Tips

Cara Membuat Video Sinematik Menggunakan Smartphone, Gak Susah!

Techdaily.idSemakin berkembangnya kemampuan kamera pada sebuah smartphone membuat banyak orang yang menjajal beberapa hal baru seperti membuat video sinematik. Apalagi, cara membuat video sinematik menggunakan smartphone tidaklah sesulit yang dibayangkan. 

BACA JUGA
6 Inisiatif Utama dari Kerjasama Telkomsel Dengan PBNU, Untuk Perkuat Persatuan Bangsa!

Pada pembahasan kali ini, tim Techdaily akan membagikan tips singkat mengenai cara membuat video sinematik menggunakan smartphone yang bisa kamu coba langsung di era new normal ini. 

Apa sih video sinematik? 

Banyak dari kita terjebak dengan pengertian dan teori tentang video sinematik itu sendiri. Padahal, hingga kini tidak ada standar yang baku terkait hal tersebut. 

Namun dapat disimpulkan bahwa video sinematik adalah pengolahan video menjadi tampilan seperti dalam format film. Namun banyak faktor juga yang mempengaruhi sehingga video itu nampak sinematik.

Mungkin ada beberapa yang beranggapan bahwa sinematik itu menggunakan backsound yang keren disertai transisi video yang epic atau dengan color grading yang super dan hal lainya yang memang merupakan komposisi dari sebuah video. 

Ada benarnya, namun tidak hanya terpaku pada hal itu saja. Bahkan, beberapa sumber menyebutkan bahwa sinematik sendiri tidak hanya terkait teknik namun ada cerita dalam video/gambar yang diambil.

Jadi disamping pengambilan gambar dan pewarnaan serta editing yang pas, cinematic sendiri sebenarnya lebih kepada faktor non teknis seperti moment dan cerita dibalik pengambilan video tersebut.

Cara membuat video sinematik menggunakan smartphone

Setelah mengetahui apa itu konsep sinematik, sekarang saatnya untuk mulai mengaplikasikan konsep tersebut menggunakan smartphone kamu. 

Pilih Smartphone yang Pas

cara membuat video sinematik menggunakan smartphone

Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah dengan memilih smartphone yang tepat dan memiliki banyak fitur kamera di dalamnya. Pada OPPO Reno4 F misalnya, ponsel ini memiliki dukungan kamera dengan resolusi hingga 48MP. Selain itu, untuk pengambilan videonya, Reno4 F mampu menyajikan kualitas video hingga 4K yang tentu saja menyajikan detail yang pas bagi pengguna.

Teknis Perekaman

cara membuat video sinematik menggunakan smartphone

Untuk menghasilkan sebuah video yang sinematik, kamu harus memulainya dengan mengambil video dengan teknik yang pas. Tidak perlu menggunakan teknik tinggi, namun sebaiknya kamu merekam video pada mode landscape dan bukan portrait. 

Kamu juga bisa menentukan titik fokus untuk memilih objek mana yang akan difokuskan sementara yang lain blur. Tidak seperti saat menggunakan kamera profesional, saat menggunakan smartphone kamu hanya tinggal menekan layar pada saat merekam untuk menentukan bagian mana yang akan difokuskan. 

BACA JUGA
Cara Mengikuti Reno4 Virtual Run, Gampang Banget!

Gunakan Aksesoris Tambahan

Untuk menghasilkan kualitas video yang baik, disarankan untuk menggunakan aksesoris tambahan seperti gimbal ataupun tripod untuk smartphone. Selain untuk mencegah goyang, pengambilan menggunakan gimbal juga akan menambah kesan sinematik pada video kamu. 

Pada OPPO Reno4 F, terdapat sebuah fitur Electronic Image Stabilization (EIS) yang dapat menjaga video hasil tangkapan mu tidak goyang atau shacking. 

Gunakan Software Editing yang Pas

Saat ini terdapat banyak software editing video yang bisa kamu unduh di toko aplikasi. Disarankan untuk memilih software editing video untuk smartphone yang sesuai dan mudah dioperasikan. 

cara membuat video sinematik menggunakan smartphone
interface Soloop di Reno4 F

Pada OPPO Reno4 F, sudah tersedia software editing yang bisa membuatmu menciptakan video sinematik yakni Soloop. 

Software ini juga cukup mudah dioperasikan sehingga kamu tidak perlu repot dan susah payah untuk mengedit video yang diambil tadi.

Nah, itu dia sedikit tips tentang cara membuat video sinematik menggunakan smartphone yang bisa kamu coba langsung di saat WFH seperti saat ini. 

 

Tags

Arie

Humoris, Humanis dan Fantastis

Related Articles

Close
Close