus digali informasinya guna mendapatkan gambaran secara mendalam soal planet merah tersebut.

Berdasarkan laporan awal yang diterbitkan pada hari Senin kemarin, pada jurnal Nature Geoscience dan Nature Communications mengungkapkan kemungkinan besar diteksi awal terjadinya marsquake itu pada April 2019.Namun peneliti menjelaskan tidak menutup kemungkinan ada marsquake yang lain, hanya saja sangat kecil sehingga tidak terasa sampai permukaan Mars.

BACA JUGA
Ready Chef Go! Game Baru yang Hadir di Snapchat
BACA JUGA
Seluruh Seri iPhone 11 Bisa Gunakan Smart Battery Case

Menurut Philippe Lognonné, peneliti program penelitian marsquake  dalam konferensi persnya, menyebut Mars  setidaknya telah terjadi 24 gempa terbesar tapi hanya mencapai  3 atau 4 magnitudo saja.“Mungkin cukup kuat untuk dirasakan sebagai gemuruh di tanah. Tetapi tidak cukup kuat untuk menyebabkan kerusakan serius. Tidak seperti di Bumi, di mana gempa bumi dapat terjadi lebih dekat ke permukaan, dan gempa bumi di mars yang terdeteksi rasanya cenderung berasal jauh lebih dalam di planet ini (30 hingga 50 kilometer). Semakin dalam gempa, semakin sedikit goncangan yang dirasakan di permukaan,” terangnya.

Para peneliti berharap dapat menemukan gempa yang lebih besar, agar dapat member pandangan yang lebih rinci soal bagian dalam perut planet Mars ini apabila terjadi kerusakan. Kemudian yang juga sedang digali Nasa terkait penyebab umum dari gempa bumi di mars ini, secara umum sejauh ini mengarah pada pendinginan jangka panjang planet itu,. “Bagian dalam Mars seperti Bumi, telah mendingin sejak terbentuk. Ketika planet ini mendingin  ia berkontraksi dan kerak rapuh dari planet akan retak, menyebabkan permukaannya bergidik,” kata Bruce Banerdt, peneliti utama lainya.

Banerdt melanjutkan dirinya hanya memberikan pandangan umum soal terjadinya gempa Mars. Sejauh ini belum ditemukan penyebab spesifik dari marsquake secara utuh, “Rincian mekanisme khusus untuk gempa ini bagi kami masih merupakan misteri. Kami belum memiliki kesimpulan tentang mekanisme pada setiap marsquake yang terjadi itu,” lanjutnya. / IM

 

 

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close