Telco

Solusi SD-WAN Telkomsel, Bikin Pelanggan Korporasi Hemat Hingga 70%

Techdaily.id – Telkomsel menghadirkan solusi Software Define Wide Area Network atau SD-WAN yang bertujuan untuk membantu pelanggan korporasi dari berbagai industri untuk meningkatkan akselerasi digital transformasi mereka. Tidak sampai disitu, solusi SD-WAN Telkomsel ini juga nyatanya sangat berguna bagi para perusahaan khususnya di bidang retail dalam menghadapi situasi pandemi COVID-19 seperti saat ini.

BACA JUGA
Meluncur September, Ini Bocoran Spesifikasi Vivo Z1 X

Seperti diketahui, hingga kini pandemi COVID-19 belum menunjukan adanya tanda-tanda penurunan yang signifikan. Hal tersebut tentu berdampak ke berbagai jenis usaha seperti edukasi, consumer retail, finance service provider hingga automotive manufacture. Khusus untuk perusahaan retail, hadirnya pandemi ini juga sangat berdampak pada aktivitas penjualan offline di toko atau gerai mereka lantaran banyak masyarakat yang diminta untuk berdiam diri di dalam rumah dan meminimalisir adanya kontak dengan orang lain di luar rumah.

Terkait hal tersebutlah, solusi SD-WAN Telkomsel terbukti mampu mengatasi segala permasalahan ini dan membuat perusahaan-perusahaan retail yang lahir secara offline mejadi lebih gesit dan mampu bersaing dengan para startup yang terlahir secara online.

Alfian Manulang, GM IoT Smart connectivity Telkomsel mengatakan, solusi terbaru dari Telkomsel ini memiliki banyak keunggulan yang tentu bisa meningkatkan kelincahan berbagai perusahaan khususnya di bidang retail serta menekan biaya operasional yang mungkin ditimbulkan.

“Solusi ini akan menjawab tantangan bagaimana kita bisa melakukan deploymen secara instan, bagaimana kita bisa melakukan operasional dan menagement nya secara simpel dan powerfull. Dengan menggunakan solusi ini, perusahaan juga bisa melakukan konfigurasi secara tersentralisasi dan membutuhkan waktu yang relatif singkat karena mereka tidak perlu melakukan konfigurasi satu persatu yang butuh tenaga IT skil yang lebih banyak dan waktu yang lebih panjang,” ujarnya saat Virtual Conference (26/6).

Alfian menambahkan, untuk sektor retail sendiri Solusi SD-WAN Telkomsel telah bekerjasama dengan beberapa perusahaan seperti Alfamart, Alfamidi, Giordano, Hero, Familymart dan Lawson.

Bambang Setyawan Djojo, Director-International Business & Technology PT. Sumber Alfaria Trijaya (Alfamart) mengaku pihaknya bisa sangat lincah ketika pandemi COVID-19 menyerang Indonesia salah satunya karena bantuan dari SD-WAN milik Telkomsel.

solusi SD-WAN Telkomsel

“Pada saat terjadi covid 19, kami menjadi jaringan distribusi network untuk melayani customer dan merespon kebutuhan masyarakat Indonesia dengan cepat. Beruntung, kami menjalin kerjasama dengan Telkomsel pada solusi ini sejak tahun lalu, sehingga keadaaan pandemi ini bisa kita antisipasi dengan cepat.”

Bambang menambahkan, pihaknya juga bergerak dengan cepat untuk melayani kebutuhan pokok masyarakat dengan menjaga harga produk tetap stabil serta menghadirkan berbagai macam program pesan antar yang sejalan dengan protokol kesehatan COVID-19.

Lebih lanjut, Bambang berujar kalau solusi SD-WAN Telkomsel setidaknya memiliki beberapa keunggulan yang dapat meningkatkan jalannya bisnis Alfamart. “Setidaknya terdapat beberapa hal yang kami rasakan seperti, instalasi router SD-WAN yang mudah, just plug n play, konfigurasi set up bisa secara sentralisasi, software base. tidak harus mengunjungi toko jadi lebih efisien hingga remote trouble shooting.”

BACA JUGA
Giliran XL dan Indosat Berikan Akses Gratis Ruangguru

Menghemat Pengeluaran Operasional

Tidak dapat dipungkiri kalau sebuah transformasi digital akan memberikan sebuah Cost Efficiency bagi tiap perusahaan yang melakukannya. Khusus untuk solusi SD-WAN Telkomsel ini, penghematan biaya ini sejatinya dipengaruhi oleh tingkat coverage atau cabang dari perusahaan korporasi. Semakin banyak cabang atau toko ritel yang tersebar, maka penghematan ini akan semakin terasa.

Terkait hal ini, Senior Vice President Telkomsel Enterprise, Dharma Simorangkir mengatakan bahwa efisiensi yang bisa diperoleh perusahaan korporasi bisa mencapai 70% dari total cost. “Dengan teknologi SD-WAN ini, akan ada penghematan mulai 40%-70%. namun efisiensi ini tidak hanya dari sisi Cost saja, tapi dari segi waktu yang juga cukup efisien,” pungkas Dharma.

Solusi SD-WAN ini juga dilengkapi dengan fitur Zero Touch Provisioning (ZTP) yang memungkinkan perangkat keras di dalam lingkup WAN Alfamart dapat terkonfigurasi secara otomatis ke dalam ekosistem baru berbasis cloud. Hal ini akan meminimalkan kendala teknis oleh para pekerja.

Tags

Arie

Humoris, Humanis dan Fantastis

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close