PlanetUncategorized

5 Fenomena Langit Oktober 2020, Ada 2 Purnama

Techdaily.id – Setiap bulan pasti ada saja fenomena langit yang terjadi. Pada bulan Oktober 2020 dipenuhi dengan fenomena menarik. Di bulan Oktober Mars berada pada posisi terbaik untuk diamati. Selain itu planet lain seperti Merkurius, Venus,Jupiter dan Saturnus juga masih bisa diamati ditambah lagi bulan Oktober adalah waktunya untuk berburu hujan meteor. Dalam artikel ini kita akan membahas 5 fenomena langit Oktober 2020 seperti berikut ini:

BACA JUGA
Seluruh Seri iPhone 11 Bisa Gunakan Smart Battery Case

1. Bulan Purnama

Bulan mencapai fase penuh pada 2 Oktober. Dalam fase tersebut bulan berada pada  hampir di seberang matahari dan karena itu bulan berada di lokasi tinggi diatas cakrawala sepanjang malam. Setiap tahunnya urutan munculnya bulan purnama dinamai sesuai dengan musim dimana bulan itu muncul. Seperti halnya pada bulan purnama di Oktober ini akan menjadi yang pertama jatuh di musim gugur 2020 sehingga dinamai Harvest Moon.

Setelah bulan purnama tanggal 2 Oktober 2020, selanjutnya bulan akan muncul satu jam lebih lambat setiap hari, bahkan dalam beberapa hari bulan hanya akan muncul menjelang fajar dan dini hari. Setelah mencapai kuartal terakhir atau seminggu setelah bulan purnama, bulan akan terbit sekitar tengah malam dan tenggelam sekitar tengah hari.

Ketika bulan mencapai fase penuh, satelit tersebut akan berada di Konstelasi Cetus yang jaraknya dengan bumi mencapai 405.000 kilometer dan bulan purnama terjadi pada pukul 04.05 WIB.

2.Konjungsi Bulan dengan Mars

Di tanggal 3 Oktober bulan mendekati Mars dimana keduanya akan terpisah satu derajat diantara satu sama lain dengan bulan berada di arah selatan Mars. Keduanya akan terlihat pada pukul 19.12 WIB pada ketinggian 7 derajat di ufuk timur dan akan mencapai titik tertinggi langit pada pukul 00.41 pada ketinggian 77 derajat diatas ufuk utara. Lalu akan menghilang pada pukul 05.23 di ketinggian 17 derajat di ufuk barat.

Pada pertengahan Oktober, Mars berada pada titik oposisi terhadap matahari sehingga akan terlihat semakin terang dengan warna kemerahan. Bulan dan Mars akan muncul secara bersamaan pada konstelasi Pisces.

3. Konjungsi Bulan dengan Venus

Fenomena Langit Oktober 2020

Di tanggal 14 Oktober, Bulan akan melakukan konjungsi dengan Venus dan akan terlihat di langit pada pukul 03.20 WIB atau sekitar 2 jam 12 menit sebelum matahari terbit pada ketinggian 27 derajat di ufuk timur sebelum menghilang pada pukul 05.18 WIB. Saat ini Bulan dan Venus berada di konstelasi Leo dan terpisah sejauh 4 km satu sama lain.

4. Oposisi Mars

Pada tanggal 14 Oktober, Mars akan berada di titik oposisi dan di saat itu Matahari, Bumi, dan Mars akan berada dalam satu garis lurus di tata surya yang artinya dari Bumi Mars akan terlihat berlawanan posisi dengan matahari sehingga Mars akan muncul setelah matahari terbenam.

Pada saat yang sama ketika Mars melakukan oposisi, planet tersebut juga akan melakukan pendekatan terdekatnya dengan bumi yang disebut dengan istilah Perigee yang membuatnya akan tampak sangat terang dan besar.

Di waktu perigee Mars adalah waktu yang tepat untuk melakukan pengamatan karena berdekatan dengan bumi di tata surya. Namun meski jaraknya terdengar dekat, pengamatan harus tetap dilakukan menggunakan teleskop.

5. Bulan Biru

Fenomena Langit Oktober 2020

Fenomena terakhir adalah bulan biru atau blue moon yang akan terjadi pada tanggal 31 Oktober 2020. Fenomena ini merupakan bulan purnama kedua yang terjadi pada satu bulan kalender. Bulan biru terakhir terjadi pada bulan 31 Maret 2018 dan bulan biru musiman diperkirakan akan terjadi lagi di tanggal 22 Agustus 2021.

Di saat bulan purnama pertama mencapai fase penuh, maka akan berada di konstelasi Aries dan akan muncul paling tinggi di belahan bumi utara dan berjarak 406.000 kilometer dari bumi. Penggunaan istilah bulan biru untuk menggambarkan purnama yang terjadi dua kali dalam satu bulan kalender ini terjadi akibat kesalahan cetak di majalah Sky & Telescope pada Maret 1946.

Demikianlah info mengenai fenomena langit Oktober 2020. Pastikan kamu menyaksikannya. (ira)

 

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close